PENGOPERASIAN
ALAT TANGKAP PURSE SEINE
DENGAN
KM.HIDAYAT-2000 DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) LAMPULO BANDA ACEH
Laporan Praktek Kerja Lapangan
MUQTAMAR EFFENDI
13160033
PROGRAM STUDI PEMANFAATAN SUMBERDAYA PERIKANAN
FAKULTAS PERIKANAN
UNIVERSITAS ABULYATAMA
ACEH BESAR
2017
LEMBAR PENGESAHAN
Judul Praktek : Pengoperasional Alat Tangkap Purse Seine
Dengan Kapal KM.HIDAYAT-2000
Nama :
Muqtamar Effendi
Nim :
13160033
Program Studi : Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Menyetujui
Pembimbing
Lapangan, Pembimbing PKL,
Furkan,
S.Pi, M.Si Muklis,
S.Pi, M.Si
NIP:
19690729 200701 1006 NIP:
19790917 200112 1005
Mengetahui:
Aliman
Selian, S.Pi, M.Si
NIP:19750210
200312 1 005
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, puji dan syukur
kepada ALLAH SWT atas berkat dan rahmat hidayah-Nya sehingga diberikan
kemudahan dalam menyelesaikan tugas laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang
telah saya jalani. Dalam penyusunan laporan praktek kerja lapangan ini
merupakan salah satu syarat akademik Fakultas Perikanan Universitas Abulyatama
Aceh untuk lulus mata kuliah Praktek Kerja Lapangan (PKL) untuk menempuh gelar
Sarjana (S1).
Dengan
terselesaikannya laporan praktek kerja lapangan (PKL) tidak lepas peran serta
berbagai pihak yang telah memberikan banyak bantuan sehingga penulis dapat
menyelesaikan penulisan dengan sebaik-baiknya dengan segala kerendahan hati
penulis menyadari bahwa laporan praktek kerja lapangan ini masih banyak
kekurangan, tetapi penulis berusaha memperbaiki dan menyajikan sebuah laporan
praktek kerja lapangan yang baik sehingga dapat berguna bagi penulis maupun
pembeca.
Penulis
menyadari bahwa terselesaikan sebuah laporan praktek kerja lapangan ini berkat
berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Untuk itu izinkan
penulis mengucapkan terimakasih kepada:
1.
Allah
SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, serta Nabi Muhammad SAW.
2.
Kedua
orang tua yang telah mendukung dan member motivasi dalam pelaksaan praktek kerja
lapangan.
3.
Bapak
Azwar Thayib, M.Si, selaku Dekan Fakultas Perikanan Universitas Abulyatama
Aceh.
4.
Bapak
Aliman Seliya, M.Si, selaku ketua program studi Pemanfaatan Sumberdaya
Perikanan yang telah membantu memberikan
kemudahan kepada penulis untuk menyelesaikan Praktek Kerja Lapangan 2017,
5.
Bapak
Furqan, M.Si, selaku pembimbing lapangan yang telah memberikan bimbingan dengan
baik dalam hal kegiatan praktek kerja lapangan sehingga penulis dapat
menyelesaikan kegiatan praktek kerja lapangan dengan baik.
6.
Bapak
Mukhlis, M.Si, selaku dosen pembimbing laporan sehingga laporan praktek kerja
lapangan dapat terselesaikan.
7.
Kepada
seluruh staff / pegawai dinas UPTD Lampulo yang telah menerima dan menempatkan penulis untuk
melaksanakan praktikum kerja lapangan di PPS Lampulo Banda Aceh.
Semoga
dengan tersusunnya laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini jauh dari kata sempurna.
Untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun supaya menjadi
lebih baik di masa mendatang.
Akhirnya
penulis mengucapkan terimakasih atas segala dukungan, arahan, bimbingan dan
bantuan dari pihak-pihak terkait sehingga laporan ini dapat tersusun dengan
baik.
Aceh Besar, 9 April 2017
Penulis
Muqtamar
Effendi
13160033
DAFTAR ISI
Halaman
DAFTAR TABEL ............................................................................................. i
DAFTAR GAMBAR ......................................................................................... ii
DAFTAR LAMPIRAN ..................................................................................... iv
BAB I PENDAHULUAN .................................................................................. 1
1.1
Latar Belakang............................................................................................. 1
1.2
Tujuan PKL................................................................................................. 2
1.3
Manfaat PKL............................................................................................... 3
BAB II PROFIL UMUM LOKASI................................................................... 4
2.1
Dasar Hukum PPS Lampulo........................................................................ 4
2.2
Letak Geografis........................................................................................... 4
2.3
Potensi Wilayah........................................................................................... 5
2.3.1 Aspek
Sosial Budaya....................................................................... 5
2.3.2 Aspek
Teknis.................................................................................... 6
2.3.3 Aspek
Ekonomi................................................................................ 6
BAB III KAPAL DAN ALAT TANGKAP
PURSE SEINE............................. 7
3.1
Kapal Perikanan........................................................................................... 7
3.2
Alat Bantu Navigasi.................................................................................... 9
3.3
Alat Bantu Penangkapan............................................................................. 12
3.4
Alat Tangkap Purse Seine............................................................................ 16
3.5
Sejarah Pengembangan Alat Tangkap Purse
Seine...................................... 17
3.6
Sejarah Purse Seine Di Indonesia................................................................ 18
3.7
Konstruksi Alat Tangkap Purse Seine......................................................... 18
3.7.1
Bagian Jaring.................................................................................. 19
3.7.2
Tali-Temali...................................................................................... 22
3.7.3
Perlengkapan Bahan Alat
tangkap Purse Seine.............................. 25
BAB IV PELAKSANAAN.................................................................................. 29
4.1
Waktu dan Tempat...................................................................................... 29
4.2
Perkenalan Lingkungan Lokasi (Orientasi).................................................. 29
4.3
Pengenalan Kapal KM.HIDAYAT-2000.................................................... 29
4.4
Persiapan...................................................................................................... 30
4.4.1
Persiapan Kapal.............................................................................. 30
4.4.2
Persiapan Administrasi................................................................... 30
4.4.3
Persiapan Ransum Makanan........................................................... 30
4.4.4
Persiapan Air Tawar........................................................................ 32
4.4.5
Persiapan Es Balok......................................................................... 32
4.4.6
Persiapan BBM dan Pelumas.......................................................... 32
4.4.7
Persiapan Alat Tangkap.................................................................. 32
4.5
Daerah Penangkapan Ikan (Fishing Ground)............................................... 33
4.6
Pengoperasian Alat Tangkap........................................................................ 34
4.6.1
Setting............................................................................................. 34
4.6.2
Houling........................................................................................... 35
4.6.3
Penanganan Hasil Tangkapan Ikan................................................. 36
4.7
Pembongkaran Ikan...................................................................................... 37
4.8
Pemasaran Ikan............................................................................................ 37
4.9
Hasil Tangkapan .......................................................................................... 38
BAB V MASALAH DAN PEMECAHAN....................................................... 41
5.1
Masalah........................................................................................................ 41
5.2
Pemecahan................................................................................................... 42
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN........................................................... 43
6.1
Kesimpulan .................................................................................................. 43
6.2
Saran ............................................................................................................ 44
DAFTAR PUSTAKA ........................................................................................ 45
LAMPIRAN........................................................................................................ 47
DAFTAR
TABEL
Halaman
1.
Rincian Kebutuhan Bahan Jaring (webbing)............................................... 22
2.
Rincian Kebutuhan Tali-temali.................................................................... 25
3.
Rincian Kebutuhan Pelengkap..................................................................... 27
4.
Rincian Persiapan Ransum Makanan........................................................... 30
5.
Rincian Persiapan Bahan Bakar Minyak dan Pelumas................................. 31
DAFTAR GAMBAR
Halaman
1.
Letak
geografis PPS Lampulo...................................................................... 5
2.
Kapal
KM.HIDAYAT-2000........................................................................ 8
3.
Global
Position System (GPS)..................................................................... 9
4.
Echosounder................................................................................................ 10
5.
Kompas....................................................................................................... 11
6.
Radio
Komunikasi....................................................................................... 11
7.
Tiang
Lewang............................................................................................. 12
8.
Kapstan....................................................................................................... 13
9.
Roller........................................................................................................... 13
10.
Sekoci.......................................................................................................... 14
11.
Lampu.......................................................................................................... 14
12.
Serok........................................................................................................... 15
13.
Mesin
Generator........................................................................................... 15
14.
Mesin
Generator Pada Sekoci...................................................................... 16
15.
Konstruksi Purse Seine................................................................................. 19
16.
Jaring Sayap................................................................................................. 20
17.
Jaring Badan (jarring bagian tengah)........................................................... 20
18.
Jaring Kantong............................................................................................. 21
19.
Jaring
Selvadge (serampat)........................................................................... 22
20.
Tali Pelampung............................................................................................. 22
21.
Tali
Ris Atas................................................................................................. 23
22.
Tali Ris Bawah............................................................................................. 23
23.
Tali
Pemberat............................................................................................... 24
24.
Tali
Cincin.................................................................................................... 24
25.
Tali
Kolor..................................................................................................... 25
26.
Pemberat
(sinker)......................................................................................... 26
27.
Pelampung
(buoy)......................................................................................... 27
28.
Cincin
(ring).................................................................................................. 27
29.
Tuna
Sirip Kuning......................................................................................... 39
30.
Tongkol........................................................................................................ 39
31.
Ikan
Kuning.................................................................................................. 39
32.
Cumi-cumi.................................................................................................... 40
33.
Lemuru......................................................................................................... 40
34.
Cakalang...................................................................................................... 40
DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
1.
Jadwal Kegiatan Selama PKL.....................................................................
47
2.
Peta daerah Penangkapan Ikan....................................................................
49
3.
Koordinat Daerah Penangkapan
(Fishing Ground).......................................
50
4.
Persiapan
dokumen sebelum kapal berlayar.................................................
51
5.
Bagan
Organisasi Dan Tata Kerja UPTD Pelabuhan Perikanan Lampulo Dilingkungan Dinas Kelautan Dan
Perikanan....................................................................................................
53
6.
Dokumentasi Penulis Selama Kegiatan PKL
dilaut................................... 54
Perbaikan Jaring Koyak..............................................................................
54
Splecing Tali Rumpon..................................................................................
54
Salah Satu Hasil
Tangkapan Ikan.................................................................
55
Berangkat
Menujua Fishing Ground.............................................................
55
Perpisahan
dengan pegawai dinas UPTD Pelabuhan Perikanan SamuderPPS) Lampulo Kota Banda
Aceh.............................................................................................
56
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 1.1 Latar
Belakang
Usaha penangkapan ikan di
Indonesia sangat berkembang pesat, tidak
lagi terbatas sebagai usaha peningkatan pendapatan rumah tangga, tetapi
merupakan usaha industri penangkapan ikan yang berorientasi pada peningkatan pendapatan
devisa negara. Sektor perikanan termasuk salah satu sektor penentu masa
depan bangsa Indonesia, hal ini cukup beralasan mengingat Indonesia mempunyai
perairan luas dengan potensi sumberdaya perikanan yang sangat besar dan telah
banyak memberikan kontribusi yang begitu besar terhadap peningkatan devisa
negara dari tahun ketahun.
Indonesia mempunyai perairan
laut seluas 5,8 juta km² yang terdiri dari perairan kepulauan dan teritorial
seluas 3,1 juta km² serta perairan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI)
seluas 2,7juta km² dengan potensi lestari sumber daya ikan sebesar 6,4 juta
ton/tahun. Sumber daya ikan ini pada kenyataannya tidak tersebar merata di
seluruh perairan Indonesia. Hal tersebut antara lain dikarenakan perbedaan
kondisi lingkungan perairan dan perbedaan tingkat pemanfaatan sumber daya ikan
di beberapa wilayah.
Provinsi Aceh memiliki
potensi perikanan dan kelautan yang sangat besar. Dengan dikelilingi Samudera
Indonesia di wilayah Barat-Selatan Aceh, dan Selat Malaka serta perairan Andaman
di wilayah Utara-Timur Aceh, dengan panjang garis pantai 2.666,27 Km. Sedangkan
luar perairannya mencapai 295.370 Km persegi, yang terdiri dari perairan
teritorial dan kepulauan 56.563 Km persegi, serta perairan zona ekonomi
eksklusif (ZEE) 238.807 Km persegi. Potensi lestari diperkirakan 272,7
ton/tahun, jumlah kapal penangkapan ikan 16.701 unit dan jumlah nelayan 64.466
orang. Potensi tersebut sepenuhnya dapat dimanfaatkan dengan optimal, hal ini
dapat dilihat pada Sumber daya laut yang sangat potensial mendorong untuk melakukan
suatu pemanfaatan dan pengolahan yang efektif. Munculnya alat penangkapan ikan
merupakan suatu bentuk pemanfaatan sumber daya laut yang digunakan.
Purse seine merupakan alat penangkapan yang
penting baik untuk perikanan pantai maupun perikanan lepas pantai dengan tujuan
penangkapan adalah ikan-ikan yang tingkah lakunya antara lain membentuk shoal
(gerombolan), dan berada dekat dengan permukaan air (sea surface), (Ayodhyoa, 1976 dalam Sudirman dan Mallawa 2004).
Purse seine (pukat cincin)
digunakan pada untuk menangkap ikan yang bergerombol (schooling)di permukaan
laut. Ikan yang tertangkap dengan alat penangkapan purse seine adalah
jenis-jenis ikan pelagis pelagis besar yang hidupnya bergerombol ikan dencis, cakalang
dan ikan-ikan lain yang jenis pelagis besar. Ikan tersebut tertangkap oleh
purse seine karena gerombolan ikan tersebut dikurung oleh jaring yang telah
membentuk kantong. Jenis ikan tersebut dapat ditangkap di perairan Indonesia.
Purse
seine banyak dimiliki oleh pengusaha penangkapan ikan dan menjadi tulang
punggung alat penangkap ikan. Ditinjau dari jumlah alat dan kapasitas hasil
tangkapan, purse seine sangat dominan posisinya. Hampir 90% ikan yang dipasok
di TPI PPS Lampulo Banda Aceh dihasilkan oleh alat tangkap ini, dengan demikian
kedudukan alat tangkap ini penting dalam sistem produksi perikanan laut. Karena
perikanan laut merupakan peranan penting dalam memajukan ekonomi daerah, maka
kegiatan rantai nilai (valuechain) yang berkaitan dengan perikanan laut semakin
berkembang. Komoditi ikan laut yang dilelang di Pelabuhan Perikanan Samudra
Lampulo Banda Aceh didistribusikan ke berbagai daerah di Provinsi Aceh.
1.2 1.2 Tujuan
PKL
Adapun tujuan melakukan PKL adalah sebagai berikut :
1.
Untuk membandingkan teori yang dapat di kuliah dengan praktek
langsung kelapangan tentang operasi alat tangkap purse seine ;
2.
Untuk menentukan daerah penangkapan yang ekonomis dan
mengguntungkan ;
3.
Untuk mengetahui alat bantu apa saja yang di pakai dalam
penangkapan ikan mengunakan Purse Seine.
4.
Untuk mengetahui cara pengoperasian alat tangkap purse seine;
5.
Sebagai salah satu syarat untuk lulus di mata kuliah praktek
kerja lapangan;
1.3 1.3 Manfaat PKL
Manfaat praktek kerja lapangan adalah untuk meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan serta memahami permasalahan yang timbul dalam
teknik pengoperasional alat tangkap purse seine sehingga diharapkan mampu dalam
hal melakukan pengoperasian alat tangkap dilapangan dan menguasai dalam bidang
teori. Serta mampu mengatasi
permasalahan yang timbul dan juga dapat menambah informasi lebih lanjut tentang
pengoperasional alat tangkap purse seine.
Manfaat lainnya adalah untuk mengembangkan dan
melestarikan perikanan tangkap. Dengan adanya praktek kerja lapangan, selain
untu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dilapangan juga bisa merubah
sikap dan perilaku yang tidak baik kearah yang lebih baik dan menjurus, dan
dapat memahami prinsip kerja operasional penangkapan ikan dengan alat tangkap
purse seine di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo Kabupaten Banda Aceh
Provinsi Aceh.
BAB II
PROFIL UMUM LOKASI
2.1 Dasar
Hukum PPS Lampulo
Pelabuhan Perikanan Lampulo pada
awalnya adalah Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Direktorat Jendral Perikanan
Tangkap. Departemen Kelautan dan Perikanan. Sejalan dengan semangat Otonomi
Daerah dan bergulirnya Roda Reformasi di Indonesia, maka Gubernur Provinsi Aceh
menyampaikan Suratnya Nomor: PEG-800/4588. Tanggal 01 Desember 2000,
mengusulkan pengalihan aset Pelabuhan Perikanan Lampulo ke Provinsi Aceh. Kemudian
Surat Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor: KEP.18/MEN/J/2001,
tanggal 12 Maret 2001, yang ditindak lanjuti oleh Sekretaris Jendral Departemen
Kelautan dan Perikanan Nomor: B-475/SJ/DKP/III/201,tanggal 14 Maret 2001, maka
beralihlah pengelolaan UPT Pelabuhan Perikanan Lampulo dari Direktorat Jendral
Perikanan Tangkap/DKP Jakarta ke Pemerintah Provinsi Aceh, dan resmi menjadi
UPTD Pelabuhan Perikanan Lampulo dibawah Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi
Aceh pada tanggal 12 April 2003 sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Provinsi
Aceh Nomor: 06 Tahun 2003 tentang pembentukan UPTD Pelabuhan Perikanan Lampulo
dan SK Gubernur No.27 Tahun 2009 tentang susunan organisasi.
2.2 Letak
Geografis PPS Lampulo
Posisi geografis Kota Banda Aceh yang berada di ujung Barat
Pulau Sumatera, dan berhadapan langsung dengan jalur pelayaran internasional
yaitu Samudera Hindia dan Selat Malaka, dapat menjadi faktor penting dalam
mendukung pengembangan Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo menjadi
pelabuhan perikanan bertaraf internasional dan sebagai Outer Ring Fishing Port
Development (ORFPoD). PPS ini dirintis pembangunannya sejak tahun 2003 dengan
studi kelayakan untuk relokasi. Pembangunannya dimulai sejak tahun 2006 dan
dilakukan setiap tahun secara bertahap hingga kini dengan cakupan pekerjaan
mulai dari pembebasan lahan, penyusunan DED (Detail Engineering Design), Amdal,
hingga konstruksi TPI, kolam dan dermaga.
PPS
Lampulo Banda Aceh terletak pada posisi geografis 05°57’63’’ LU dan 95°32’30’’ BT
dengan tinggi daratan rata-rata 0,80 meter dari permukaan air laut. Secara tata kelola operasional merupakan salah satu UPTD
(Unit Pelaksana Teknis Dinas) yang berada dibawah Dinas Kelautan dan Perikanan
Aceh (Peraturan Gubernur NAD Nomor 27 Tahun 2009).
Gambar
1. Letak geografis PPS Lampulo
Jarak Lokasi Pelabuhan Perikanan
Samudera (PPS) Lampulo terhadap beberapa Lokasi pusat :
·
Ibu kota Provinsi :
± 3,5 Km
·
Ibu kota Banda Aceh :
± 4 Km
·
Ibu kota Kecamatan :
± 2,4 Km
·
Bandar Udara SIM :
± 17,5 Km
·
Pelabuhan :
ü Pelabuhan penyebrangan Ulee Lheue : ± 6 Km
ü Pelabuhan Malahayati-Krueng Raya : ± 25 Km
·
Terminal bus Antar Provinsi : ± 6,5 Km
2.3 2.3 Potensi Wilayah
Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS)
Lampulo berada tidak jauh dari kota Banda Aceh. Jika ditinjau dari potensi
wilayah sudah sangat strategis dilihat dari beberapa aspek sebagai berikut :
2.3.1 Aspek Sosial
Budaya
Dari segi sosial budaya usaha
perikanan di Pelabuhan Perikanan Lampulo berjalan lancar, ini disebabkan dengan
adanya dukungan masyarakat yang menjadi tenaga kerja di perusahaan – perusahaan
perikanan maupun pada kapal – kapal perikanan yang beraktifitas di wilayah
Pelabuhan Perikanan Samudera Lampulo. karena diterima dengan baik oleh
masyarakat sekitar tempat pengoprasian alat tangkap purse seine. Hubungan
antara kapal dengan masyarakat nelayan sangat baik dikarenakan sebagian besar
nelayan biasa juga memamfaatkan. Rumpon sebagai tempat menangkap ikan seperti
memancing dan sebagainya.
2.3.2 Aspek Teknis
Pada Pelabuhan Perikanan Samudera
(PPS), dimana pada area PPS tersebut terdapat banyak perusahaan perikanan yang
mendukung kegiatan perikanan di wilayah sekitar kota Banda Aceh, serta terdapat
beberapa fasilitas yang sangat mendukung berdirinya perusahaan seperti
Syahbandar perikanan, mess nelayan, tokoh penyedia kebutuhan logistik, benkel,
kantor pos, sarana olahraga, dan sarana pendukung lainnya.
2.3.3 Aspek Ekonomi
Potensi Perikanan di Kota Banda Aceh
meliputi perikanan laut (perairan) dan perikanan darat (tambak dan kolam),
selain itu terdapat banyak Perusahaan baik yang bergerak dibidang perikanan
maupun usaha pendukung dibidang perikanan, serta banyaknya kapal – kapal
perikanan yang melakukan aktifitas di wilayah Kendari sehingga banyak menyerap
tenaga kerja.
BAB III
KAPAL DAN ALAT TANGKAP PURSE SEINE
3.1 Kapal Perikanan
Kapal perikanan didefinisikan sebagai kapal atau perahu atau
alat apung lainnya yang digunakan untuk melakukan kegiatan penangkapan ikan
termasuk melakukan survei atau eksplorasi perikanan. Kapal penangkap ikan
adalah kapal yang secara khusus dipergunakan untuk menangkap ikan termasuk
menampung, menyimpan, mendinginkan atau mengawetkan. Kapal pengangkut
ikan adalah kapal yang secara khusus dipergunakan untuk mengangkut ikan
termasuk memuat, menampung menyimpan, mendinginkan atau mengawetkan.
Berdasarkan defenisi-definisi tersebut di atas, maka dapat diketahui bahwa
kapal ikan sangat beragam dari kekhususan penggunaannya hingga ukurannya.
Kapal-kapal ikan tersebut terdiri dari kapal atau perahu berukuran kecil berupa
perahu sampan (perahu tanpa motor) yang digerakkan dengan tenaga dayung atau
layar, perahu motor tempel yang terbuat dari kayu hingga pada kapal ikan
berukuran besar yang terbuat dari kayu, fibre glass maupun besi baja
dengan tenaga penggerak mesin diesel. Jenis dan bentuk kapal ikan ini
berbeda sesuai dengan tujuan usaha, keadaan perairan, daerah penangkapan ikan
(fishing ground) dan lain-lain, sehingga menyebabkan ukuran kapal yang berbeda
pula (Purbayanto et al,
2004).
Salah satu kapal yang penulis ikut
berlayar dan melakukan operasional pada saat mengikuti praktek kerja lapangan
adalah kapal purse seine. Kapal Purse seine adalah kapal yang digunakan untuk
menangkap ikan dengan menggunakan alat tangkap jaring yang
dilngkarkan
(purse seine). Pada setiap jenis ikan penangkapan ikan pasti akan ada perbendaan, baik dari segi
bentuk maupun dari segi alat bantu yang digunakan. Contoh yang paling umum yang
mudah untuk kita ketahui kapal purse seine yaitu menggunakan tiang lewang.
Kapal purse seine di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo terbuat dari
kayu dengan ukuran yang berbeda-beda. Baik dari gross tone maupun segi ukuran.
Adapun penulis telah melakukan
Praktikum pada salah satu kapal purse seine yang ada Pelabuhan Perikanan
Samudera (PPS) Lampulo yaitu dengan kapal KM.HIDAYAT-2000. Adapun bentuk, ukuran dan identidas kapal KM.HIDAYAT-2000
adalah sebagai berikut:
Nama kapal : KM.HIDAYAT-2000
Nama perusahaan : H.Ridwan Sulaiman
Tanda selar : GT.41 No.163/QQM
Berat kotor (GT) : 41
Berat Bersih (NT) : 13
Main engine : a. Merek : Mistubihi
b. No.seri : 6646733
c. Kekuatan : 160 PK
Asal kapal : Sigli
Negara asal : Indonesia
Komposisi ABK : 20 orang
Panjang kapal : 19.64 meter
Lebar kapal : 6 meter
Dalam kapal : 1.75 meter
Fishing ground :
< 4 mil laut aceh
Pelabuhan pangkalan : Pidie dan PPS Lampulo
Jenis alat tangkap : Purse seine
Gambar2. Kapal KM.HIDAYAT-2000
3.2 Alat
Bantu Navigasi
Dalam hal navigasi juga membutuhkan
alat bantu untuk memperlancarkan dalam hal berlayar dan juga penangkapan.
Beberapa alat bantu navigasi yaitu:
3.2.1
GPS (Global Position System)
GPS (Global Position System) adalah
sistem navigasi dengan menggunakan 24 satelit ( 21 buah satelit ditambah
3 buah satelit cadangan) yang mengorbit setiap 11 jam 58 menit. Bila seluruh
satelit berada diorbit, maka posisi kapal dapat diketahui secara akurat
dipermukaan bumi selama 24 jam sehari. Koden (1993).
GPS merupakan salah satu alat
navigasi yang berfungsi untuk menentukan posisi lintang dan bujur suatu benda
(kapal) di permukaan bumi, serta dapat dipergunakan untuk mengetahui arah
haluan kapal dan kecepatan kapal. dan juga dapat menunjuk arah keberadaan
rumpon yang telah direkam oleg GPS. Sehingga nelayan dengan mudah menemukan
rumpon disuatu area tertentu.
Gambar.3 Global
position system (GPS)
3.2.2
Echosounder
Echosounder
Adalah Suatu alat navigasi elektronik dengan menggunakan system gema yang
dipasang pada dasar kapal. pada umumnya echosounder berfungsi untuk mengukur
kedalaman perairan, mengetahui bentuk dasar suatu perairan dan untuk mendeteksi
gerombolan ikan dibagian bawah kapal secara vertical. Tetapi nelayan daerah
aceh khususnya nelayan Lampulo Kota Banda Aceh echosounder digunakan untuk
mendeteksi keberadaan ikan dibawah kapal. Sehingga oleh nelayan lebih mudah
untuk melihat ada atau tidaknya ikan dibawah permukaan air
untuk ditangkap.
Gambar 4. Echosounder
3.2.3
Kompas
Kompas adalah alat
navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas
menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah
tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. Lebih spesifiknya
fungsi kompas berfungsi untuk menentukan atau mengetahui arah dan besaran
derajat suatu daerah. Juga untuk mengetahui lokasi suatu medan berdasarkan
peta.
Pada kapal KM.HIDAYAT-2000
menggunakan jenis kompas magnit basah. Kompas magnit basah ialah kompas yang
berisi larutan alcohol 30% dan air suling 70%. Kegunaan cairan tersebut untuk
peredam goncangan. Syarat dari kompas magnit basah adalah bahan harus bebas
dari besi, artinya harus aluminium.
Gambar 5. Kompas
3.2.4
Radio Komunikasi
Radio adalah sebagai alat komunikasi
yang digunakan untuk berhubungan antara awak kapal dengan awak kapal lain.
Dikapal para nahkoda saling memberikan informasi dengan nahkoda yang berada
pada kapal lain. Di kapal penangkapan para nahkoda saling member informasi
tentang area penangkapan atau fising ground.
Gambar 6. Radio komunikasi
3.3 Alat bantu
Penangkapan Ikan
Adapun beberapa alat bantu
penangkapan yang digunakan pada kapal urse seine KM.HIDAYAT-2000 yaitu:
3.3.1
Tiang Lewang
Tiang lewang berfungsi sebagai tempat tumpuan untuk
mengangkat segala benda dikapal yang tak mampu diangkat oleh awak kapal. misal
pengangkatan hasil tangkapan ke atas kapal dan penurunan sekoci juga diangkat yang ditarik
menggunakan kapstan dan tiang lewang menjadi sebagai tumpuannya.
Gambar 7. Tiang lewang
3.3.2
Kapstan
Kapstan pada kapal purse seine digunakan untuk menarik
tali kolor (tali kerut) pada saat melakukan houling (penarikan jarring) agar
jaring terbentuk sebuah kantong. Disamping itu kapstan juga berfungsi pula
untuk hal-hal lain seperti pengangkatan ikan dari jaring ke atas kapal menggunakan
serok (Brailling). Kapstan terdapat dua buah yang terdapat sebelah kiri dan
kanan yang terletak didepan ruang mesin tepatnya dibelakang tiang lewang.
Gambar 8. kapstan
3.3.3
Roller
Roller adalah alat yang berfungsi untuk mengatur arah tali
kolor ke kapstan ketika proses houling berlangsung sehingga tali kolor mudah
pada saat digiling dengna kapstan. Roller dipasang dua buah dibagian depan
kapal sebelah tengah dekat haluan kapal. Roller terbuat dari bahan besi dan
dilapisi baja.
Gambar 9. Roller
3.3.4
Sekoci
Sekoci lampu yang merupakan kapal kecil yang menggunakan
mesin temple yang terdapat lampu-lampu warna hijau dan merah. Fungsi dari sekoci
lampu adalah untuk menarik perhatian gerombolan ikan pada sekoci dengan dibantu
oleh cahaya lampu dan rumpon kecil pada sekoci tersebut. Sehingga kapal dapat
melingkari jaring.
Gambar 10. Sekoci
3.3.5
Lampu
Lampu
pada kapal adalah lampu yang paling utama dilakukan untuk menarik perhatian
ikan-ikan. Dimana cahaya yang pada lampu kapal akan menghasilkan perangsang
atau penarik perhatian gerombolan ikan (schooling) yang bersifat phototaxis positif (tertarik pada
cahaya) sehingga gerombolan ikan akan berkumpul dibawah cahaya lampu.
Gambar 11. Lampu
3.3.6
Serok
Serok adalah sebuah alat bantu penangkapan yang terdapat
pada kapal purse seine yang berfungsi sebagai pengangkat hasil tangkapan ikan
dari jaring ke atas kapal. serok terbuat dari besi putih dan gagang serok terbuat dari
kayu. Mata jaring pada serok berukuran 1 Inch.
Gambar 12. Serok
3.3.7
Mesin Generator (Generator Engine)
Suatu
instalasi mesin / unit penggerak generator atau pembangkit tenaga listrik,
merupakan salah satu mesin bantu yang paling penting dikapal untuk menghasilkan
tenaga / energi listrik. Agar lampu-lampu pada kapal dapat berfungsi atau hidup
sehingga dapat untuk menarik perhatian pada gerombolan ikan yang bersifat phototaxis positif. Jenis mesin generator pada kapal
KM.HIDAYAT-2000 menggunakan mesin Diesel.
Gambar 13. Mesin Generator
3.3.8
Mesin Generator Pada Sekoci
Pada skoci lampu juga membutuhkan mesin generator untuk
dihubungkan ke lampu sehingga lampu-lampu pada sekoci yang dipasang disekeliling
sekoci hingga dapat hidup. Mesin generator pada sekoci lebih kecil dibandingkan dengan
generator pada kapal. hal ini dikarenakan lampu-lampu pada skoci tidak
membutuhkan watt yang besar. Namun, untuk lampu yang dipasang dibawah air pada
sekoci tidak menggunakan mesin generator.
Tetapi menggunakan baterai.
Gambar 14. Mesin generator pada sekoci
3.3.9
Rumpon
Rumpon adalah sebagai alat bantu untuk menangkap ikan yang
dipasang dilaut. Baik dilaut dangkal maupun dilaut dalam. Pemasangan rumpon
tersebut bermaksud untu mengumpulkan gerombolan ikan (schooling) dibawah
rumpon.sehingga ikan mudah untuk ditangkap. Maka, dengan menggunakan rumpon
kegiatan penangkapan ikan akan menjadi lebih efektif dan efesien karena tidak
lagi berburu ikan (dengan mengikuti ruayanya), tetapi cukup melakukan kegiatan
penangkapan ikan disekitar rumpon tersebut.
Sebagai alat bantu penangkapan ikan, rumpon berfungsi untuk
mengumpulkan kelompok-kelompok ikan pelagis kecil dan pelagis besar pada suatu
area tertentu. Di daerah Aceh rumpon dikenal denga sebutas Tuasan atau Ie Tuah.
3.4 3.4 Alat Tangkap Purse Seine
Alat
tangkap purse seine merupakan alat tangkap yang dioperasikan dengan melingkari
gerombolan ikandengan jaring seteh itu jaring pada bagian bawah dikerutkan,
dengan demikian ikan-ikan akan terkurung dan berkumpul dibagian kantong
(Ayodhya, 1981).
Menurut
Subani dan Barus, (1989) menyatakan bahwa disebut pukat cincin karena alat
tangkap ini dilengkapi dengan cincin’’ (purse line) atau tali’’ kerut’’
dilakukan didalamnya. Fungsi cincin dan tali kerut tersebut jaring yang semula
tidak berkantong akan berbentuk kantong pada tiap akhir penangkapan.
Pada
dasarnya alat tangkap purse seine sama persis dengat alat tangkap gill net.
Namun yang membedakan kedua alat tangkap tersebuat hanya pada teknik
pengoperasian. Namun alat tangkap purse seine lebih efesien karena dilengkapi
dengan ring (cincin), tali kolor, dan tali ring.yang berfungsi untuk mebuat
alat tangkap terbentuk sebuah kantong saat operasional. Alat tangkap purse
seine juga lebih unggul jika kita lihat dari segi hasil tangkapan.
Purse seine terbagi dalam beberapa
bentuk, yaitu :
a. Persegi
panjang
b. Trapesium
c. Kacamata (BH)
Di Indonesia alat
tangkap purse seine hanya terdapat bentuk persegi panjang dan trapezium. Daerah
sumatera khususnya daerah Aceh menggunakan purse seine yang berbentuk persegi
panjang. Bentuk trapesium digunakan oleh kapal-kapal daerah pulau jawa.
Alat ini digunakan untuk menangkap
ikan pelagis yang biasa membentuk gerombolan yang padat dan sampai saat ini merupakan
jenis alat penangkap ikan yang paling efektip dan efisien bagi penangkapan ikan
pelagis. Dalam pengoperasiannya dapat dilakukan dengan mengejar gerombolan
ikan, atau dengan menggunakan alat bantu pengumpul ikan berupa lampu atau
rumpon.
Alat bantu pengumpul ikan berupa
lampu digunakan pada waktu malam hari, sedangkan rumpon digunakan pada waktu
siang hari. Pengoperasian yang lebih efektip dan efisien dengan menggunakan
alat bantu pengumpul ikan tersebut dengan cara mengkombinasikan pemanfaatan rumpon
dan lampu sekaligus.
3.5 3.5 Sejarah Perkembangan
Purse Seine
Purse seine pertama
kali dipatenkan atas nama Barent Velder dari Bergent, Norwegia pada tanggal 12
Maret 1858, Tahun 1860 alat tangkap ini diperkenalkan di seluruh Pantai
Atlantik, Amerika Serikat terutama di perairan Rhode Island. Alat tangkap ini
umumnya digunakan untuk menangkapn ikan menhaden (Brevortia Tyranus). Tahun
1870 bentuk purse seine diperkenalkan di Negara Skandivaria. Selanjutnya dari
Skandivaria purse seine menjadi popular tahun 1880 di Norwegia, Swedia. Negara
Denmark dan Jerman mengenal alat tangkap purse seine pada Tahun 1913. (Susanti
dalam Hidayat, 2014).
Purse seine pertama
kali di Indonesia diperkenalkan di pantai utara Jawa oleh Balai Penelitian
Perikanan Laut (BPPL) pada Tahun 1970, kemudian diterapkan di Muncar dan
berkembang pesat sampai sekarang. Pada awal pengembangannya di Muncar sempat
menimbulakan konflik sosial antara nelayan tradisional nelayan pengusaha yang
menggunakan purse seine. Namun akhirnya dapat diterima juga. Purse seine ini
memang potensial dan produktivitas hasil tangkapannya tinggi. Dalam
perkembangannya terus mengalami penyempurnaan tidak hanya bentuk (kontruksi)
tetapi juga bahan dan perahu / kapal yang digunakan untuk usaha perikanannya.
(fiqrin, 2010).
3.6 3.6 Sejarah
Purse Seine di Indoneia
Purse seine, pertama kali diperkenalkan di pantai utara Jawa
oleh BPPL (LPPL) pada tahun 1970 dalam rangka kerjasama dengan pengusaha
perikanan di Batam (Bpk. Djajuri) dan berhasil dengan baik. Kemudian
diaplikasikan di Muncar (1973 / 1974) dan berkembang pesat sampai sekarang. Pada
awal pengembangannya di Muncar sempat menimbulakan konflik sosial antara
nelayan tradisional nelayan pengusaha yang menggunakan purse seine. Namun
akhirnya dapat diterima juga. Purse seine ini memang potensial dan
produktivitas hasil tangkapannya tinggi. Dalam perkembangannya terus mengalami
penyempurnaan tidak hanya bentuk (kontruksi) tetapi juga bahan dan perahu /
kapal yang digunakan untuk usaha perikanannya.
3.7 3.7 Konstruksi
Alat Tangkap Purse seine
Konstruksi alat tangkap purse seine pada kapal KM.HIDAYAT-2000 sama
dengan umumnya alat tangkap purse seine daerah sumatera yaitu berbentuk empat
persegi panjang. Konstruki alat tangkap purse seine secara umum terdiri dari
jaring bagian sayap, badan, kantong dan jaring penguat, tali ris atas,
tali ris bawah, tali pelampung, tali
pemberat, cincin, tali cincin, tali pelimping dan tali kerut. Adapun konstruksi
purse seine pada KM.HIDAYAT-2000 adalah sebagai berikut:
Gambar 15.
Konstruksi purse seine
Keterangan:
a.
Sayap (wing) e. Tali ris atas i. Pemberat
b.
Badan (webbing) f. Tai ris bawah j. Tali cincin
c.
Kantong (bunt) g. Tali kolor k.
Tali pelimping
d.
Serampat (Selvadge) h. Pelampung (Buoy) l.
Cincin (Ring)
Berdasarkan konstruksinya, alat
tangkap purse seine secara teknis memiliki bagian-bagian mulai dari jaring,
tali-temali sampai kebutuhan alat tangkap purse seine. Adapun bagian-bagiannya
sebagai berikut.
3.7.1
Bagian
Jaring
1.
Sayap (wing)
Jaring pada bagian sayap berfungsi
sebagai penggiring gerombolan ikan kebagian badan jaring yang nantinya akan
diteruskan oeh badan jaring kebagian kanntong. Bahan jaring bagian sayap
terbuat dari benang poliyamide (PA) no.210 D/6 berwarna biru muda dengan ukuran
mata jarring 3 Inch
16. Jaring Sayap
2.
Badan
(Webbing)
Badan jaring berfungsi sebaga
penggiring geromboan ikan agar ikan berkumpul pada bagian akhir yaitu pada
bagian kantong jaring. Bahan yang digunakan pada bagian badan jaring yaitu
poliyamide (PA) no.210 D/9 berwarna
biru muda dengan ukuran mata jaring 2 Inch.
Gambar 17. Jaring badan (jaring
bagian tengah)
3.
Kantong (Bunt)
Sebenarnya pukat cincin merupakan jaring yang berbentuk empat
persegi panjang dan tidak mempunyai kantong, tetapi pada jaring tersebut ada
bagian sebagai tempat mengumpulkan atau mengonsentrasikan ikan yang tertangkap.
Bagian ini merupakan bagian yang terpenting, pada beberapa tipe, terletak
ditengah-tengah atau pada bagian akhir (ujung). Pada bagian tersebut dibuat
sedemikian rupa sehingga mempunyai ukuran benang yang lebih tebal dibandingkan
bagian yang lain. Dibagian kantong harus menggunakan bahan yang kuat. Hal ini
disebabkan karena pada bagian kantong tempat akhir terkumpulnya ikan tangkapan
yang akan memberikan tekanan beban sehingga membutuhkan jaring kantong
digunakan bahan yang lebih kuat dan tahan. Jaring kantong terbuat dari benang karet no.210 D/12 berwarna biru tua.
Ukuran mata jaring bagian kantong 1 Inch.
Gambar 18. Jaring Kantong
4.
Serampat (Sevadge)
Bagian
pinggir jaring yang dibuat dengan bahan benang lebih tebal dengan ukuran mata
yang lebih besar atau sama sebagai penghubung jaring dengan tali ris dan
berfungsi sebagai penguat atau untuk melindungi jarring bagian tepi/pinggiran
jaring. Menurut letaknya disebut srampat atas,
srampat bawah dan srampat samping. Selvadge terbuat menggunakan benang polyethylen (PE) no.380 D/91) berwarna hijau tua. Ukuran mata jaring
pada serampat 3 Inch sebanyak 25 mata jaring kebawah untuk menghubungkan dari
tali ris atas ke bagian jaring.
Gambar 19. Jaring Selvadge (serampat)
Tabel 1. Rincian
Kebutuhan bahan jaring (webbing)
No
|
Nama Bagian dan Jenis Jaring
|
Ukuran mata jaring dan nomor benang
|
||
Bagian jaring
|
Jenis bahan
|
Ukuran mata jaring
|
Nomor benang
|
|
1
|
Selvadge atas
|
Polyethylene
|
3 Inch
|
380 D/91
|
2
|
Selvadge bawah
|
Polyethylene
|
3 Inch
|
380 D/91
|
3
|
Kantong
|
Tali Karet
|
1 Inch
|
210
D/12
|
4
|
Badan
|
Polyamide
|
2 Inch
|
210 D/9
|
5
|
Sayap
|
Polyamide
|
3 Inch
|
210 D/6
|
3.7.2
Tali-Temali
1.
Tali Pelampung (Float Line)
Tali pelampung merupakan tali yang
digunakan untuk mengikan atau memasang pelampung pada alat tangkap purse seine.
Tali pelampung terbuat dari bahan polyethylene (PE).
Gambar 20. Tali pelampung
2.
Tali Ris Atas
Tali
ris atas berfungsi sebagai tempat menggantungkan jaring bagian atas. Dan
merupakan penghubung antara tali pelampung juga berfungsi sebagai tempat untuk
mengikat pepetan tai pelampung.
Gambar 21. Tali ris atas
3.
Tali Ris
Bawah
Tali ris bawah
berfungsi sebagai tempat untuk meleketkan tali pemberat dan juga pemberat agar
konstruksi alat tangkap bagian bawak menjadi sempurna.
4.
Tali
Pemberat
Tali pemberat berfungsi untuk
menempatkat/memasang pemberat yang satu dengan yang lain, serta berfungsi
sebagai penghubung dengan jarring pada tepi bagian bawah.
Gambar 23. Tali pemberat
5.
Tali Cincin
Tali cincin yang dipergunakan untuk
menggantungkan cincin (ring), tali ring ini kadang-kadang juga disebut dengan
tali kang.bentuk tali cincin pada kapal KM.HIDAYAT-2000 adalah bentuk tali
cincin tunggal. Tali cincin yang digunakan terbuat dari bahan kuralon.
Gambar
24. Tali cincin
6.
Tali Kolor
Untuk mengumpulkan ring atau jaring
bagian bawah pada waktu operasi digunakan tali kolor yang ditarik setelah
jaring dilingkarkan. Karena dengan terkumpulnya ring maka bagian bawah jaring
akan terkumpul pula menjadi satu dan jaring akan berbentuk seperti kantong.
Ukuran tali kolor adalah merupakan
ukuran yang terbesar di antara ukuran tali-tali yang lain pada alat tangkap
purse seine. Hal ini karena tali kolor memerlukan kekuatan yang cukup besar bila
dibandingkan dengan tali-tali yang lain. Oleh karena itu, pada purse seine yang
besar kadang-kadang menggunakan tali kolor dari labrang (pintalan kawat baja).
Gambar 25. Tali kolor
Tabel 2. Rincian Kebutuhan tali-temali
No
|
Nama dan jenis
bahan
|
Ukuran dan
panjang tali
|
||
Nama tali
|
Bahan
|
Ukuran
|
Panjang (m)
|
|
1
|
Tali
pelampung
|
Polyethylene
|
15
mm
|
1200
meter
|
2
|
Tali
ris atas
|
Polyethylene
|
15
mm
|
1200
meter
|
3
|
Tali
ris bawah
|
Polyethylene
|
15
mm
|
1200
meter
|
4
|
Tali pemberat
|
Polyethylene
|
15 mm
|
1200 meter
|
5
|
Tali cincin
|
Kuralon
|
15 mm
|
125 cm
|
6
|
Tali kolor
|
kuralon
|
45 mm
|
1500 meter
|
3.7.3
Perlengkapan Bahan Alat Purse Seine
1.
Pemberat
Agar jaring bagian bawah cepat
tenggelam waktu dioperasikan, pada tali ris bawah perlu diberi pemberat.
Pemberian pemberat tidak boleh terlalu berlebihan karena disamping merupakan
pemborosan juga akan mengurangi daya apung dan membuat jaring terlalu tegang.
Bahan pemberat umumnya menggunakan
timah atau timbal (timah hitam). Bila akan menggunakan bahan lain sebaiknya
bahan pemberat adalah dari bahan yang tidak berkarat bila terkena pengaruh air
laut dan mudah dibentuk serta harganya murah.
Gambar
26. Pemberat (sinker)
2.
Pelampung
Peampung
(buoy) berfungsi untuk mengapungkan jaring bagian atas. Ada beberapa fungsi
pelampung pada purse seine yaitu:
a) Sebagai pengapung untuk memberikan
adanya daya apung pada alat secara keseluruhan jaring bagian atas yang dioperasikan
dipermukaan air.
b) Sebagai material pengapung untuk
mempertahankan jaring pukat cincin agar selalu berada dipermukaan air.
c) Sebagai tanda atau batas mengurung
ikan pada saat operasi penangkapan ikan, sehingga ikan tidak dapat lolos
melewati permukaan air.
Gambar
27. Pelampung (buoy)
3.
Cincin (Ring)
Cincin pada
alat tangkap purse seine berfungsi sebagai tempat lewatnya tali kolor pada saat
melakukan houling.
Cincin yang terletak tepat ditengah jaring. cincin terbuat dari bahan besi
putih.
Gambar 28.
Cincin (ring)
Tabel 3. Rincian Kebutuhan pelengkap
No
|
Nama dan jenis
bahan
|
Ukuran bahan
|
Jumlah
|
||
Nama
|
Bahan
|
Lebar
|
Panjang
|
||
1
|
Pelampung
|
Synthetic
rubber
|
12 cm
|
18 cm
|
4200
|
2
|
Pemberat
|
Timah hitam
|
3.5 cm
|
7 cm
|
3600
|
3
|
Cincin
|
Besi putih
|
20 cm
|
20 cm
|
240
|
BAB IV
PELAKSANAAN
4.1 4.1 Waktu dan
Tempat
Pelaksanaan Praktek Kerja Lapang (PKL) berlokasi di kompleks
Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo. selama ± 1 bulan, mulai tanggal 1 Februari
sampai dengan 1 Maret 2017 berlokasi di :
Kelurahan :
Lampulo
Kecamatan :
Kuta Alam
Kota
Madya : Banda Aceh
Provinsi : Aceh
4 4.2 Perkenalan Lokasi (Orientasi)
Setelah penulis tiba dilokasi yaitu
melakukan perkenalan dengan pegawai di kantor UPTD PPS Lampulo sekalian
penyerahan kepada pembimbing lapangan untuk melakukan pengenalan lokasi dan
fasilitas yang tersiapkan oleh Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo pada
bagian seksi proses kegiatan dipelabuhan, dari pembongkaran ikan sampai
pemasaran. Dan kemudian pembimbing lapangan memberikan informasi bagaimana
untuk mempermudahkan proses berjalannya kegiatan-kegiatan pelaksanaan PKL
dikapal maupun dikantor.
4.3
Pengenalan Kapal KM.HIDAYAT-2000
KM.HIDAYAT-2000 adalah kapal
penangkapan ikan dengan menggunakan alat tangkap purse seine, Sepertikapal purse seine lainnya kapal
KM.HIDAYAT-2000 memiliki memiliki alat-alat bantu penangkapan yang sesuai untuk
kebutuhan operasional alat tangkap purse seine seperti tiang lewang, kapstan
dan alat-alat bantu lainnya.
4.4 4.4 Persiapan
Ada beberapa persiapan yang
dilakukan sebelum melakukan berlayar menuju fishing ground untuk melakukan
pengoperasian penangkapan ikan yaitu:
4.4.1
Persiapann Kapal
Kapal yang digunakan KM.HIDAYAT-2000 terlebih dahulu
melakukan pengecekan keseluruhan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan
sebagai contoh kapal bocor akibat kayu yang tidak layak pakai lagi. Maka dari
itu harus dilakukan pengecekan seperti pengecekan body kapal dan hal-hal lain
yang berhubungan dengan badan kapal.
4.4.2
Persiapan Administrasi (Dokumen)
Sebelum melakukan berlayar kapal penangkapan ikan haruslah
melengkapi dokumen-dokumen sebagai berikut:
1.
SPB (Surat Persetujuan
Berlayar)
2.
SLO (Surat Laik Operasi)
3.
SKN ( Surat Kecakapan Nahkoda)
4.
SKM (Surat Kecakapan Masinis)
5.
SIPI (Surat Izin Penangkapan Ikan)
6.
SIUP ( Surat Izin Usaha Penangkapan Ikan)
7.
Pas Besar/Pas Kecil
8.
SKKP ( Sertifikat Kelayakan Kapal Penangkapan Ikan)
9.
Gros Akta
10. Surat Ukur
4.4.3
Persiapan Ransum Makanan
Bahan makanan adalah bahan yang paling penting dalam
melakukan operasional penangkapan ikan selama berada di laut. Bahan makan telah
siapkan oleh pihak perusahaan untuk awak kapal. adapun kebutuhan makanan yang
disiapkan oleh pemilik kapal adalah sebagai berikut:
Tabel 4. Rincian persiapan ransum
makanan
No
|
Ransum
|
Jumlah (Kg)
|
Kg/Krjg/Ppn/ Krds/ Tbg/ltr
|
Jumlah (Rp)
|
1
|
Beras
|
8 karung
|
Rp.135.000
|
Rp.1.080.000
|
2
|
Telur Ayam
|
2
papan
|
Rp.42.000
|
Rp.84.000
|
3
|
Indomie
|
1 kardus
|
Rp.70.000
|
Rp.70.000
|
4
|
Ikan Tongkol
|
1 keranjang
|
Rp.75.000
|
Rp.75.000
|
5
|
Bawang Merah
|
4 Kg
|
Rp.24.000
|
Rp.96.000
|
6
|
Bawang Putih
|
0,5 Kg
|
Rp.22.000
|
Rp.11.000
|
7
|
Jahe
|
0,5 Kg
|
Rp.12.000
|
Rp.6.000
|
8
|
Cabe Rawit
|
1 Kg
|
Rp.45.000
|
Rp.45.000
|
9
|
Cabe Hijau
|
2 Kg
|
Rp.26.000
|
Rp.52.000
|
10
|
Cabe Merah
|
4 Kg
|
Rp.30.000
|
Rp.120.000
|
11
|
Wortel
|
5 Kg
|
Rp.7.000
|
Rp.35.000
|
12
|
Minyak Goreng
|
30 liter
|
Rp.6000
|
Rp.360.000
|
13
|
Gas
|
5 tabung
|
Rp.135.000
|
Rp.675.000
|
14
|
Asam Belimbing
|
1 Kg
|
Rp.10.000
|
Rp.10.000
|
15
|
Sayur Bayam
|
10 ikat
|
Rp.1000
|
Rp.10.000
|
16
|
Jeruk Nipis
|
1 Kg
|
Rp.12.000
|
Rp.12.000
|
17
|
Tomat
|
3 Kg
|
Rp.10.000
|
Rp.30.000
|
18
|
Kunyit
|
0,5 Kg
|
Rp.4.000
|
Rp.2000
|
19
|
Cabe Keriting
|
1 Kg
|
Rp.38.000
|
Rp.38.000
|
20
|
Sawi
|
5 Ikat
|
Rp.2000
|
Rp.10.000
|
21
|
Kentang
|
3 Kg
|
Rp.12.000
|
Rp.36.000
|
22
|
Kopi Solong Bubuk
|
2 Kg
|
Rp.80.000
|
Rp.160.000
|
23
|
Teh Bubuk
|
2 Kg
|
Rp.106.000
|
Rp.106.000
|
24
|
Rokok Sampoerna Mild
|
1
Selop
|
Rp.20.000
|
Rp.200.000
|
25
|
Rokok U Mild
|
2 Selop
|
Rp.15.000
|
Rp.300.000
|
26
|
Rokok Gudang Garam
|
3 Selop
|
Rp.12.000
|
Rp.360.000
|
27
|
Rokok Panamas
|
1 Selop
|
Rp.15.000
|
Rp.150.000
|
4.4.4
Persiapan Air Tawar
Kebutuhan air tawar juga disediakan dari darat sebelum kapal
berlayar. Air tawar juga salah satu kebutuhan yang sering digunakan selama
dilaut. Semisal untuk kebutuhan masak dan minum, juga digunakan oleh awak kapal
untuk membersihkan diri dari air laut setelah melakukan penarikan jaring keatas
kapal (houling). Sekali pengisian air tawar sebelum kapal berlayar sebanyak 9
ton, 6 ton air tawar di isikan kedalam palkah ikan serta 3 ton di isikan kedalam
drum khusus air tawar.
4.4.5
Persiapan Es balok
Es balok adalah yang paling terpenting dalam melakukan
penanganan ikan hasil tangkapan. Tanpa ada es ikan yang telah tertangkap akan
jadi sia-sia, hal itu dikarenakan ikan akan membusuk dalam waktu yang
sangat cepat.maka itu es sangat dibutuhkan dalam melakukan penanganan ikan
diatas kapal.
4.4.6
Persiapan BBM dan Pelumas
Bahan bakar minyak dan pelumas yang diperlukan selama operasi penangkapan ikan telah disiapkan oleh pemilik kapal,
sehingga mesin seudah siap untuk dioperasi penggerak kapal dan awak kapal
tinggal berangkat. Adapun bahan bakar minyak dan pelumas yang telah disiapkan
berupa:
Tabel 4. Rincian persiapan bahan
bakar minyak dan pelumas
No
|
BBM dan Pelumas
|
Jumlah (Liter)
|
Harga/Ltr
|
Harga (Rp)
|
1
|
Solar
|
5000 (25 drum)
|
Rp.5.150
|
Rp.25.750.000
|
2
|
Bensin
|
25
|
Rp.6.450
|
Rp.161.250
|
3
|
Oli
|
200
|
Rp.12.000
|
Rp.2.400.000
|
4.4.7
Persiapan Alat Tangkap
Alat tangkap harus disusun dengan baik, dengan susunan alat
tangkap di lambung kanan. Terhadap bagian alat tangkap atau jaring yang rusak
atau robek dilakukan perbaikan sebelum pengoperasian. Penyusunan alat tangkap
yaitu meliputi penyusunan pelampung dibagian buritan, bagian jaring di sisi
lambung kanan kapal serta penyusunan tali kerut disusun daerah dekat haluan
kapal disebelah kiri lambung kapal. dan pengikatan cincin di bagian sisi
lambung kanan depan. Adapun cara penyusunan yang dilakukan yaitu setiap cincin
yang disusun dilambung kanan kapal maka terlebih dahulu ujung tali kerut
dimasukkan cincin sampai cincin selesai. Bila semua proses penyusunan alat
tangkapan selesai maka semua ABK istirahat sampai menunggu kapal
melakukan setting.
4.5 4.5 Penentuan Daerah Penangkapan Ikan(Fishing
Ground)
Daerah Penangkapan Ikan (Fishing Ground)
adalah Suatu daerah perairan dimana ikan yang menjadi
sasaran penangkapan tertangkap dalam jumlah yang maksimal dan alat tangkap
dapat dioperasikan serta ekonomis. Suatu
wilayah perairan laut dapat dikatakan sebagai “daerah penangkapan ikan” apabila
terjadi interaksi antara sumberdaya ikan yang menjadi target penangkapan dengan
teknologi penangkapan ikan yang digunakan untuk menangkap ikan. Hal ini dapat
diterangkan bahwa walaupun pada suatu areal perairan terdapat sumberdaya ikan
yang menjadi target penangkapan tetapi alat tangkap tidak dapat dioperasikan
yang dikarenakan berbagai faktor, seperti antara lain keadaan cuaca, maka
kawasan tersebut tidak dapat dikatakan sebagai daerah penangkapan ikan demikian
pula jika terjadi sebaliknya.
Syarat-syarat fishing ground:
1.
Daerah penangkapan tersebut memiliki banyak gerombolan ikan;
2.
Daerah penangkapan ikan memiki kedalam melebihi dalam jaring purse seine;
3.
Tidak daerah jalur pelayaran kapal niaga ataupun kapal lain;
Pada
umumnya daerah penangkapan ikan (fishing grounds) dilakukan operasi dimana
terdapat ada rumpon. Seperti pada kapal KM.HIDAYAT-2000 yang menjadi fishing
ground adalah dimana rumpon diletakkan dan juga dengan cara melihat adanya kayu
yang hanyut.
4.6 4.6 Pengoperasian Alat tangkap Purse
Seine
Pengoperasian alat tangkap purse
seine dilakukan dengan cara bertahap demi tahap sampai proses penanganan ikan.
Adapun tahap-tahap operasionalnya sebagai berikut:
4.6.1
Setting (Penurunan Jaring)
Setting adalah suatu kegiatan dimana penurunan jaring (melingkari
gerombolan ikan. Setting dilakukan dengan cara bertahap sampai jaring melingkari
gerombolan ikan (schooling):
1. Sebelum melakukan tindakan oleh nahkoda untuk menurunkan
jaring, nahkoda terlebih dahulu melihat gorembolan ikan melalui echosounder
(perum gema).
2. Jika terlihat ada gerombolan ikan pada echosounder, nahkoda
langsung mengambil tindakan untuk memerintahkan penurunan sekoci lampu terlebih
dahulu.
3. Kemudian awak lampu atau dikenal sebagai awak kapal yang
ebrtugas pada sekoci lampu langsung mempersiapkan generator, lampu neon, dan
baterai untuk dimasukkan kedalam sekoci, rumpon kecil dan kemudian sekoci
diturunkan menggunakan kapstan dan tiang lewang sebagai tumpuan. Lalu
lampu-lampu pada sekoci dipasang dan rumpon kecil diturunkan pada sekoci.
4. Setelah sekoci selesai diturunkan, tindakan selanjutnya melakukan
pengangkatan rumpon keatas kapal, sehingga gerombolan ikan (schooling) langsung
beraling kepada lampu dan rumpon yang ada pada sekoci lampu.
5.
Setelah selesai pengangkatan rumpon ke atas deck kapal. nahkoda
memerintahkan masinis untuk mematikan mesin generator pada kapal sehingga semua
lampu pada kapal padam habis. Tindakan ini bertujuan agar gerombolan yang
awalnya dibawah lampu kapal segera habis terkumpul dibawah sekoci lampu.
6.
Kemudian kapal dalam keadaan mesin mati dibiarkan menjauh
dari sekoci lampu. Setelah kira-kira kapal jauh dari sekoci. Nahkoda
memerintahkan kembali kepada masinis untuk menghidupkan mesin kapal (main
engine). Lalu rumpon yang masih berada diatas deck kapal dijatuhkan kembali.
7. Tindakan seanjutnya kappa berolah gerak mengeilingi sekoci lampu dan menunggu kode
keberadaan ikan. (awak kapal yang berada pada sekoci lampu mengamati gerombolan ikan
naik keatas permukaan atau mendekati lampu pada skoci)
8.
Jika gerombolan ikan (schooling) telah mendekati permukaan
air atau naik keatas mendekati lampu pada sekoci, awak sekoci atau tukang lampu langsung
member kode kepada nahkoda dengan cara berteriak pertanda penurunan jaring
(setting) sudah bisi dalkukan.
9. Setelah mendengar kode dari tukang lampu, nahkoda langsumg
mengambil tindakan untuk melakukan melingkari jaring (penurunan jaring/setting).
Dan nahkoda memerintahkan pada awak kapal untuk menjatuhkan jaring. dan nahkoda
pun mengolahgerakkan kapal melingkari jaring (olah gerak William son).
4.6.2
Houling (Penarikan Jaring)
Houling adalah dimana suatu proses kegiatan penarikan jaring
setelah jaring dilingkari. Proses penarikan jaring (houling) sebagai berikut:
1. Setelah selesai nahkoda melingkari jaring, semua awak kapal
mengambil posisi disebelah kanan lambung kapal secara ber-saff sampai keburitan ( pada bagian
buritan yang bertugas tarik pelampung). Kecuali awak kapal yang bertugas pada
bagian kapstan dan nahkoda. Awak kapal pada bagian kapstan bekerja mengatur
penggilingan/penarikan tali kolor menggunakan kapstan. Nahkoda hanya mengawasi
para awak kapal bekerja sambil merokok.
2. Hal yang paling utama dilakukan dalam proses penarikan
jaring adalah melakukan penarikan tali kolor yang ditarik menggunakan kapstan.
Tali kolor yang ditarik menggunakan kapstan akan jalan melalu roller (dua buah
roller dipasang terlebih dahulu sebelum melakuakn penarikan tali kolor)
3. Setelah tali kolor ditarik, cincin dan batu semua terangkat.
Tindakan selanjutnya para awak kapal melakukan penarikan jaring serta pelampung
keatas deck kapal. setelah jaring bagian sayap, dan badan ditarik dan disusun
rapi oleh awak kapal. gerombolan ikan (schooling) telah terkumpul pada bagian
kantong.
4. Selanjutnya ikan-ikan yang telah terkumpul pada jaring
bagian kantong diangkat keatas kapal menggunakan serok. Pada saat pengangkatan
ikan denga serok ditarik menggunakan kapstan dan tumpuannya menggunakan tiang
lewang.
5. Kemudian ikan-ikan hasil tangkapan langsung dimasukkan
kedalam palkah-palkah ikan.
4.6.3 Penanganan Hasil Tangkapan di Atas kapal
Setelah selesai melakukan penangkapan ikan. Tahap akhir yang
dilakukan oleh awak ka]apal adalah melakukan penanganan ikan hasil tangkapan
dengan cara menghambat pembusukan ikan.
Usaha untuk membuat ikan tetap selalu segar atau pun
meningkatkan kesegarannya adalah tidak mungkin, walaupun begitu kesegaran ikan
masih bisa dipertahankan. Melalui penanganan
ikan yang baik dan benar. Penghambat proses pembusukan daging ikan sangat
memungkinkan untuk dilakukan. Hingga saat ini penanganan yang dianggap baik
adalah dengan penerapan rantai dingin, yaitu mengusahakan agar ikan tetap
dingin (suhu rendah). Penanganan yang dianggap paling ekonomis dan efektif
adalah menggunakan es. Menurut Moeljanto (1982) dalam Suwandi et al.(2008).
Pada kapal purse seine KM.HIDAYAT-2000 melakukan proses
penanganan ikan dengan menggunakan es. disusun es dan ikan disusun dalam palkah
ikan dengan cara disusun terlebih dahulu es balok didalam palkah, kemudian
disusun secara rapi ikan dan es curah didalam palkah ikan dengan cara 1:2 atau satu lapis ikan banding 2 lapis es
curah.
4.7 4.7 Pembongkaran Ikan
Begitu
kapal tiba di dermaga Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo, kapal langsung
merapat sandar dermaga untuk melakukan kegiatann pembongkaran ikan.
Pembongkaran ikan dari palkah diawali dengan pengeluaran hasil tangkapan ikan
dari palkah-palkah ikan kegeladak dengan cara ikan diangkat menggunakan serok.
Untuk ikan-ikan yang berukuran besar dikeluarkan dengan cara diangkat
satu-persatu seprti ikan tuna sirip kuning, cakalang besar. Setelah ikan
dikeluarkan dari palkah-palkah ikan dilkapal kemudian melakukan penyortiran.
Penyortiran
hasil tangkapan ikan adalah memisahkan hasil tangkapan menurut jenis, ukuran
dan mutu, selanjutnya dimasukkan kedalam keranjang. Proses penyortiran dilakukan
pada saat pembongkaran hasil tangkapan dari palkah ke dek kapal. setelah proses
penyortiran ikan harus dilakukan pencucian secara cepat. Proses penyortiran
harus dilakukan secara cepat. Hal itu bermaksud untuk hasil tangkapan yang
telah dikeluarkan dari palkah tidak terkena sinar matahari langsung dalam waktu
lama, yang sehingga dapat menurunkan mutu hasil tangkapan. Hasil tangkapan yang
berada diatas dek kapal seharusnya sesegera mungkin langsung dimasukkan kedalam
keranjang agar hasil tangkapan tidak tersentuh langsung dengan dek kapal yang
kotor. Kondisi dek kapal seringkali tidak diperhatikan kebersihannya, biasanya
anak buah kapal (ABK) hanya sekali saja mencuci deck kapal. ditambah lagi air
yang digunakan untuk mencuci dek kapal adalah air kolama pelabuhan. Padahal air
tersebut sudah tidak berdsih dan higienis lagi, karena air sudah tercemar
dengan sampah (limbah) dan genangan oli kapal. hal ini akan menyebabkan
terjadinya penurunan mutu hasil tangkapan yang berada diatas dek kapal.
4.8 4.8 Pemasaran
Sebagaimana yang kita ketahui bahwa
hasil perikanan adalah termasuk barang yang cepat rusak jika dibandingkan
dengan bahan mentah lainnya. Karena hasil perikanna adalah organisme hidup yang
sangat cocok bagi pertumbuhan bakteri,kegiatan kimiawi sehingga meyebabkan ikan
cepat rusak atau mudah membusuk.
Faktor mudah rusak ini pulalah yang
melatarbelakangi segala tingkah laku para pedagang ikan di Pelabuhan Perikana
Samudera (PPS) Lampulo, semuanya dikehendaki ikan harus segera diterima oleh
konsumen dalam waktu pendek dan singkat. Keadaan ikan yang masih segar harganya
akan mahal apalagi waktunya masih pagi atau baru turun dari kapal nelayan maka
situasi seperti inilah yang dapat member keuntungan besar kepada para pedagang
ikan di Pelabuhan Lampulo.
Dari hasil wawancara dengan salah
seorang pedagang ikan yang merupakan seorang muge ikan yang bertemu diTIP
Pelabuhan Perikanan Lampulo. Maka pola pemasaran ikan yang berlaku dan sering
digunakan oleh pedagang ikan di PPS lampulo adala sebagai berikut:
1.
Dari pemilik ikan (ikan dari kapal) langsung kepembeli
eceran (pedagang akhir). Ini jarang terjadi karena konsumen akhir lebih senang
menunggu atau membeli ikan dari pedagang eceran atau kepasar langsung. Kecuali
konsumen akhir yang berada disekitar daerah produksi ikan.
2.
Dari produsen melalui perantaraan tukang becak laut kepada
toke bangku untuk menujualkannya kepada muge ikan. Pola pemasaran ikan seperti
ini hanya berlaku bagi muge ikan.
3.
Dari produsen langsung langsung kepada pedagang ikan baik
itu muge ikan atau pedagang ikan eceran untuk kemudian dijual secara konsumen
akhir atau secara grosir kepada agen grosir.
4.
Dari produsen dari beberapa perantaraan beberapa muge ikan
untuk mengantarkannya kepada toke ikan. Kemudian dari toke ikan dengan
perantaraan beberapa muge ikan untuk mengantarkannya kepada toke yang lain atau
menjual. Pola pemasaran seperti ini hanya berlaku bagi muge ikan dan grosir
ikan.
4.9 4.9 Hasil Tangkapan Ikan
Ikan yang menjadi tujuan utama penangkapan dari alat
tangkap purse seine adalah ikan-ikan yang “Pelagic Shoaling Species”, yang
berarti ikan-ikan tersebut haruslah membentuk shoal (gerombolan), berada dekat
dengan permukaan air sea surface dan sangatlah diharapkan pula agar densitas
shoal itu tinggi, yang berarti jarak antara ikan dangan ikan lainnya haruslah
sedekat mungkin. Dengan kata lain dapat juga dikatakan per satuan volume
hendaklah jumlah individu ikan sebanyak mungkin. Hal ini dapat dipikirkan
sehubungan dengan volume yang terbentuk oleh jaring (panjang dan lebar) yang
dipergunakan (Subani dan Barus, 1989). Jenis ikan yang tertangkap dengan purse
seine KM.HIDAYAT-2000 terutama di daerah Laut Aceh adalah : Tuna Sirip Kuning (Thunnus
albacores), Cakalang (Katsuwonus pelamis), lemuru (Sardinella
sp), Tongkol (Euthynnus affinis), cumi-cumi (Loligo sp)
dan lain-lain:
Untuk lebih jelas dapat kita lihat pada gambar dibawah
ini:
Gambar 29. Tuna sirip kuning (Thunnus albacores)
BAB V
MASALAH
DAN PEMECAHAN
5.1 5.1 Masalah
Selama penulis melakukan praktek
kerja lapangan terdapat beberapa permasalahan selama operasional penangkapan
ikan dengan alat tangkap purse seine. Beberapa permasalahannya adalah sebagai
berikut:
1.
Nahkoda kurang konsisten dalam hal melakukan melingkari
jaring. sering terjadi nahkoda tidak memperkirakan arah arus sebelum melakukan
pelingkaran jaring. hal ini mengakibatkan jaring yang telah disetting akan
bergerak mengkuti arus dan kemudian jaring masuk kebawah kapal sehingga
tersangkut pada propeller kapal.
2.
Pada saat melakukan penarikan rumpon keatas kapal. sering
terjadi posisi kapal bersampingan dengan gelombang. Sehingga olengan kapal
terlalu kuat sehingga tidak nyaman bagian para awak kapal, dan juga akan sulit
melakukan kegiatan diatas kapal dikarenakan olengan yang diakibatkan kapal
menyamping dengan arah gelombang. bahkan
akan sangat bahaya jika pada gelombang yang besar. Karena akan mengikabatkan
kapal terbalik. Apalagi kondisi stabilitas kapal tidak stabil.
3.
Nelayan masih kurang dalam pemahaman tingkat kebersihan
terhadap hasil tangkapan. Hal ini sering terjadi pada saat melakukan kegiatan pembongkaran ikan di
TPI pelabuhan. Ikan-ikan yang dibongkar dan dimasukkan kedalam keranjang dicuci
dengan air kolam pelabuhan, sedangkan air kolam pelabuhan sudah tercemar
sehingga akan mengakibatkan mutu hasil tangkapan akan menurun dan mudah
membusuk. Karena air yang tercemar sangat banyak terdapat bakteri.
4.
Perlengkapan keselamatan pada kapal maupun alat keselamatan
pekerja tidak ada.
5.
Lampu pada kapal sebagai alat bantu penangkapan dengan
jumlah yang sangat sedikit dan berwarna kuning.
5.2 5.2 Pemecahan
Beberapa
cara melakukan penanggulangan terhadap permasahan adalah sebagai berikut:
1. Sebelum melakukan penurunan jaring (setting) terlebih dahulu
nahkoda memperhatikan arah arus agar posisi kapal, jaring stabil setelah
melakukan penurunan jaring. Sehingga dalam operasi houling lebih efesien.
2.
Nahkoda mengolahgerakkan kapal terlebih dahulu sebelum
melakukan penarikan rumpon keatas kapal, sehingga posisi kapal dengan gelombang
berlawanan atau membelakangi gelombang agar olengan kapal menjadi trim bybo dan
trim bystern. Sehingga kegiatan diatas kapal dapat dilakukan dengan mudah.
3. Ikan yang dibongkar dari palkah kapal langsung dimasukkan ke
dalam keranjang dan dicuci menggunakan air bersih dan langsung dilakukan
perlakukan yang baik. Sehingga ikan hasil tangkapan tetap terjaga kebersihan
dan mutu ikan.
4. Pemilik kapal harus melengkapi alat keselamatan pada kapal
seperti life jacket, smoke signal dan alat keselamatan darurat lannya. Dan para
pelayan juga menyediakan alat keselamatan kerja seperti helm keselamatan, baju
hujan (bila dalam kondisi hujan) dan alat keselamatan kerja lainnya.
5. Pemilik kapal harus memasang lampu pada kapal dengan jumlah
banyak dan menggantikan dengan lampu yang berwarna putih pada kapal.
BAB VI
KESIIMPULAN DAN SARA
KESIIMPULAN DAN SARA
6.1 6.1 Kesimpulan
Dari semua
penjelasan dari laporan diatas dapat penulis simpulkan beberapa kesimpulan
yaitu:
1.
Alat tangkap purse seine merupakan alat tangkap yang
dioperasikan dengan melingkari gerombolan ikan dengan jaring seteh itu jaring
pada bagian bawah dikerutkan, dengan demikian ikan-ikan akan terkurung dan
berkumpul dibagian kantong (Ayodhya, 1981).
2. Persiapan yang
dilakukan pada kapal KM.HIDAYAT-2000 sebelum berlayar dan pengoperasian alat
tangkap adalah : persiapan kapal, persiapan administrasi, persiapan ransum
makanan, persiapan air tawar, persiapan es balok, persiapan bahan bakar minyak
dan pelumas, dan persiapan alat tangkap.
3. Cara pengoperasian alat tangkap purse seine dengan cara
melingkari gerombolang ikan dan dilanjuti dengan penarikan tali kolor,
selanjutnya melakukan penarikan jaring dan pelampung sampai gerombolan ikan berada
di bagian kantong. Dan kemudian hasil tangkapan dinaiikan ke atas kapal
menggunakan serok.
4. Alat bantu penangkapan yang terdapat pada kapal purse seine
KM.HIDAYAT-2000 berupa tiang lewang, kapstan,
roller, skoci, lampu, serok, mesin generator dan rumpon.
5. Jenis-jenis ikan yang tertangkap yaitu Tuna Sirip Kuning (Thunnus
albacores), Cakalang (Katsuwonus pelamis), kembung (Rastrehinger sp) lemuru (Sardinella
sp), Tongkol (Euthynnus affinis), cumi-cumi (Loligo sp)
dan lain-lain.
6.2 6.2 Saran
Dari semua kegiatan yang telah
laksanakan dapat penulis ingin memberikan beberapa saran yaitu:
1. Khususnya untuk mahasiswa PKL diberikan waktu selama 3 bulan
untuk terjun kelapangan agar mahasiswa dengan sepenuhnya dapat memahami proses
kegiatan dan lebih mahir kegiatan dilapangan khususnya bidang penangkapan kan.
2.
Mahasiswa PKL ditempatkan dibeberapa jenis kapal yang
berbeda. Misal 2 trip di kapal purse seine, 2 trip di kapal long line atau
pancing ulur yang terdapat di pelabuhan perikanan samudera (PPS) Lampulo. Agar mahasiswa
dapat memahami lebih dari satu alat tangkap secara langsung.
3. Untuk mahasiswa/i yang menjalani kegiatan praktek kerja
lapangan (PKL) disediakan fasilitas tempat tinggal sementara, supaya
mahasiswa/i tidak terlalu jauh pulang pergi ke tempat PKL.
DAFTAR PUSTAKA
Gunarso, W.
1985.Tingkah Laku Ikan dalam Hubungannya Dengan Alat Metode dan Teknik
Penangkapan. Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Fakultas Perikanan IPB.
Bogor
Anonim 3,2011. Purse Seine (Pukatcincin) (online)
http ://id. Wikepedia.org/ wiki /download 10 Agustus
2011
Ayodyoa, 1975. Kapal Perikanan.
Fakultas Perikanan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.http://idWikipedia.org/wiki/download 15 juni 2012
Subani,W dan H.R. Barus. 1989.
Alat Penangkapan Ikan dan Udang Laut di Indonesia Jurnal Penelitian Perikanan
Laut Nomor : 50 Tahun 1988/1989. Edisi Khusus. Jakarta : Balai Penelitian
Perikanan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Departemen Pertanian
Subani, 1983. Penggunaan Lampu
Sebagai Alat Bantu Penagnkapan Ikan laporan penelitian perikanan laut no. 27.
Balai penelitian perikanan laut. Departemen pertanian. Jakarta
Waluyo Subani dan H.R Barus.1989.Alat Penangkapan Ikan dan Udang Laut di Indonesia. Balai Penelitian
Perikanan Laut. Jakarta
Sadhori. S. Naryo. 1984. Bahan Alat Penangkapal Ikan,
Yasaguna Jakarta
Sadhori. S. Naryo. 1985. Teknik Penangkapan Ikan, Angkasa
Bandung.
Sudirman. 2004. Teknik
Penangkapan Ikan.PT Rineka Cipta. Jakarta.
Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. 2004. Mengoperasikan Jaring lingkar (Purse Seine), Departemen Pendidikan Nasional Jakarta.
Indrawatit, A, 2000. Studi
tentang Hubungan Suhu Permukaan Laut Hasil Pengukuran Satelit Terhadap Hasil
Tangkapan Ikan Lemuru (Sardinella lemuru Bleeker 1853) di Selat Bali. Program
Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor. Hal : 27 – 40.
J; M.F.A Sondita dan R.
Noviyanti, 1991. Studi tentang Penyebaran Suhu dan Salinitas Di Perairan ZEE
Barat Sumatera dan Kemungkinan Aplikasinya untuk Mendeteksi Daerah Penangkapan
Ikan Yellowfin Tuna (Thunnus albacares) dan Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis).
MARITEK Vol. 1, Nomor. 1, Maret 1991. Hal : 54 – 67.
Nedelec. 2000. FISH LAMPS.
Japanese Fishing Gear and Methods Textbook for Marine FisheriesResearch Course.
Japan. (terhubung berkala) http:// fisheries.com/index.html (18 Oktober2010)
Lampiran 1. Jadwal Kegiatan Selama
PKL
No
|
Hari
|
Tanggal
|
Kegiatan
|
1
|
Rabu
|
1
Februari 2017
|
Penyerahan
Kepada Dinas UPTD
|
2
|
Kamis
|
2
Februari 2017
|
Orientasi
Lingkungan
|
3
|
Jumat
|
3
Februari 2017
|
Gotong
Royong Bersama Pegawai UPTD
|
4
|
Sabtu
|
4
Februari 2017
|
Dari
Fishing Base Menuju Fishing Ground
|
5
|
Minggu
|
5
Februari 2017
|
Dalam
Perjalanan Menuju Fishing Ground
|
6
|
Senin
|
6
Februari 2017
|
Setting
Houling
|
7
|
Selasa
|
7
Februari 2017
|
Setting
Houling
|
8
|
Rabu
|
8
Februari 2017
|
Gagal
Setting (tidak ada ikan)
|
9
|
Kamis
|
9
Februari 2017
|
Gagal
Setting (tidak ada ikan)
|
10
|
Jumat
|
10
Februari 2017
|
Setting
Houling
|
11
|
Sabtu
|
11
Februari 2017
|
Setting
Houling
|
12
|
Minggu
|
11
Februari 2017
|
Setting
Houling
|
13
|
Senin
|
13
Februari 2017
|
Menuju
Fishing Base (pulang)
|
14
|
Selasa
|
14
Februari 2017
|
Pembongkaran
Ikan
|
15
|
Rabu
|
15
Februari 2017
|
Pembagian
Hasil Tangkapan
|
16
|
Kamis
|
16
Februari 2017
|
Syahbandar
|
17
|
Jumat
|
17
Februari 2017
|
Syahbandar
dan Syahbandar
|
18
|
Sabtu
|
18
Februari 2017
|
Libur
|
19
|
Minggu
|
19
Februari 2017
|
Libur
|
20
|
Senin
|
20
Februari 2017
|
Setting
houling (one day Fishing)
|
21
|
Selasa
|
21
Februari 2017
|
Setting
houling (one day Fishing)
|
22
|
Rabu
|
22
Februari 2017
|
Syahbandar
|
23
|
Kamis
|
23
Februari 2017
|
Syahbandar
|
24
|
Jumat
|
24
Februari 2017
|
Syahbandar
dan Syahbandar
|
25
|
Sabtu
|
25
Februari 2017
|
Libur
|
26
|
Minggu
|
26
Februari 2017
|
Libur
|
27
|
Senin
|
27
Februari 2017
|
Syahbandar
|
28
|
Selasa
|
28
Februari 2017
|
|
29
|
Rabu
|
1
Maret 2017
|
|
30
|
Kamis
|
2
Maret 2017
|
Seminar
di kantor UPTD Pelabuhan Lampulo
|
31
|
Jumat
|
3
Maret 2017
|
|
32
|
Sabtu
|
4
Maret 2017
|
|
33
|
Minggu
|
5
Maret 2017
|
|
34
|
Senin
|
6
Maret 2017
|
Perpisahan
serta Penjemputan
|
Sertifikat Kelaikan dan Pengawakan Kapal Penangkapan Ikan
Surat Kapal Penangkapan Ikan
Memperbaiki
jaring koyak
Salah
satu hasil tangkapan ikan
Perpisahan
dengan pegawai dinas UPTD Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo
Kota
Banda Aceh
No comments:
Post a Comment