Text Widget

ads
Responsive Ads Here

PENGOPERASIAN ALAT TANGKAP PURSE SEINE DENGAN KM.HIDAYAT-2000

PENGOPERASIAN ALAT TANGKAP PURSE SEINE
DENGAN KM.HIDAYAT-2000 DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) LAMPULO BANDA ACEH







Laporan Praktek Kerja Lapangan






MUQTAMAR EFFENDI
13160033









PROGRAM STUDI PEMANFAATAN SUMBERDAYA PERIKANAN
FAKULTAS PERIKANAN
UNIVERSITAS ABULYATAMA
ACEH BESAR

2017



LEMBAR PENGESAHAN

Judul Praktek      : Pengoperasional Alat Tangkap Purse Seine Dengan Kapal KM.HIDAYAT-2000
Nama                   : Muqtamar Effendi
Nim                     : 13160033
Program Studi     : Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
           

Menyetujui
Pembimbing Lapangan,                                                          Pembimbing PKL,


Furkan, S.Pi, M.Si                                                                Muklis, S.Pi, M.Si
NIP: 19690729 200701 1006                                                 NIP: 19790917 200112 1005


Mengetahui:



                                                              Aliman Selian, S.Pi, M.Si
  NIP:19750210 200312 1 005





KATA PENGANTAR
            Alhamdulillah, puji dan syukur kepada ALLAH SWT atas berkat dan rahmat hidayah-Nya sehingga diberikan kemudahan dalam menyelesaikan tugas laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang telah saya jalani. Dalam penyusunan laporan praktek kerja lapangan ini merupakan salah satu syarat akademik Fakultas Perikanan Universitas Abulyatama Aceh untuk lulus mata kuliah Praktek Kerja Lapangan (PKL) untuk menempuh gelar Sarjana (S1).
Dengan terselesaikannya laporan praktek kerja lapangan (PKL) tidak lepas peran serta berbagai pihak yang telah memberikan banyak bantuan sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan dengan sebaik-baiknya dengan segala kerendahan hati penulis menyadari bahwa laporan praktek kerja lapangan ini masih banyak kekurangan, tetapi penulis berusaha memperbaiki dan menyajikan sebuah laporan praktek kerja lapangan yang baik sehingga dapat berguna bagi penulis maupun pembeca.
Penulis menyadari bahwa terselesaikan sebuah laporan praktek kerja lapangan ini berkat berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Untuk itu izinkan penulis mengucapkan terimakasih kepada:
1.            Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, serta Nabi Muhammad SAW.
2.            Kedua orang tua yang telah mendukung dan member motivasi dalam pelaksaan praktek kerja lapangan.
3.            Bapak Azwar Thayib, M.Si, selaku Dekan Fakultas Perikanan Universitas Abulyatama Aceh.
4.            Bapak Aliman Seliya, M.Si, selaku ketua program studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan yang telah membantu  memberikan kemudahan kepada penulis untuk menyelesaikan Praktek Kerja Lapangan 2017,
5.            Bapak Furqan, M.Si, selaku pembimbing lapangan yang telah memberikan bimbingan dengan baik dalam hal kegiatan praktek kerja lapangan sehingga penulis dapat menyelesaikan kegiatan praktek kerja lapangan dengan baik.
6.            Bapak Mukhlis, M.Si, selaku dosen pembimbing laporan sehingga laporan praktek kerja lapangan dapat terselesaikan.
7.            Kepada seluruh staff / pegawai dinas UPTD Lampulo yang telah  menerima dan menempatkan penulis untuk melaksanakan praktikum kerja lapangan di PPS Lampulo Banda Aceh.
Semoga dengan tersusunnya laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca. Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini jauh dari kata sempurna. Untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun supaya menjadi lebih baik di masa mendatang.
Akhirnya penulis mengucapkan terimakasih atas segala dukungan, arahan, bimbingan dan bantuan dari pihak-pihak terkait sehingga laporan ini dapat tersusun dengan baik.

Aceh Besar, 9 April 2017
                                                                                                                                                                         Penulis
                                                                                                                                                                                     Muqtamar Effendi                                                                                 13160033



 DAFTAR ISI
                                                                                               Halaman
  
DAFTAR TABEL .............................................................................................  i
DAFTAR GAMBAR ......................................................................................... ii
DAFTAR LAMPIRAN ..................................................................................... iv
BAB I PENDAHULUAN ..................................................................................  1
1.1         Latar Belakang............................................................................................. 1
1.2         Tujuan PKL.................................................................................................  2
1.3         Manfaat PKL...............................................................................................  3
BAB II PROFIL UMUM LOKASI...................................................................  4
2.1         Dasar Hukum PPS Lampulo........................................................................ 4
2.2         Letak Geografis...........................................................................................  4
2.3         Potensi Wilayah...........................................................................................  5
2.3.1     Aspek Sosial Budaya.......................................................................  5
2.3.2     Aspek Teknis....................................................................................  6
2.3.3     Aspek Ekonomi................................................................................  6
BAB III KAPAL DAN ALAT TANGKAP PURSE SEINE............................. 7
3.1         Kapal Perikanan........................................................................................... 7
3.2         Alat Bantu Navigasi....................................................................................  9
3.3         Alat Bantu Penangkapan............................................................................. 12
3.4         Alat Tangkap Purse Seine............................................................................ 16
3.5         Sejarah Pengembangan Alat Tangkap Purse Seine...................................... 17
3.6         Sejarah Purse Seine Di Indonesia................................................................ 18
3.7         Konstruksi Alat Tangkap Purse Seine......................................................... 18
3.7.1        Bagian Jaring.................................................................................. 19
3.7.2        Tali-Temali...................................................................................... 22
3.7.3        Perlengkapan Bahan Alat tangkap Purse Seine.............................. 25
BAB IV PELAKSANAAN.................................................................................. 29
4.1         Waktu dan Tempat......................................................................................   29
4.2         Perkenalan Lingkungan Lokasi (Orientasi).................................................. 29
4.3         Pengenalan Kapal KM.HIDAYAT-2000....................................................    29
4.4         Persiapan...................................................................................................... 30
4.4.1        Persiapan Kapal.............................................................................. 30
4.4.2        Persiapan Administrasi................................................................... 30
4.4.3        Persiapan Ransum Makanan........................................................... 30
4.4.4        Persiapan Air Tawar........................................................................ 32
4.4.5        Persiapan Es Balok......................................................................... 32
4.4.6        Persiapan BBM dan Pelumas.......................................................... 32
4.4.7        Persiapan Alat Tangkap.................................................................. 32
4.5        Daerah Penangkapan Ikan (Fishing Ground)............................................... 33
4.6        Pengoperasian Alat Tangkap........................................................................ 34
4.6.1        Setting............................................................................................. 34
4.6.2        Houling........................................................................................... 35
4.6.3        Penanganan Hasil Tangkapan Ikan................................................. 36
4.7        Pembongkaran Ikan...................................................................................... 37
4.8        Pemasaran Ikan............................................................................................ 37
4.9        Hasil Tangkapan .......................................................................................... 38
BAB V MASALAH DAN PEMECAHAN.......................................................   41
5.1         Masalah........................................................................................................ 41
5.2         Pemecahan................................................................................................... 42
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN...........................................................   43
6.1        Kesimpulan .................................................................................................. 43
6.2        Saran ............................................................................................................ 44
DAFTAR PUSTAKA ........................................................................................   45
LAMPIRAN........................................................................................................   47


 DAFTAR TABEL
                                                                                                                      Halaman 

1.               Rincian Kebutuhan Bahan Jaring (webbing)............................................... 22
2.               Rincian Kebutuhan Tali-temali.................................................................... 25
3.               Rincian Kebutuhan Pelengkap..................................................................... 27
4.               Rincian Persiapan Ransum Makanan........................................................... 30
5.               Rincian Persiapan Bahan Bakar Minyak dan Pelumas................................. 31



DAFTAR GAMBAR

Halaman 

1.               Letak geografis PPS Lampulo...................................................................... 5
2.               Kapal KM.HIDAYAT-2000........................................................................  8
3.               Global Position System (GPS)..................................................................... 9
4.               Echosounder................................................................................................ 10
5.               Kompas....................................................................................................... 11
6.               Radio Komunikasi....................................................................................... 11
7.               Tiang Lewang.............................................................................................  12
8.               Kapstan....................................................................................................... 13
9.               Roller........................................................................................................... 13
10.           Sekoci.......................................................................................................... 14
11.           Lampu.......................................................................................................... 14
12.           Serok........................................................................................................... 15
13.           Mesin Generator........................................................................................... 15
14.           Mesin Generator Pada Sekoci...................................................................... 16
15.           Konstruksi Purse Seine................................................................................. 19
16.           Jaring Sayap................................................................................................. 20
17.           Jaring Badan (jarring bagian tengah)........................................................... 20
18.           Jaring Kantong............................................................................................. 21
19.           Jaring Selvadge (serampat)........................................................................... 22
20.           Tali Pelampung............................................................................................. 22
21.           Tali Ris Atas................................................................................................. 23
22.           Tali Ris Bawah............................................................................................. 23
23.           Tali Pemberat............................................................................................... 24
24.           Tali Cincin.................................................................................................... 24
25.           Tali Kolor..................................................................................................... 25
26.           Pemberat (sinker)......................................................................................... 26
27.           Pelampung (buoy)......................................................................................... 27
28.           Cincin (ring).................................................................................................. 27
29.           Tuna Sirip Kuning......................................................................................... 39
30.           Tongkol........................................................................................................ 39
31.           Ikan Kuning.................................................................................................. 39
32.           Cumi-cumi.................................................................................................... 40
33.           Lemuru......................................................................................................... 40
34.           Cakalang...................................................................................................... 40

  
DAFTAR LAMPIRAN

Halaman 

1.               Jadwal Kegiatan Selama PKL..................................................................... 47
2.               Peta daerah Penangkapan Ikan.................................................................... 49
3.               Koordinat Daerah Penangkapan (Fishing Ground)....................................... 50
4.               Persiapan dokumen sebelum kapal berlayar................................................. 51
5.               Bagan Organisasi Dan Tata Kerja UPTD Pelabuhan Perikanan  Lampulo Dilingkungan Dinas Kelautan Dan Perikanan.................................................................................................... 53
6.               Dokumentasi Penulis Selama Kegiatan PKL dilaut................................... 54
Perbaikan Jaring Koyak.............................................................................. 54
Splecing Tali Rumpon.................................................................................. 54
Salah Satu Hasil Tangkapan Ikan................................................................. 55
Berangkat Menujua Fishing Ground............................................................. 55
Perpisahan dengan pegawai dinas UPTD Pelabuhan Perikanan SamuderPPS) Lampulo Kota Banda Aceh............................................................................................. 56


 BAB I
PENDAHULUAN
1.1             1.1    Latar Belakang
Usaha penangkapan ikan di Indonesia  sangat berkembang pesat, tidak lagi terbatas sebagai usaha peningkatan pendapatan rumah tangga, tetapi merupakan usaha industri penangkapan ikan yang berorientasi pada peningkatan pendapatan devisa negara.  Sektor perikanan termasuk salah satu sektor penentu masa depan bangsa Indonesia, hal ini cukup beralasan mengingat Indonesia mempunyai perairan luas dengan potensi sumberdaya perikanan yang sangat besar dan telah banyak memberikan kontribusi yang begitu besar terhadap peningkatan devisa negara dari tahun ketahun.
Indonesia mempunyai perairan laut seluas 5,8 juta km² yang terdiri dari perairan kepulauan dan teritorial seluas 3,1 juta km² serta perairan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI) seluas 2,7juta km² dengan potensi lestari sumber daya ikan sebesar 6,4 juta ton/tahun. Sumber daya ikan ini pada kenyataannya tidak tersebar merata di seluruh perairan Indonesia. Hal tersebut antara lain dikarenakan perbedaan kondisi lingkungan perairan dan perbedaan tingkat pemanfaatan sumber daya ikan di beberapa wilayah.
Provinsi Aceh memiliki potensi perikanan dan kelautan yang sangat besar. Dengan dikelilingi Samudera Indonesia di wilayah Barat-Selatan Aceh, dan Selat Malaka serta perairan Andaman di wilayah Utara-Timur Aceh, dengan panjang garis pantai 2.666,27 Km. Sedangkan luar perairannya mencapai 295.370 Km persegi, yang terdiri dari perairan teritorial dan kepulauan 56.563 Km persegi, serta perairan zona ekonomi eksklusif (ZEE) 238.807 Km persegi. Potensi lestari diperkirakan 272,7 ton/tahun, jumlah kapal penangkapan ikan 16.701 unit dan jumlah nelayan 64.466 orang. Potensi tersebut sepenuhnya dapat dimanfaatkan dengan optimal, hal ini dapat dilihat pada Sumber daya laut yang sangat potensial mendorong untuk melakukan suatu pemanfaatan dan pengolahan yang efektif. Munculnya alat penangkapan ikan merupakan suatu bentuk pemanfaatan sumber daya laut yang digunakan.
Purse seine merupakan alat penangkapan yang penting baik untuk perikanan pantai maupun perikanan lepas pantai dengan tujuan penangkapan adalah ikan-ikan yang tingkah lakunya antara lain membentuk shoal (gerombolan), dan berada dekat dengan permukaan air (sea surface), (Ayodhyoa, 1976 dalam Sudirman dan Mallawa 2004).
Purse seine (pukat cincin) digunakan pada untuk menangkap ikan yang bergerombol (schooling)di permukaan laut. Ikan yang tertangkap dengan alat penangkapan purse seine adalah jenis-jenis ikan pelagis pelagis besar yang hidupnya bergerombol ikan dencis, cakalang dan ikan-ikan lain yang jenis pelagis besar. Ikan tersebut tertangkap oleh purse seine karena gerombolan ikan tersebut dikurung oleh jaring yang telah membentuk kantong. Jenis ikan tersebut dapat ditangkap di perairan Indonesia.
Purse seine banyak dimiliki oleh pengusaha penangkapan ikan dan menjadi tulang punggung alat penangkap ikan. Ditinjau dari jumlah alat dan kapasitas hasil tangkapan, purse seine sangat dominan posisinya. Hampir 90% ikan yang dipasok di TPI PPS Lampulo Banda Aceh dihasilkan oleh alat tangkap ini, dengan demikian kedudukan alat tangkap ini penting dalam sistem produksi perikanan laut. Karena perikanan laut merupakan peranan penting dalam memajukan ekonomi daerah, maka kegiatan rantai nilai (valuechain) yang berkaitan dengan perikanan laut semakin berkembang. Komoditi ikan laut yang dilelang di Pelabuhan Perikanan Samudra Lampulo Banda Aceh didistribusikan ke berbagai daerah di Provinsi Aceh.
1.2              1.2    Tujuan PKL
Adapun tujuan melakukan PKL adalah sebagai berikut :
1.            Untuk membandingkan teori yang dapat di kuliah dengan praktek langsung kelapangan tentang operasi alat tangkap purse seine ;
2.            Untuk menentukan daerah penangkapan yang ekonomis dan mengguntungkan ;
3.            Untuk mengetahui alat bantu apa saja yang di pakai dalam penangkapan  ikan mengunakan Purse Seine.
4.            Untuk mengetahui cara pengoperasian alat tangkap purse seine;
5.            Sebagai salah satu syarat untuk lulus di mata kuliah praktek kerja lapangan;
1.3              1.3      Manfaat PKL
Manfaat praktek kerja lapangan adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta memahami permasalahan yang timbul dalam teknik pengoperasional alat tangkap purse seine sehingga diharapkan mampu dalam hal melakukan pengoperasian alat tangkap dilapangan dan menguasai dalam bidang teori.  Serta mampu mengatasi permasalahan yang timbul dan juga dapat menambah informasi lebih lanjut tentang pengoperasional alat tangkap purse seine.
Manfaat lainnya adalah untuk mengembangkan dan melestarikan perikanan tangkap. Dengan adanya praktek kerja lapangan, selain untu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dilapangan juga bisa merubah sikap dan perilaku yang tidak baik kearah yang lebih baik dan menjurus, dan dapat memahami prinsip kerja operasional penangkapan ikan dengan alat tangkap purse seine di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo Kabupaten Banda Aceh Provinsi Aceh.


BAB II
PROFIL UMUM LOKASI
2.1       Dasar Hukum PPS Lampulo
Pelabuhan Perikanan Lampulo pada awalnya adalah Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Direktorat Jendral Perikanan Tangkap. Departemen Kelautan dan Perikanan. Sejalan dengan semangat Otonomi Daerah dan bergulirnya Roda Reformasi di Indonesia, maka Gubernur Provinsi Aceh menyampaikan Suratnya Nomor: PEG-800/4588. Tanggal 01 Desember 2000, mengusulkan pengalihan aset Pelabuhan Perikanan Lampulo ke Provinsi Aceh. Kemudian Surat Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor: KEP.18/MEN/J/2001, tanggal 12 Maret 2001, yang ditindak lanjuti oleh Sekretaris Jendral Departemen Kelautan dan Perikanan Nomor: B-475/SJ/DKP/III/201,tanggal 14 Maret 2001, maka beralihlah pengelolaan UPT Pelabuhan Perikanan Lampulo dari Direktorat Jendral Perikanan Tangkap/DKP Jakarta ke Pemerintah Provinsi Aceh, dan resmi menjadi UPTD Pelabuhan Perikanan Lampulo dibawah Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Aceh pada tanggal 12 April 2003 sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Provinsi Aceh Nomor: 06 Tahun 2003 tentang pembentukan UPTD Pelabuhan Perikanan Lampulo dan SK Gubernur No.27 Tahun 2009 tentang susunan organisasi.
2.2       Letak Geografis PPS Lampulo
Posisi geografis Kota Banda Aceh yang berada di ujung Barat Pulau Sumatera, dan berhadapan langsung dengan jalur pelayaran internasional yaitu Samudera Hindia dan Selat Malaka, dapat menjadi faktor penting dalam mendukung pengembangan Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo menjadi pelabuhan perikanan bertaraf internasional dan sebagai Outer Ring Fishing Port Development (ORFPoD). PPS ini dirintis pembangunannya sejak tahun 2003 dengan studi kelayakan untuk relokasi. Pembangunannya dimulai sejak tahun 2006 dan dilakukan setiap tahun secara bertahap hingga kini dengan cakupan pekerjaan mulai dari pembebasan lahan, penyusunan DED (Detail Engineering Design), Amdal, hingga konstruksi TPI, kolam dan dermaga.
PPS Lampulo Banda Aceh terletak pada posisi geografis 05°57’63’’ LU dan 95°32’30’’ BT dengan tinggi daratan rata-rata 0,80 meter dari permukaan air laut. Secara tata kelola operasional merupakan salah satu UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) yang berada dibawah Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh (Peraturan Gubernur NAD Nomor 27 Tahun 2009).
Gambar 1. Letak geografis PPS Lampulo
            Jarak Lokasi Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo terhadap beberapa Lokasi pusat :
·         Ibu kota Provinsi         : ± 3,5 Km
·         Ibu kota Banda Aceh  : ± 4 Km
·         Ibu kota Kecamatan    : ± 2,4 Km
·         Bandar Udara SIM     : ± 17,5 Km
·         Pelabuhan                    :
ü  Pelabuhan penyebrangan Ulee Lheue       : ± 6 Km
ü  Pelabuhan Malahayati-Krueng Raya        : ± 25 Km
·         Terminal bus Antar Provinsi : ± 6,5 Km

2.3       2.3 Potensi Wilayah  
Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo berada tidak jauh dari kota Banda Aceh. Jika ditinjau dari potensi wilayah sudah sangat strategis dilihat dari beberapa aspek sebagai berikut :
2.3.1    Aspek Sosial Budaya
            Dari segi sosial budaya usaha perikanan di Pelabuhan Perikanan Lampulo berjalan lancar, ini disebabkan dengan adanya dukungan masyarakat yang menjadi tenaga kerja di perusahaan – perusahaan perikanan maupun pada kapal – kapal perikanan yang beraktifitas di wilayah Pelabuhan Perikanan Samudera Lampulo. karena diterima dengan baik oleh masyarakat sekitar tempat pengoprasian alat tangkap purse seine. Hubungan antara kapal dengan masyarakat nelayan sangat baik dikarenakan sebagian besar nelayan biasa juga memamfaatkan. Rumpon sebagai tempat menangkap ikan seperti memancing dan sebagainya.
2.3.2    Aspek Teknis
            Pada Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS), dimana pada area PPS tersebut terdapat banyak perusahaan perikanan yang mendukung kegiatan perikanan di wilayah sekitar kota Banda Aceh, serta terdapat beberapa fasilitas yang sangat mendukung berdirinya perusahaan seperti Syahbandar perikanan, mess nelayan, tokoh penyedia kebutuhan logistik, benkel, kantor pos, sarana olahraga, dan sarana pendukung lainnya.
2.3.3    Aspek Ekonomi
            Potensi Perikanan di Kota Banda Aceh meliputi perikanan laut (perairan) dan perikanan darat (tambak dan kolam), selain itu terdapat banyak Perusahaan baik yang bergerak dibidang perikanan maupun usaha pendukung dibidang perikanan, serta banyaknya kapal – kapal perikanan yang melakukan aktifitas di wilayah Kendari sehingga banyak menyerap tenaga kerja.                       

BAB III
KAPAL DAN ALAT TANGKAP PURSE SEINE
3.1       Kapal Perikanan
            Kapal perikanan didefinisikan sebagai kapal atau perahu atau alat apung lainnya yang digunakan untuk melakukan kegiatan penangkapan ikan termasuk melakukan survei atau eksplorasi perikanan.  Kapal penangkap ikan adalah kapal yang secara khusus dipergunakan untuk menangkap ikan termasuk menampung, menyimpan, mendinginkan atau mengawetkan.  Kapal pengangkut ikan adalah kapal yang secara khusus dipergunakan untuk mengangkut ikan termasuk memuat, menampung menyimpan, mendinginkan atau mengawetkan.  Berdasarkan defenisi-definisi tersebut di atas, maka dapat diketahui bahwa kapal ikan sangat beragam dari kekhususan penggunaannya hingga ukurannya.  Kapal-kapal ikan tersebut terdiri dari kapal atau perahu berukuran kecil berupa perahu sampan (perahu tanpa motor) yang digerakkan dengan tenaga dayung atau layar, perahu motor tempel yang terbuat dari kayu hingga pada kapal ikan berukuran besar yang terbuat dari kayu,  fibre glass maupun besi baja dengan tenaga penggerak mesin diesel.  Jenis dan bentuk kapal ikan ini berbeda sesuai dengan tujuan usaha, keadaan perairan, daerah penangkapan ikan (fishing ground) dan lain-lain, sehingga menyebabkan ukuran kapal yang berbeda pula (Purbayanto et al, 2004).
            Salah satu kapal yang penulis ikut berlayar dan melakukan operasional pada saat mengikuti praktek kerja lapangan adalah kapal purse seine. Kapal Purse seine adalah kapal yang digunakan untuk menangkap ikan dengan menggunakan alat tangkap jaring yang dilngkarkan (purse seine). Pada setiap jenis ikan penangkapan ikan pasti akan ada perbendaan, baik dari segi bentuk maupun dari segi alat bantu yang digunakan. Contoh yang paling umum yang mudah untuk kita ketahui kapal purse seine yaitu menggunakan tiang lewang. Kapal purse seine di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo terbuat dari kayu dengan ukuran yang berbeda-beda. Baik dari gross tone maupun segi ukuran.
Adapun penulis telah melakukan Praktikum pada salah satu kapal purse seine yang ada Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo yaitu dengan kapal KM.HIDAYAT-2000. Adapun bentuk,  ukuran dan identidas kapal KM.HIDAYAT-2000 adalah sebagai berikut:
Nama kapal                 : KM.HIDAYAT-2000
Nama perusahaan        : H.Ridwan Sulaiman
Tanda selar                  : GT.41 No.163/QQM
Berat kotor (GT)         : 41
Berat Bersih (NT)       : 13
Main engine                : a.   Merek      : Mistubihi
                                      b.   No.seri     : 6646733
                                      c.   Kekuatan : 160 PK
Asal kapal                   : Sigli
Negara asal                  : Indonesia
Komposisi ABK         : 20 orang
Panjang kapal              : 19.64 meter
Lebar kapal                 : 6 meter
Dalam kapal                : 1.75 meter
Fishing ground            :  < 4 mil laut aceh
Pelabuhan pangkalan  : Pidie dan PPS Lampulo
Jenis alat tangkap        : Purse seine
Gambar2. Kapal KM.HIDAYAT-2000

3.2       Alat Bantu Navigasi
Dalam hal navigasi juga membutuhkan alat bantu untuk memperlancarkan dalam hal berlayar dan juga penangkapan. Beberapa alat bantu navigasi yaitu:

3.2.1        GPS (Global Position System)
            GPS (Global Position System) adalah sistem navigasi dengan  menggunakan 24 satelit ( 21 buah satelit ditambah 3 buah satelit cadangan) yang mengorbit setiap 11 jam 58 menit. Bila seluruh satelit  berada diorbit, maka posisi kapal dapat diketahui secara akurat  dipermukaan bumi selama 24 jam sehari. Koden (1993).
            GPS merupakan salah satu alat navigasi yang berfungsi untuk menentukan posisi lintang dan bujur suatu benda (kapal) di permukaan bumi, serta dapat dipergunakan untuk mengetahui arah haluan kapal dan kecepatan kapal. dan juga dapat menunjuk arah keberadaan rumpon yang telah direkam oleg GPS. Sehingga nelayan dengan mudah menemukan rumpon disuatu area tertentu.
Gambar.3 Global position system (GPS)
3.2.2        Echosounder
            Echosounder Adalah Suatu alat navigasi elektronik dengan menggunakan system gema yang dipasang pada dasar kapal. pada umumnya echosounder berfungsi untuk mengukur kedalaman perairan, mengetahui bentuk dasar suatu perairan dan untuk mendeteksi gerombolan ikan dibagian bawah kapal secara vertical. Tetapi nelayan daerah aceh khususnya nelayan Lampulo Kota Banda Aceh echosounder digunakan untuk mendeteksi keberadaan ikan dibawah kapal. Sehingga oleh nelayan lebih mudah untuk melihat ada atau tidaknya ikan dibawah permukaan air untuk ditangkap.
Gambar 4. Echosounder
3.2.3        Kompas
            Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. Lebih spesifiknya fungsi kompas berfungsi untuk menentukan atau mengetahui arah dan besaran derajat suatu daerah. Juga untuk mengetahui lokasi suatu medan berdasarkan peta.
            Pada kapal KM.HIDAYAT-2000 menggunakan jenis kompas magnit basah. Kompas magnit basah ialah kompas yang berisi larutan alcohol 30% dan air suling 70%. Kegunaan cairan tersebut untuk peredam goncangan. Syarat dari kompas magnit basah adalah bahan harus bebas dari besi, artinya harus aluminium.
Gambar 5. Kompas
3.2.4        Radio Komunikasi
            Radio adalah sebagai alat komunikasi yang digunakan untuk berhubungan antara awak kapal dengan awak kapal lain. Dikapal para nahkoda saling memberikan informasi dengan nahkoda yang berada pada kapal lain. Di kapal penangkapan para nahkoda saling member informasi tentang area penangkapan atau fising ground.
Gambar 6. Radio komunikasi
   
3.3       Alat bantu Penangkapan Ikan
Adapun beberapa alat bantu penangkapan yang digunakan pada kapal urse seine KM.HIDAYAT-2000 yaitu:
3.3.1        Tiang Lewang
Tiang lewang berfungsi sebagai tempat tumpuan untuk mengangkat segala benda dikapal yang tak mampu diangkat oleh awak kapal. misal pengangkatan hasil tangkapan ke atas kapal dan penurunan sekoci juga diangkat yang ditarik menggunakan kapstan dan tiang lewang menjadi sebagai tumpuannya.
Gambar 7. Tiang lewang
3.3.2        Kapstan
Kapstan pada kapal purse seine digunakan untuk menarik tali kolor (tali kerut) pada saat melakukan houling (penarikan jarring) agar jaring terbentuk sebuah kantong. Disamping itu kapstan juga berfungsi pula untuk hal-hal lain seperti pengangkatan ikan dari jaring ke atas kapal menggunakan serok (Brailling). Kapstan terdapat dua buah yang terdapat sebelah kiri dan kanan yang terletak didepan ruang mesin tepatnya dibelakang tiang lewang.
Gambar 8. kapstan
3.3.3        Roller
Roller adalah alat yang berfungsi untuk mengatur arah tali kolor ke kapstan ketika proses houling berlangsung sehingga tali kolor mudah pada saat digiling dengna kapstan. Roller dipasang dua buah dibagian depan kapal sebelah tengah dekat haluan kapal. Roller terbuat dari bahan besi dan dilapisi baja.
Gambar 9. Roller
3.3.4        Sekoci
Sekoci lampu yang merupakan kapal kecil yang menggunakan mesin temple yang terdapat lampu-lampu warna hijau dan merah. Fungsi dari sekoci lampu adalah untuk menarik perhatian gerombolan ikan pada sekoci dengan dibantu oleh cahaya lampu dan rumpon kecil pada sekoci tersebut. Sehingga kapal dapat melingkari jaring.
Gambar 10. Sekoci
3.3.5        Lampu
Lampu pada kapal adalah lampu yang paling utama dilakukan untuk menarik perhatian ikan-ikan. Dimana cahaya yang pada lampu kapal akan menghasilkan perangsang atau penarik perhatian gerombolan ikan (schooling) yang bersifat phototaxis positif (tertarik pada cahaya) sehingga gerombolan ikan akan berkumpul dibawah cahaya lampu.
Gambar 11. Lampu
3.3.6        Serok
Serok adalah sebuah alat bantu penangkapan yang terdapat pada kapal purse seine yang berfungsi sebagai pengangkat hasil tangkapan ikan dari jaring ke atas kapal. serok terbuat dari besi putih dan gagang serok terbuat dari kayu. Mata jaring pada serok berukuran 1 Inch.
Gambar 12. Serok

3.3.7        Mesin Generator (Generator Engine)
Suatu instalasi mesin / unit penggerak generator atau pembangkit tenaga listrik, merupakan salah satu mesin bantu yang paling penting dikapal untuk menghasilkan tenaga / energi listrik. Agar lampu-lampu pada kapal dapat berfungsi atau hidup sehingga dapat untuk menarik perhatian pada gerombolan ikan yang bersifat phototaxis positif. Jenis mesin generator pada kapal KM.HIDAYAT-2000 menggunakan mesin Diesel.
Gambar 13. Mesin Generator
3.3.8        Mesin Generator Pada Sekoci
Pada skoci lampu juga membutuhkan mesin generator untuk dihubungkan ke lampu sehingga lampu-lampu pada sekoci yang dipasang disekeliling sekoci hingga dapat hidup. Mesin generator pada sekoci lebih kecil dibandingkan dengan generator pada kapal. hal ini dikarenakan lampu-lampu pada skoci tidak membutuhkan watt yang besar. Namun, untuk lampu yang dipasang dibawah air pada sekoci tidak menggunakan mesin generator. Tetapi menggunakan baterai.
Gambar 14. Mesin generator pada sekoci
3.3.9        Rumpon
Rumpon adalah sebagai alat bantu untuk menangkap ikan yang dipasang dilaut. Baik dilaut dangkal maupun dilaut dalam. Pemasangan rumpon tersebut bermaksud untu mengumpulkan gerombolan ikan (schooling) dibawah rumpon.sehingga ikan mudah untuk ditangkap. Maka, dengan menggunakan rumpon kegiatan penangkapan ikan akan menjadi lebih efektif dan efesien karena tidak lagi berburu ikan (dengan mengikuti ruayanya), tetapi cukup melakukan kegiatan penangkapan ikan disekitar rumpon tersebut.
Sebagai alat bantu penangkapan ikan, rumpon berfungsi untuk mengumpulkan kelompok-kelompok ikan pelagis kecil dan pelagis besar pada suatu area tertentu. Di daerah Aceh rumpon dikenal denga sebutas Tuasan atau Ie Tuah.
3.4            3.4     Alat Tangkap Purse Seine
    Alat tangkap purse seine merupakan alat tangkap yang dioperasikan dengan melingkari gerombolan ikandengan jaring seteh itu jaring pada bagian bawah dikerutkan, dengan demikian ikan-ikan akan terkurung dan berkumpul dibagian kantong (Ayodhya, 1981).
Menurut Subani dan Barus, (1989) menyatakan bahwa disebut pukat cincin karena alat tangkap ini dilengkapi dengan cincin’’ (purse line) atau tali’’ kerut’’ dilakukan didalamnya. Fungsi cincin dan tali kerut tersebut jaring yang semula tidak berkantong akan berbentuk kantong pada tiap akhir penangkapan.
          Pada dasarnya alat tangkap purse seine sama persis dengat alat tangkap gill net. Namun yang membedakan kedua alat tangkap tersebuat hanya pada teknik pengoperasian. Namun alat tangkap purse seine lebih efesien karena dilengkapi dengan ring (cincin), tali kolor, dan tali ring.yang berfungsi untuk mebuat alat tangkap terbentuk sebuah kantong saat operasional. Alat tangkap purse seine juga lebih unggul jika kita lihat dari segi hasil tangkapan.
            Purse seine terbagi dalam beberapa bentuk, yaitu :
a.       Persegi panjang
b.      Trapesium
c.       Kacamata (BH)
Di Indonesia alat tangkap purse seine hanya terdapat bentuk persegi panjang dan trapezium. Daerah sumatera khususnya daerah Aceh menggunakan purse seine yang berbentuk persegi panjang. Bentuk trapesium digunakan oleh kapal-kapal daerah pulau jawa. 
Alat ini digunakan untuk menangkap ikan pelagis yang biasa membentuk gerombolan yang padat dan sampai saat ini merupakan jenis alat penangkap ikan yang paling efektip dan efisien bagi penangkapan ikan pelagis. Dalam pengoperasiannya dapat dilakukan dengan mengejar gerombolan ikan, atau dengan menggunakan alat bantu pengumpul ikan berupa lampu atau rumpon.
Alat bantu pengumpul ikan berupa lampu digunakan pada waktu malam hari, sedangkan rumpon digunakan pada waktu siang hari. Pengoperasian yang lebih efektip dan efisien dengan menggunakan alat bantu pengumpul ikan tersebut dengan cara mengkombinasikan pemanfaatan rumpon dan lampu sekaligus.
3.5            3.5      Sejarah Perkembangan Purse Seine
Purse seine pertama kali dipatenkan atas nama Barent Velder dari Bergent, Norwegia pada tanggal 12 Maret 1858, Tahun 1860 alat tangkap ini diperkenalkan di seluruh Pantai Atlantik, Amerika Serikat terutama di perairan Rhode Island. Alat tangkap ini umumnya digunakan untuk menangkapn ikan menhaden (Brevortia Tyranus). Tahun 1870 bentuk purse seine diperkenalkan di Negara Skandivaria. Selanjutnya dari Skandivaria purse seine menjadi popular tahun 1880 di Norwegia, Swedia. Negara Denmark dan Jerman mengenal alat tangkap purse seine pada Tahun 1913. (Susanti dalam Hidayat, 2014).
Purse seine pertama kali di Indonesia diperkenalkan di pantai utara Jawa oleh Balai Penelitian Perikanan Laut (BPPL) pada Tahun 1970, kemudian diterapkan di Muncar dan berkembang pesat sampai sekarang. Pada awal pengembangannya di Muncar sempat menimbulakan konflik sosial antara nelayan tradisional nelayan pengusaha yang menggunakan purse seine. Namun akhirnya dapat diterima juga. Purse seine ini memang potensial dan produktivitas hasil tangkapannya tinggi. Dalam perkembangannya terus mengalami penyempurnaan tidak hanya bentuk (kontruksi) tetapi juga bahan dan perahu / kapal yang digunakan untuk usaha perikanannya. (fiqrin, 2010).
3.6           3.6      Sejarah Purse Seine di Indoneia
Purse seine, pertama kali diperkenalkan di pantai utara Jawa oleh BPPL (LPPL) pada tahun 1970 dalam rangka kerjasama dengan pengusaha perikanan di Batam (Bpk. Djajuri) dan berhasil dengan baik. Kemudian diaplikasikan di Muncar (1973 / 1974) dan berkembang pesat sampai sekarang. Pada awal pengembangannya di Muncar sempat menimbulakan konflik sosial antara nelayan tradisional nelayan pengusaha yang menggunakan purse seine. Namun akhirnya dapat diterima juga. Purse seine ini memang potensial dan produktivitas hasil tangkapannya tinggi. Dalam perkembangannya terus mengalami penyempurnaan tidak hanya bentuk (kontruksi) tetapi juga bahan dan perahu / kapal yang digunakan untuk usaha perikanannya.
3.7            3.7      Konstruksi Alat Tangkap Purse seine
Konstruksi alat tangkap purse seine pada kapal KM.HIDAYAT-2000 sama dengan umumnya alat tangkap purse seine daerah sumatera yaitu berbentuk empat persegi panjang. Konstruki alat tangkap purse seine secara umum terdiri dari jaring bagian sayap, badan, kantong dan jaring penguat, tali ris atas, tali ris bawah, tali pelampung, tali pemberat, cincin, tali cincin, tali pelimping dan tali kerut. Adapun konstruksi purse seine pada KM.HIDAYAT-2000 adalah sebagai berikut:
Gambar 15. Konstruksi purse seine
Keterangan:
a.          Sayap (wing)                                     e.   Tali ris atas                        i.    Pemberat
b.         Badan (webbing)                               f.    Tai ris bawah                     j.    Tali cincin
c.          Kantong (bunt)                                  g.   Tali kolor                          k.    Tali pelimping
d.         Serampat (Selvadge)                         h.   Pelampung (Buoy)            l.    Cincin (Ring)
            Berdasarkan konstruksinya, alat tangkap purse seine secara teknis memiliki bagian-bagian mulai dari jaring, tali-temali sampai kebutuhan alat tangkap purse seine. Adapun bagian-bagiannya sebagai berikut.
3.7.1        Bagian Jaring
1.            Sayap (wing)
         Jaring pada bagian sayap berfungsi sebagai penggiring gerombolan ikan kebagian badan jaring yang nantinya akan diteruskan oeh badan jaring kebagian kanntong. Bahan jaring bagian sayap terbuat dari benang poliyamide (PA) no.210 D/6 berwarna biru muda dengan ukuran mata jarring 3 Inch
16. Jaring Sayap
2.            Badan (Webbing)
         Badan jaring berfungsi sebaga penggiring geromboan ikan agar ikan berkumpul pada bagian akhir yaitu pada bagian kantong jaring. Bahan yang digunakan pada bagian badan jaring yaitu poliyamide (PA) no.210 D/9 berwarna biru muda dengan ukuran mata jaring 2 Inch.
Gambar 17. Jaring badan (jaring bagian tengah)
3.            Kantong (Bunt)
Sebenarnya pukat cincin merupakan jaring yang berbentuk empat persegi panjang dan tidak mempunyai kantong, tetapi pada jaring tersebut ada bagian sebagai tempat mengumpulkan atau mengonsentrasikan ikan yang tertangkap. Bagian ini merupakan bagian yang terpenting, pada beberapa tipe, terletak ditengah-tengah atau pada bagian akhir (ujung). Pada bagian tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga mempunyai ukuran benang yang lebih tebal dibandingkan bagian yang lain. Dibagian kantong harus menggunakan bahan yang kuat. Hal ini disebabkan karena pada bagian kantong tempat akhir terkumpulnya ikan tangkapan yang akan memberikan tekanan beban sehingga membutuhkan jaring kantong digunakan bahan yang lebih kuat dan tahan. Jaring kantong terbuat dari benang karet no.210 D/12 berwarna biru tua. Ukuran mata jaring bagian kantong 1 Inch.
 
Gambar 18. Jaring Kantong
4.            Serampat (Sevadge)
Bagian pinggir jaring yang dibuat dengan bahan benang lebih tebal dengan ukuran mata yang lebih besar atau sama sebagai penghubung jaring dengan tali ris dan berfungsi sebagai penguat atau untuk melindungi jarring bagian tepi/pinggiran jaring. Menurut letaknya disebut srampat atas, srampat bawah dan srampat samping. Selvadge terbuat menggunakan benang polyethylen (PE) no.380 D/91) berwarna hijau tua. Ukuran mata jaring pada serampat 3 Inch sebanyak 25 mata jaring kebawah untuk menghubungkan dari tali ris atas ke bagian jaring.
Gambar 19. Jaring Selvadge (serampat)
Tabel 1. Rincian Kebutuhan bahan jaring (webbing)
No
Nama Bagian dan Jenis Jaring
Ukuran mata jaring dan nomor benang
Bagian jaring
Jenis bahan
Ukuran mata jaring
Nomor benang
1
Selvadge atas
Polyethylene
3 Inch
380 D/91
2
Selvadge bawah
Polyethylene
3 Inch
380 D/91
3
Kantong
Tali Karet
1 Inch
210 D/12
4
Badan
Polyamide
2 Inch
210 D/9
5
Sayap
Polyamide
3 Inch
210 D/6

3.7.2        Tali-Temali
1.            Tali Pelampung (Float Line)
Tali pelampung merupakan tali yang digunakan untuk mengikan atau memasang pelampung pada alat tangkap purse seine. Tali pelampung terbuat dari bahan polyethylene (PE).
Gambar 20. Tali pelampung
2.            Tali Ris Atas
            Tali ris atas berfungsi sebagai tempat menggantungkan jaring bagian atas. Dan merupakan penghubung antara tali pelampung juga berfungsi sebagai tempat untuk mengikat pepetan tai pelampung.
Gambar 21. Tali ris atas
3.            Tali Ris Bawah
      Tali ris bawah berfungsi sebagai tempat untuk meleketkan tali pemberat dan juga pemberat agar konstruksi alat tangkap bagian bawak menjadi sempurna.
Gambar 22. Tali ris bawah
4.            Tali Pemberat
               Tali pemberat berfungsi untuk menempatkat/memasang pemberat yang satu dengan yang lain, serta berfungsi sebagai penghubung dengan jarring pada tepi bagian bawah.
Gambar 23. Tali pemberat
5.            Tali Cincin
Tali cincin yang dipergunakan untuk menggantungkan cincin (ring), tali ring ini kadang-kadang juga disebut dengan tali kang.bentuk tali cincin pada kapal KM.HIDAYAT-2000 adalah bentuk tali cincin tunggal. Tali cincin yang digunakan terbuat dari bahan kuralon.
Gambar 24. Tali cincin
6.            Tali Kolor
Untuk mengumpulkan ring atau jaring bagian bawah pada waktu operasi digunakan tali kolor yang ditarik setelah jaring dilingkarkan. Karena dengan terkumpulnya ring maka bagian bawah jaring akan terkumpul pula menjadi satu dan jaring akan berbentuk seperti kantong.
Ukuran tali kolor adalah merupakan ukuran yang terbesar di antara ukuran tali-tali yang lain pada alat tangkap purse seine. Hal ini karena tali kolor memerlukan kekuatan yang cukup besar bila dibandingkan dengan tali-tali yang lain. Oleh karena itu, pada purse seine yang besar kadang-kadang menggunakan tali kolor dari labrang (pintalan kawat baja).
Gambar 25. Tali kolor
Tabel 2. Rincian Kebutuhan tali-temali
No
Nama dan jenis bahan
Ukuran dan panjang tali
Nama tali
Bahan
Ukuran
Panjang (m)
1
Tali pelampung
Polyethylene
15 mm
1200 meter
2
Tali ris atas
Polyethylene
15 mm
1200 meter
3
Tali ris bawah
Polyethylene
15 mm
1200 meter
4
Tali pemberat
Polyethylene
15 mm
1200 meter
5
Tali cincin
Kuralon
15 mm
125 cm
6
Tali kolor
kuralon
45 mm
1500 meter

3.7.3        Perlengkapan Bahan Alat Purse Seine
1.            Pemberat
Agar jaring bagian bawah cepat tenggelam waktu dioperasikan, pada tali ris bawah perlu diberi pemberat. Pemberian pemberat tidak boleh terlalu berlebihan karena disamping merupakan pemborosan juga akan mengurangi daya apung dan membuat jaring terlalu tegang.
Bahan pemberat umumnya menggunakan timah atau timbal (timah hitam). Bila akan menggunakan bahan lain sebaiknya bahan pemberat adalah dari bahan yang tidak berkarat bila terkena pengaruh air laut dan mudah dibentuk serta harganya murah.
Gambar 26. Pemberat (sinker)
2.            Pelampung
            Peampung (buoy) berfungsi untuk mengapungkan jaring bagian atas. Ada beberapa fungsi pelampung pada purse seine yaitu:
a)      Sebagai pengapung untuk memberikan adanya daya apung pada alat secara keseluruhan jaring bagian atas yang dioperasikan dipermukaan air.
b)      Sebagai material pengapung untuk mempertahankan jaring pukat cincin agar selalu berada dipermukaan air.
c)      Sebagai tanda atau batas mengurung ikan pada saat operasi penangkapan ikan, sehingga ikan tidak dapat lolos melewati permukaan air.
Gambar 27. Pelampung (buoy)
3.            Cincin (Ring)
         Cincin pada alat tangkap purse seine berfungsi sebagai tempat lewatnya tali kolor pada saat melakukan houling. Cincin yang terletak tepat ditengah jaring. cincin terbuat dari bahan besi putih.

Gambar 28. Cincin (ring)
Tabel 3. Rincian Kebutuhan pelengkap
No
Nama dan jenis bahan
Ukuran  bahan
Jumlah
Nama
Bahan
Lebar
Panjang
1
Pelampung
Synthetic rubber
12 cm
18 cm
4200
2
Pemberat
Timah hitam
3.5 cm
7 cm
3600
3
Cincin
Besi putih
20 cm
20 cm
240



BAB IV
PELAKSANAAN
4.1       4.1       Waktu dan Tempat
Pelaksanaan Praktek Kerja Lapang (PKL) berlokasi di kompleks Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo. selama ± 1 bulan, mulai tanggal 1 Februari sampai dengan 1 Maret 2017 berlokasi di :
Kelurahan        :  Lampulo
Kecamatan      :  Kuta Alam
Kota Madya    : Banda Aceh
Provinsi           : Aceh
4         4.2              Perkenalan Lokasi (Orientasi)
Setelah penulis tiba dilokasi yaitu melakukan perkenalan dengan pegawai di kantor UPTD PPS Lampulo sekalian penyerahan kepada pembimbing lapangan untuk melakukan pengenalan lokasi dan fasilitas yang tersiapkan oleh Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo pada bagian seksi proses kegiatan dipelabuhan, dari pembongkaran ikan sampai pemasaran. Dan kemudian pembimbing lapangan memberikan informasi bagaimana untuk mempermudahkan proses berjalannya kegiatan-kegiatan pelaksanaan PKL dikapal maupun dikantor.
4.3              Pengenalan Kapal KM.HIDAYAT-2000
KM.HIDAYAT-2000 adalah kapal penangkapan ikan dengan menggunakan alat tangkap purse seine, Sepertikapal purse seine lainnya kapal KM.HIDAYAT-2000 memiliki memiliki alat-alat bantu penangkapan yang sesuai untuk kebutuhan operasional alat tangkap purse seine seperti tiang lewang, kapstan dan alat-alat bantu lainnya.


4.4             4.4      Persiapan
Ada beberapa persiapan yang dilakukan sebelum melakukan berlayar menuju fishing ground untuk melakukan pengoperasian penangkapan ikan yaitu:
           4.4.1        Persiapann Kapal
Kapal yang digunakan KM.HIDAYAT-2000 terlebih dahulu melakukan pengecekan keseluruhan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan sebagai contoh kapal bocor akibat kayu yang tidak layak pakai lagi. Maka dari itu harus dilakukan pengecekan seperti pengecekan body kapal dan hal-hal lain yang berhubungan dengan badan kapal.
           4.4.2        Persiapan Administrasi (Dokumen)
Sebelum melakukan berlayar kapal penangkapan ikan haruslah melengkapi dokumen-dokumen sebagai berikut:
1.         SPB (Surat Persetujuan Berlayar)
2.         SLO (Surat Laik Operasi)
3.         SKN ( Surat Kecakapan Nahkoda)
4.         SKM (Surat Kecakapan Masinis)
5.         SIPI (Surat Izin Penangkapan Ikan)
6.         SIUP ( Surat Izin Usaha Penangkapan Ikan)
7.         Pas Besar/Pas Kecil
8.         SKKP ( Sertifikat Kelayakan Kapal Penangkapan Ikan)
9.         Gros Akta
10.     Surat Ukur
           4.4.3        Persiapan Ransum Makanan
Bahan makanan adalah bahan yang paling penting dalam melakukan operasional penangkapan ikan selama berada di laut. Bahan makan telah siapkan oleh pihak perusahaan untuk awak kapal. adapun kebutuhan makanan yang disiapkan oleh pemilik kapal adalah sebagai berikut:

Tabel 4. Rincian persiapan ransum makanan
No
Ransum
Jumlah (Kg)
Kg/Krjg/Ppn/ Krds/ Tbg/ltr
Jumlah (Rp)
1
Beras
8 karung
Rp.135.000
Rp.1.080.000
2
Telur Ayam
2 papan
Rp.42.000
Rp.84.000
3
Indomie
1 kardus
Rp.70.000
Rp.70.000
4
Ikan Tongkol
1 keranjang
Rp.75.000
Rp.75.000
5
Bawang Merah
4 Kg
Rp.24.000
Rp.96.000
6
Bawang Putih
0,5 Kg
Rp.22.000
Rp.11.000
7
Jahe
0,5 Kg
Rp.12.000
Rp.6.000
8
Cabe Rawit
1 Kg
Rp.45.000
Rp.45.000
9
Cabe Hijau
2 Kg
Rp.26.000
Rp.52.000
10
Cabe Merah
4 Kg
Rp.30.000
Rp.120.000
11
Wortel
5 Kg
Rp.7.000
Rp.35.000
12
Minyak Goreng
30 liter
Rp.6000
Rp.360.000
13
Gas
5 tabung
Rp.135.000
Rp.675.000
14
Asam Belimbing
1 Kg
Rp.10.000
Rp.10.000
15
Sayur Bayam
10 ikat
Rp.1000
Rp.10.000
16
Jeruk Nipis
1 Kg
Rp.12.000
Rp.12.000
17
Tomat
3 Kg
Rp.10.000
Rp.30.000
18
Kunyit
0,5 Kg
Rp.4.000
Rp.2000
19
Cabe Keriting
1 Kg
Rp.38.000
Rp.38.000
20
Sawi
5 Ikat
Rp.2000
Rp.10.000
21
Kentang
3 Kg
Rp.12.000
Rp.36.000
22
Kopi Solong Bubuk
2 Kg
Rp.80.000
Rp.160.000
23
Teh Bubuk
2 Kg
Rp.106.000
Rp.106.000
24
Rokok Sampoerna Mild
1 Selop
Rp.20.000
Rp.200.000
25
Rokok U Mild
2 Selop
Rp.15.000
Rp.300.000
26
Rokok Gudang Garam
3 Selop
Rp.12.000
Rp.360.000
27
Rokok Panamas
1 Selop
Rp.15.000
Rp.150.000

4.4.4        Persiapan Air Tawar
Kebutuhan air tawar juga disediakan dari darat sebelum kapal berlayar. Air tawar juga salah satu kebutuhan yang sering digunakan selama dilaut. Semisal untuk kebutuhan masak dan minum, juga digunakan oleh awak kapal untuk membersihkan diri dari air laut setelah melakukan penarikan jaring keatas kapal (houling). Sekali pengisian air tawar sebelum kapal berlayar sebanyak 9 ton, 6 ton air tawar di isikan kedalam palkah ikan serta 3 ton di isikan kedalam drum khusus air tawar.
4.4.5        Persiapan Es balok
Es balok adalah yang paling terpenting dalam melakukan penanganan ikan hasil tangkapan. Tanpa ada es ikan yang telah tertangkap akan jadi sia-sia, hal itu dikarenakan ikan akan membusuk dalam waktu yang sangat cepat.maka itu es sangat dibutuhkan dalam melakukan penanganan ikan diatas kapal.
4.4.6        Persiapan BBM dan Pelumas
Bahan bakar minyak dan pelumas yang diperlukan selama operasi penangkapan ikan telah disiapkan oleh pemilik kapal, sehingga mesin seudah siap untuk dioperasi penggerak kapal dan awak kapal tinggal berangkat. Adapun bahan bakar minyak dan pelumas yang telah disiapkan berupa:
Tabel 4. Rincian persiapan bahan bakar minyak dan pelumas
No
BBM dan Pelumas
Jumlah (Liter)
Harga/Ltr
Harga (Rp)
1
Solar
5000 (25 drum)
Rp.5.150
Rp.25.750.000
2
Bensin
25
Rp.6.450
Rp.161.250
3
Oli
200
Rp.12.000
Rp.2.400.000

4.4.7        Persiapan Alat Tangkap
Alat tangkap harus disusun dengan baik, dengan susunan alat tangkap di lambung kanan. Terhadap bagian alat tangkap atau jaring yang rusak atau robek dilakukan perbaikan sebelum pengoperasian. Penyusunan alat tangkap yaitu meliputi penyusunan pelampung dibagian buritan, bagian jaring di sisi lambung kanan kapal serta penyusunan tali kerut disusun daerah dekat haluan kapal disebelah kiri lambung kapal. dan pengikatan cincin di bagian sisi lambung kanan depan. Adapun cara penyusunan yang dilakukan yaitu setiap cincin yang disusun dilambung kanan kapal maka terlebih dahulu ujung tali kerut dimasukkan cincin sampai cincin selesai. Bila semua proses penyusunan alat tangkapan selesai maka semua ABK istirahat sampai menunggu kapal melakukan setting.

4.5              4.5           Penentuan Daerah Penangkapan Ikan(Fishing Ground)
Daerah Penangkapan Ikan (Fishing Ground) adalah Suatu daerah perairan dimana ikan yang menjadi sasaran penangkapan tertangkap dalam jumlah yang maksimal dan alat tangkap dapat dioperasikan serta ekonomis. Suatu wilayah perairan laut dapat dikatakan sebagai “daerah penangkapan ikan” apabila terjadi interaksi antara sumberdaya ikan yang menjadi target penangkapan dengan teknologi penangkapan ikan yang digunakan untuk menangkap ikan. Hal ini dapat diterangkan bahwa walaupun pada suatu areal perairan terdapat sumberdaya ikan yang menjadi target penangkapan tetapi alat tangkap tidak dapat dioperasikan yang dikarenakan berbagai faktor, seperti antara lain keadaan cuaca, maka kawasan tersebut tidak dapat dikatakan sebagai daerah penangkapan ikan demikian pula jika terjadi sebaliknya.
Syarat-syarat fishing ground:
1.         Daerah penangkapan tersebut memiliki banyak gerombolan ikan;
2.         Daerah penangkapan ikan memiki kedalam melebihi dalam jaring purse seine;
3.         Tidak daerah jalur pelayaran kapal niaga ataupun kapal lain;
        Pada umumnya daerah penangkapan ikan (fishing grounds) dilakukan operasi dimana terdapat ada rumpon. Seperti pada kapal KM.HIDAYAT-2000 yang menjadi fishing ground adalah dimana rumpon diletakkan dan juga dengan cara melihat adanya kayu yang hanyut.


4.6           4.6                    Pengoperasian Alat tangkap Purse Seine
            Pengoperasian alat tangkap purse seine dilakukan dengan cara bertahap demi tahap sampai proses penanganan ikan. Adapun tahap-tahap operasionalnya sebagai berikut:
4.6.1        Setting (Penurunan Jaring)
Setting adalah suatu kegiatan dimana penurunan jaring (melingkari gerombolan ikan. Setting dilakukan dengan cara bertahap sampai jaring melingkari gerombolan ikan (schooling):
1.    Sebelum melakukan tindakan oleh nahkoda untuk menurunkan jaring, nahkoda terlebih dahulu melihat gorembolan ikan melalui echosounder (perum gema).
2.      Jika terlihat ada gerombolan ikan pada echosounder, nahkoda langsung mengambil tindakan untuk memerintahkan penurunan sekoci lampu terlebih dahulu.
3.      Kemudian awak lampu atau dikenal sebagai awak kapal yang ebrtugas pada sekoci lampu langsung mempersiapkan generator, lampu neon, dan baterai untuk dimasukkan kedalam sekoci, rumpon kecil dan kemudian sekoci diturunkan menggunakan kapstan dan tiang lewang sebagai tumpuan. Lalu lampu-lampu pada sekoci dipasang dan rumpon kecil diturunkan pada sekoci.
4.      Setelah sekoci selesai diturunkan, tindakan selanjutnya melakukan pengangkatan rumpon keatas kapal, sehingga gerombolan ikan (schooling) langsung beraling kepada lampu dan rumpon yang ada pada sekoci lampu.
5.         Setelah selesai pengangkatan rumpon ke atas deck kapal. nahkoda memerintahkan masinis untuk mematikan mesin generator pada kapal sehingga semua lampu pada kapal padam habis. Tindakan ini bertujuan agar gerombolan yang awalnya dibawah lampu kapal segera habis terkumpul dibawah sekoci lampu.
6.         Kemudian kapal dalam keadaan mesin mati dibiarkan menjauh dari sekoci lampu. Setelah kira-kira kapal jauh dari sekoci. Nahkoda memerintahkan kembali kepada masinis untuk menghidupkan mesin kapal (main engine). Lalu rumpon yang masih berada diatas deck kapal dijatuhkan kembali.
7.     Tindakan seanjutnya kappa berolah gerak mengeilingi sekoci lampu dan menunggu kode keberadaan ikan. (awak kapal yang berada pada sekoci lampu mengamati gerombolan ikan naik keatas permukaan atau mendekati lampu pada skoci)
8.         Jika gerombolan ikan (schooling) telah mendekati permukaan air atau naik keatas mendekati lampu pada sekoci, awak sekoci atau tukang lampu langsung member kode kepada nahkoda dengan cara berteriak pertanda penurunan jaring (setting) sudah bisi dalkukan.
9.  Setelah mendengar kode dari tukang lampu, nahkoda langsumg mengambil tindakan untuk melakukan melingkari jaring (penurunan jaring/setting). Dan nahkoda memerintahkan pada awak kapal untuk menjatuhkan jaring. dan nahkoda pun mengolahgerakkan kapal melingkari jaring (olah gerak William son).
4.6.2        Houling (Penarikan Jaring)
Houling adalah dimana suatu proses kegiatan penarikan jaring setelah jaring dilingkari. Proses penarikan jaring (houling) sebagai berikut:
1.     Setelah selesai nahkoda melingkari jaring, semua awak kapal mengambil posisi disebelah kanan lambung kapal secara ber-saff sampai keburitan ( pada bagian buritan yang bertugas tarik pelampung). Kecuali awak kapal yang bertugas pada bagian kapstan dan nahkoda. Awak kapal pada bagian kapstan bekerja mengatur penggilingan/penarikan tali kolor menggunakan kapstan. Nahkoda hanya mengawasi para awak kapal bekerja sambil merokok.
2.        Hal yang paling utama dilakukan dalam proses penarikan jaring adalah melakukan penarikan tali kolor yang ditarik menggunakan kapstan. Tali kolor yang ditarik menggunakan kapstan akan jalan melalu roller (dua buah roller dipasang terlebih dahulu sebelum melakuakn penarikan tali kolor)
3.     Setelah tali kolor ditarik, cincin dan batu semua terangkat. Tindakan selanjutnya para awak kapal melakukan penarikan jaring serta pelampung keatas deck kapal. setelah jaring bagian sayap, dan badan ditarik dan disusun rapi oleh awak kapal. gerombolan ikan (schooling) telah terkumpul pada bagian kantong.
4.      Selanjutnya ikan-ikan yang telah terkumpul pada jaring bagian kantong diangkat keatas kapal menggunakan serok. Pada saat pengangkatan ikan denga serok ditarik menggunakan kapstan dan tumpuannya menggunakan tiang lewang.
5.       Kemudian ikan-ikan hasil tangkapan langsung dimasukkan kedalam palkah-palkah ikan.
4.6.3           Penanganan Hasil Tangkapan  di Atas kapal
 Setelah selesai melakukan penangkapan ikan. Tahap akhir yang dilakukan oleh awak ka]apal adalah melakukan penanganan ikan hasil tangkapan dengan cara menghambat pembusukan ikan.
Usaha untuk membuat ikan tetap selalu segar atau pun meningkatkan kesegarannya adalah tidak mungkin, walaupun begitu kesegaran ikan masih bisa dipertahankan. Melalui penanganan ikan yang baik dan benar. Penghambat proses pembusukan daging ikan sangat memungkinkan untuk dilakukan. Hingga saat ini penanganan yang dianggap baik adalah dengan penerapan rantai dingin, yaitu mengusahakan agar ikan tetap dingin (suhu rendah). Penanganan yang dianggap paling ekonomis dan efektif adalah menggunakan es. Menurut Moeljanto (1982) dalam Suwandi et al.(2008).
Pada kapal purse seine KM.HIDAYAT-2000 melakukan proses penanganan ikan dengan menggunakan es. disusun es dan ikan disusun dalam palkah ikan dengan cara disusun terlebih dahulu es balok didalam palkah, kemudian disusun secara rapi ikan dan es curah didalam palkah ikan dengan cara  1:2 atau satu lapis ikan banding 2 lapis es curah.

4.7           4.7       Pembongkaran Ikan
            Begitu kapal tiba di dermaga Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo, kapal langsung merapat sandar dermaga untuk melakukan kegiatann pembongkaran ikan. Pembongkaran ikan dari palkah diawali dengan pengeluaran hasil tangkapan ikan dari palkah-palkah ikan kegeladak dengan cara ikan diangkat menggunakan serok. Untuk ikan-ikan yang berukuran besar dikeluarkan dengan cara diangkat satu-persatu seprti ikan tuna sirip kuning, cakalang besar. Setelah ikan dikeluarkan dari palkah-palkah ikan dilkapal kemudian melakukan penyortiran.
            Penyortiran hasil tangkapan ikan adalah memisahkan hasil tangkapan menurut jenis, ukuran dan mutu, selanjutnya dimasukkan kedalam keranjang. Proses penyortiran dilakukan pada saat pembongkaran hasil tangkapan dari palkah ke dek kapal. setelah proses penyortiran ikan harus dilakukan pencucian secara cepat. Proses penyortiran harus dilakukan secara cepat. Hal itu bermaksud untuk hasil tangkapan yang telah dikeluarkan dari palkah tidak terkena sinar matahari langsung dalam waktu lama, yang sehingga dapat menurunkan mutu hasil tangkapan. Hasil tangkapan yang berada diatas dek kapal seharusnya sesegera mungkin langsung dimasukkan kedalam keranjang agar hasil tangkapan tidak tersentuh langsung dengan dek kapal yang kotor. Kondisi dek kapal seringkali tidak diperhatikan kebersihannya, biasanya anak buah kapal (ABK) hanya sekali saja mencuci deck kapal. ditambah lagi air yang digunakan untuk mencuci dek kapal adalah air kolama pelabuhan. Padahal air tersebut sudah tidak berdsih dan higienis lagi, karena air sudah tercemar dengan sampah (limbah) dan genangan oli kapal. hal ini akan menyebabkan terjadinya penurunan mutu hasil tangkapan yang berada diatas dek kapal.
4.8            4.8              Pemasaran
Sebagaimana yang kita ketahui bahwa hasil perikanan adalah termasuk barang yang cepat rusak jika dibandingkan dengan bahan mentah lainnya. Karena hasil perikanna adalah organisme hidup yang sangat cocok bagi pertumbuhan bakteri,kegiatan kimiawi sehingga meyebabkan ikan cepat rusak atau mudah membusuk.
Faktor mudah rusak ini pulalah yang melatarbelakangi segala tingkah laku para pedagang ikan di Pelabuhan Perikana Samudera (PPS) Lampulo, semuanya dikehendaki ikan harus segera diterima oleh konsumen dalam waktu pendek dan singkat. Keadaan ikan yang masih segar harganya akan mahal apalagi waktunya masih pagi atau baru turun dari kapal nelayan maka situasi seperti inilah yang dapat member keuntungan besar kepada para pedagang ikan di Pelabuhan Lampulo.
Dari hasil wawancara dengan salah seorang pedagang ikan yang merupakan seorang muge ikan yang bertemu diTIP Pelabuhan Perikanan Lampulo. Maka pola pemasaran ikan yang berlaku dan sering digunakan oleh pedagang ikan di PPS lampulo adala sebagai berikut:
1.            Dari pemilik ikan (ikan dari kapal) langsung kepembeli eceran (pedagang akhir). Ini jarang terjadi karena konsumen akhir lebih senang menunggu atau membeli ikan dari pedagang eceran atau kepasar langsung. Kecuali konsumen akhir yang berada disekitar daerah produksi ikan.
2.            Dari produsen melalui perantaraan tukang becak laut kepada toke bangku untuk menujualkannya kepada muge ikan. Pola pemasaran ikan seperti ini hanya berlaku bagi muge ikan.
3.            Dari produsen langsung langsung kepada pedagang ikan baik itu muge ikan atau pedagang ikan eceran untuk kemudian dijual secara konsumen akhir atau secara grosir kepada agen grosir.
4.            Dari produsen dari beberapa perantaraan beberapa muge ikan untuk mengantarkannya kepada toke ikan. Kemudian dari toke ikan dengan perantaraan beberapa muge ikan untuk mengantarkannya kepada toke yang lain atau menjual. Pola pemasaran seperti ini hanya berlaku bagi muge ikan dan grosir ikan.
4.9          4.9       Hasil Tangkapan Ikan
            Ikan yang menjadi tujuan utama penangkapan dari alat tangkap purse seine adalah ikan-ikan yang “Pelagic Shoaling Species”, yang berarti ikan-ikan tersebut haruslah membentuk shoal (gerombolan), berada dekat dengan permukaan air sea surface dan sangatlah diharapkan pula agar densitas shoal itu tinggi, yang berarti jarak antara ikan dangan ikan lainnya haruslah sedekat mungkin. Dengan kata lain dapat juga dikatakan per satuan volume hendaklah jumlah individu ikan sebanyak mungkin. Hal ini dapat dipikirkan sehubungan dengan volume yang terbentuk oleh jaring (panjang dan lebar) yang dipergunakan (Subani dan Barus, 1989). Jenis ikan yang tertangkap dengan purse seine KM.HIDAYAT-2000 terutama di daerah Laut Aceh adalah : Tuna Sirip Kuning (Thunnus albacores),  Cakalang (Katsuwonus pelamis), lemuru (Sardinella sp), Tongkol (Euthynnus affinis), cumi-cumi (Loligo sp) dan lain-lain:
            Untuk lebih jelas dapat kita lihat pada gambar dibawah ini:
Gambar 29. Tuna sirip kuning (Thunnus albacores)

Gambar 30. Tongkol (Euthynnus affinis),

Gambar 31. Ikan Kuning

Gambar 32. Cumi-cumi (Loligo sp)


Gambar 33. Lemuru (Sardinella sp)

Gambar 34. Cakalang (Katsuwonus pelamis)


BAB V
MASALAH DAN PEMECAHAN
5.1            5.1      Masalah
Selama penulis melakukan praktek kerja lapangan terdapat beberapa permasalahan selama operasional penangkapan ikan dengan alat tangkap purse seine. Beberapa permasalahannya adalah sebagai berikut:
1.         Nahkoda kurang konsisten dalam hal melakukan melingkari jaring. sering terjadi nahkoda tidak memperkirakan arah arus sebelum melakukan pelingkaran jaring. hal ini mengakibatkan jaring yang telah disetting akan bergerak mengkuti arus dan kemudian jaring masuk kebawah kapal sehingga tersangkut pada propeller kapal.
2.         Pada saat melakukan penarikan rumpon keatas kapal. sering terjadi posisi kapal bersampingan dengan gelombang. Sehingga olengan kapal terlalu kuat sehingga tidak nyaman bagian para awak kapal, dan juga akan sulit melakukan kegiatan diatas kapal dikarenakan olengan yang diakibatkan kapal menyamping dengan arah gelombang.  bahkan akan sangat bahaya jika pada gelombang yang besar. Karena akan mengikabatkan kapal terbalik. Apalagi kondisi stabilitas kapal tidak stabil.
3.         Nelayan masih kurang dalam pemahaman tingkat kebersihan terhadap hasil tangkapan. Hal ini sering terjadi pada  saat melakukan kegiatan pembongkaran ikan di TPI pelabuhan. Ikan-ikan yang dibongkar dan dimasukkan kedalam keranjang dicuci dengan air kolam pelabuhan, sedangkan air kolam pelabuhan sudah tercemar sehingga akan mengakibatkan mutu hasil tangkapan akan menurun dan mudah membusuk. Karena air yang tercemar sangat banyak terdapat bakteri.
4.         Perlengkapan keselamatan pada kapal maupun alat keselamatan pekerja tidak ada.
5.         Lampu pada kapal sebagai alat bantu penangkapan dengan jumlah yang sangat sedikit dan berwarna kuning.

5.2            5.2     Pemecahan
          Beberapa cara melakukan penanggulangan terhadap permasahan adalah sebagai berikut:
1.      Sebelum melakukan penurunan jaring (setting) terlebih dahulu nahkoda memperhatikan arah arus agar posisi kapal, jaring stabil setelah melakukan penurunan jaring. Sehingga dalam operasi houling lebih efesien.
2.         Nahkoda mengolahgerakkan kapal terlebih dahulu sebelum melakukan penarikan rumpon keatas kapal, sehingga posisi kapal dengan gelombang berlawanan atau membelakangi gelombang agar olengan kapal menjadi trim bybo dan trim bystern. Sehingga kegiatan diatas kapal dapat dilakukan dengan mudah.
3.     Ikan yang dibongkar dari palkah kapal langsung dimasukkan ke dalam keranjang dan dicuci menggunakan air bersih dan langsung dilakukan perlakukan yang baik. Sehingga ikan hasil tangkapan tetap terjaga kebersihan dan mutu ikan.
4.     Pemilik kapal harus melengkapi alat keselamatan pada kapal seperti life jacket, smoke signal dan alat keselamatan darurat lannya. Dan para pelayan juga menyediakan alat keselamatan kerja seperti helm keselamatan, baju hujan (bila dalam kondisi hujan) dan alat keselamatan kerja lainnya.
5.   Pemilik kapal harus memasang lampu pada kapal dengan jumlah banyak dan menggantikan dengan lampu yang berwarna putih pada kapal.

BAB VI
KESIIMPULAN DAN SARA
6.1       6.1       Kesimpulan
Dari semua penjelasan dari laporan diatas dapat penulis simpulkan beberapa kesimpulan yaitu:
1.            Alat tangkap purse seine merupakan alat tangkap yang dioperasikan dengan melingkari gerombolan ikan dengan jaring seteh itu jaring pada bagian bawah dikerutkan, dengan demikian ikan-ikan akan terkurung dan berkumpul dibagian kantong (Ayodhya, 1981).
2.   Persiapan yang dilakukan pada kapal KM.HIDAYAT-2000 sebelum berlayar dan pengoperasian alat tangkap adalah : persiapan kapal, persiapan administrasi, persiapan ransum makanan, persiapan air tawar, persiapan es balok, persiapan bahan bakar minyak dan pelumas, dan persiapan alat tangkap.
3.        Cara pengoperasian alat tangkap purse seine dengan cara melingkari gerombolang ikan dan dilanjuti dengan penarikan tali kolor, selanjutnya melakukan penarikan jaring dan pelampung sampai gerombolan ikan berada di bagian kantong. Dan kemudian hasil tangkapan dinaiikan ke atas kapal menggunakan serok.
4.      Alat bantu penangkapan yang terdapat pada kapal purse seine KM.HIDAYAT-2000 berupa tiang lewang, kapstan, roller, skoci, lampu, serok, mesin generator dan rumpon.
5.          Jenis-jenis ikan yang tertangkap yaitu Tuna Sirip Kuning (Thunnus albacores),  Cakalang (Katsuwonus pelamis), kembung (Rastrehinger sp) lemuru (Sardinella sp), Tongkol (Euthynnus affinis), cumi-cumi (Loligo sp) dan lain-lain.

6.2       6.2       Saran
            Dari semua kegiatan yang telah laksanakan dapat penulis ingin memberikan beberapa saran yaitu:
1.    Khususnya untuk mahasiswa PKL diberikan waktu selama 3 bulan untuk terjun kelapangan agar mahasiswa dengan sepenuhnya dapat memahami proses kegiatan dan lebih mahir kegiatan dilapangan khususnya bidang penangkapan kan.
2.            Mahasiswa PKL ditempatkan dibeberapa jenis kapal yang berbeda. Misal 2 trip di kapal purse seine, 2 trip di kapal long line atau pancing ulur yang terdapat di pelabuhan perikanan samudera (PPS) Lampulo. Agar mahasiswa dapat memahami lebih dari satu alat tangkap secara langsung.
3.       Untuk mahasiswa/i yang menjalani kegiatan praktek kerja lapangan (PKL) disediakan fasilitas tempat tinggal sementara, supaya mahasiswa/i tidak terlalu jauh pulang pergi ke tempat PKL.



DAFTAR PUSTAKA
Gunarso, W.  1985.Tingkah Laku Ikan dalam Hubungannya Dengan Alat Metode dan Teknik Penangkapan. Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Fakultas Perikanan IPB. Bogor
Anonim 3,2011. Purse Seine (Pukatcincin) (online) http ://id. Wikepedia.org/ wiki /download 10 Agustus 2011
Ayodyoa, 1975. Kapal Perikanan. Fakultas Perikanan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.http://idWikipedia.org/wiki/download 15 juni 2012
Subani,W dan H.R. Barus. 1989. Alat Penangkapan Ikan dan Udang Laut di Indonesia Jurnal Penelitian Perikanan Laut Nomor : 50 Tahun 1988/1989. Edisi Khusus. Jakarta : Balai Penelitian Perikanan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Departemen Pertanian
Subani, 1983. Penggunaan Lampu Sebagai Alat Bantu Penagnkapan Ikan laporan penelitian perikanan laut no. 27. Balai penelitian perikanan laut. Departemen pertanian. Jakarta
Waluyo Subani dan H.R Barus.1989.Alat Penangkapan Ikan dan Udang Laut di Indonesia. Balai Penelitian Perikanan Laut. Jakarta
Sadhori. S. Naryo. 1984. Bahan Alat Penangkapal Ikan, Yasaguna Jakarta
Sadhori. S. Naryo. 1985. Teknik Penangkapan Ikan, Angkasa Bandung.
Sudirman. 2004. Teknik Penangkapan Ikan.PT Rineka Cipta. Jakarta.
Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. 2004. Mengoperasikan Jaring lingkar (Purse Seine), Departemen Pendidikan Nasional Jakarta.
Indrawatit, A, 2000. Studi tentang Hubungan Suhu Permukaan Laut Hasil Pengukuran Satelit Terhadap Hasil Tangkapan Ikan Lemuru (Sardinella lemuru Bleeker 1853) di Selat Bali. Program Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor. Hal : 27 – 40.
J; M.F.A Sondita dan R. Noviyanti, 1991. Studi tentang Penyebaran Suhu dan Salinitas Di Perairan ZEE Barat Sumatera dan Kemungkinan Aplikasinya untuk Mendeteksi Daerah Penangkapan Ikan Yellowfin Tuna (Thunnus albacares) dan Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis). MARITEK Vol. 1, Nomor. 1, Maret 1991. Hal : 54 – 67.
Nedelec. 2000. FISH LAMPS. Japanese Fishing Gear and Methods Textbook for Marine FisheriesResearch Course. Japan. (terhubung berkala) http:// fisheries.com/index.html (18 Oktober2010)




Lampiran 1.   Jadwal Kegiatan Selama PKL
No
Hari
Tanggal
Kegiatan
1
Rabu
1 Februari 2017
Penyerahan Kepada Dinas UPTD
2
Kamis
2 Februari 2017
Orientasi Lingkungan
3
Jumat
3 Februari 2017
Gotong Royong Bersama Pegawai UPTD
4
Sabtu
4 Februari 2017
Dari Fishing Base Menuju Fishing Ground
5
Minggu
5 Februari 2017
Dalam Perjalanan Menuju Fishing Ground
6
Senin
6 Februari 2017
Setting Houling
7
Selasa
7 Februari 2017
Setting Houling
8
Rabu
8 Februari 2017
Gagal Setting (tidak ada ikan)
9
Kamis
9 Februari 2017
Gagal Setting (tidak ada ikan)
10
Jumat
10 Februari 2017
Setting Houling
11
Sabtu
11 Februari 2017
Setting Houling
12
Minggu
11 Februari 2017
Setting Houling
13
Senin
13 Februari 2017
Menuju Fishing Base (pulang)
14
Selasa
14 Februari 2017
Pembongkaran Ikan
15
Rabu
15 Februari 2017
Pembagian Hasil Tangkapan
16
Kamis
16 Februari 2017
Syahbandar
17
Jumat
17 Februari 2017
Syahbandar dan Syahbandar
18
Sabtu
18 Februari 2017
Libur
19
Minggu
19 Februari 2017
Libur
20
Senin
20 Februari 2017
Setting houling (one day Fishing)
21
Selasa
21 Februari 2017
Setting houling (one day Fishing)
22
Rabu
22 Februari 2017
Syahbandar
23
Kamis
23 Februari 2017
Syahbandar
24
Jumat
24 Februari 2017
Syahbandar dan Syahbandar
25
Sabtu
25 Februari 2017
Libur
26
Minggu
26 Februari 2017
Libur
27
Senin
27 Februari 2017
Syahbandar
28
Selasa
28 Februari 2017

29
Rabu
1 Maret 2017

30
Kamis
2 Maret 2017
Seminar di kantor UPTD Pelabuhan Lampulo
31
Jumat
3 Maret 2017

32
Sabtu
4 Maret 2017

33
Minggu
5 Maret 2017

34
Senin
6 Maret 2017
Perpisahan serta Penjemputan


Lampiran 2.   Peta Daerah Penangkapan Ikan

Lampiran 3.   Koordinat daerah penangkapan (Fishing Ground)


Lampiran 4.   Persiapan dokumen sebelum kapal berlayar

                      Surat Persetujuan berlayar                           
Surat Tanda Bukti Lapor  Keberangkatan Kapal (STBLKK)
           Surat Laik Operasi (SLO)        

              
Surat Izin Penangkapan Ikan (SIP)

 
   Sertifikat Kelaikan dan  Pengawakan Kapal Penangkapan Ikan 


Surat Kapal Penangkapan Ikan



Lampiran 5.   Dokumentasi penulis selama kegiatan PKL dilaut
Memperbaiki jaring koyak

Splecing tali rumpon


Salah satu hasil tangkapan ikan

Berangkat menuju fishing ground




Perpisahan dengan pegawai dinas UPTD Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo
Kota Banda Aceh




No comments:

Post a Comment

PRINSIP PENDINGINAN IKAN MENGGUNAKAN ES UNTUK MEMPERTAHANKAN KUALITAS KESEGARAN IKAN TUGAS MAKALAH MATA KULIAH TEKNIK PENANGANAN HAS...