Text Widget

ads
Responsive Ads Here

Penginderaan Jauh : Makalah Satelit GEO-EYE

MAKALAH

SATELIT GEO-EYE


TUGAS MAKALAH MATA KULIAHPENGINDERAAN JAUH SINAR TAMPAK



PENYUSUN:
MUQTAMAR EFFENDI
13160033



JURUSAN PEMANFAATAN SUMBERDAYA PERIKANAN
FAKULTAS PERIKANAN
UNIVERSITAS ABULYATAMA ACEH
2016



BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
Di Bumi ini tersebar berbagai macam fenomena–fenomena alam yang sudah diungkap oleh manusia maupun yang belum diungkap oleh manusia. Salah satu langkah untuk mengungkap dan mengenali fenomena alam adalah dengan menggunakan teknologi sesuai perkembangan zaman. Manusia sudah tidak lagi langsung terjun langsung ke lapangan guna mengungkap fenomena alam, namun dengan perkembangan teknologi maka manusia mengenal teknologi penginderaan jauh. Teknologi penginderaan jauh merupakan pengembangan dari teknologi pemotretan udara yang mulai diperkenalkan pada akhir abad ke 19. Manfaat potret udara dirasa sangat besar dalam perang dunia pertama dan kedua, sehingga cara ini dipakai dalam eksplorasi ruang angkasa. Sejak saat itu istilah penginderaan jauh (remote sensing) dikenal dan menjadi populer dalam dunia pemetaan sampai saat ini. Eksplorasi ruang angkasa yang berlangsung sejak tahun 1960-an antara lain diwakili oleh satelit-satelit Gemini, Apollo, Sputnik, Solyus. Kamera presisi tinggi mengambil gambar Bumi dan memberikan informasi berbagai gejala dipermukaan bumi seperti geologi, kehutanan, kelautan dan sebagainya. Teknologi pemotretan dan perekaman permukaan Bumi berkembang lebih lanjut dengan menggunakan berbagai sistem perekam data seperti kamera majemuk, multispectral scanner, vidicon, radiometer, spectrometer yang berlangsung sampai sekarang. Bahkan, dalam waktu terakhir ini alat GPS (Global Positioning System) dimanfaatkan pula untuk merekam peta ketinggian dalam bentuk DEM (Digital Elevation Model).
Penginderaan jauh adalah ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang objek, daerah, atau gejala dengan menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpa kontak langsung terhadap objek, daerah, atau gejala yang dikaji. Citra penginderaan jauh merupakan gambaran yang erekam oleh kamera atau oleh sensor lainnya. Penginderaan jauh (remote sensing) telah digunakan untuk berbagai macam keperluan, antara lain untuk keperluan analisis dalam bidang kelautan, analisis bidang pertanian, analisis bidang pertambangan, dan lain sebagainya. Penginderaan jauh merupakan suatu metode untuk memperoleh informasi tentang suatu objek, areal, ataupun fenomena geografis melalui analisis data yang diperoleh dari sensor. Perkembangan ilmu penginderaan jauh dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang cukup pesat, sehingga manusia selalu akan mengembangkan kemampuannya dalam mengembangkan ilmu tersebut, salah satunya dengan mengembangkan citra satelit agar dapat digunakan untuk kepentingan – kepentingan lainnya yang erat kaitannya dengan perolehan informasi suatu objek, daerah ataupun fenomena geografisnya. Salah satu contoh citra satelit generasi baru adalah Geo Eye. Pemanfaatan citra satelit tersebut tentu saja haruslah sesuai dengan tujuan yang hendak ingin dicapai oleh penginterpretasi citra, sehingga penggunaan citra satelit tersebut memiliki beberapa kelebihan maupun kekurangan. Karakteristik citra tersebut mulai dari panjang gelombang yang digunakan untuk perekaman, sistem perekamannya, spesifikasinya, serta pemanfaatan citra satelit GeoEye tersebut. Berdasarkan uraian tersebut dalam makalah ini akan kami uraikan mengenai karakteristik citra Geo Eye serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari–hari.
1.2       Rumusan Masalah
            Permasalahan yang akan dibahas dalam makalah Satelit Geo Eye adalah sebagai berikut.
1.         Bagaimanakah sejarah satelit GeoEye?
2.         Berapakah jarak orbit satelit GeoEye-1 dan GeoEye-2?
3.         Apa manfaat citra satelit GeoEye?
1.3       Tujuan
Penulisan makalah Satelit Geo Eye memiliki beberapa tujuan yang diantaranya sebagai berikut.
1.         Untuk mengetahui sejarah satelit  GeoEye
2.         Untuk mengetahui ketinggian orbit satelit GeoEye-1 dan GeoEye-2
3.         Untuk mengetahui manfaat citra satelit GeoEye



BAB II
PEMBAHASAN
2.1       Sejarah Satelit Geo Eye-1
            Geo Eye 1 sebelumnya bernama OrbView 5 yang merupakan penerus dari satelit OrbView 2 dan OrbView 3 juga satelit IKONOS yang berasal dari perusahaan yang bernama Geo Eye Inc yang sekarang telah berubah menjadi Digital Globe pada tahun 2013. Geo Eye 1 merupakan satelit pengamat bumi yang pembuatannya disponsori oleh Google dan National Geospatial-Intelligence Agency (NGA) yang diluncurkan pada 6 September 2008 dari Vandenberg Air Force Base, California, AS. Satelit ini mampu memetakan gambar dengan resolusi gambar yangs sangat tinggi dan merupakan satelit komersial dengan pencitraan gambar tertinggi yang ada di orbit bumi saat ini.
Geo Eye 1 dikeluarkan oleh Geo Eye Inc yang sebelumnya juga mengeluarkan satelit bernama IKONOS yang merupakan satelit sub-meter komersial pertama di dunia. GeoEye-1 dilengkapi dengan teknologi-teknologi tercanggih yang pernah digunakan dalam satelit komersial yang dibuat oleh perusahaan General Dynamic. Dalam pembuatannya, satelit ini memakan biaya sebesar $502 juta yang ditanggung oleh Google dan National Geospatial-Intelligence Agency (NGA) sebagai sponsor-sponsor utamanya. Pada satelit ini, terdapat logo Google yang terletak pada bagian samping roket Delta II yang meluncurkannya.
Sensor kamera pada satelit ini dibuat oleh ITT Corporation yang kemudian dikirimkan pada General Dynamics untuk diintegrasikan ke dalam Geo Eye 1 pada Januari 2007. Gambar yang pertama dihasilkan oleh Geo Eye 1 setelah proses kalibrasi selesai adalah foto udara dari kampus Universitas Kuztown yang tgerletak di pertengahan antara Reading dan Alentown, Pennsylvania dengan ketinggian orbit 423 mil atau 681 km diatas East Coast, Amerika.
Geo Eye 1 merupakan satelit pengamat Bumi komersial generasi. Satelit ini akan memiliki resolusi sampai 25cm dan akan menjadikannya sebagai satelit komersial dengan pencitraan gambar tertinggi menggantikan Geo Eye 1. Penggunaan resolusi gambar satelit Geo Eye 2 juga akan dibatasi oleh pemerintah Amerika Serikat, dimana hanya pemerintah dan agennya yang dapat menggunakan resolusi tertinggi dari satelit ini. Sensor gambar akan dibuat oleh ITT Corporation dan satelit akan dimiliki oleh Geo Eye Inc. Seperti pada Geo Eye 1, Geo Eye 2 juga kan dikontrak oleh Goole.
Pada saat diluncurkan satelit ini akan bergabung dengan satelit Geo Eye 1 dan IKONOS yang ada diorbit. Tetapi sejak Februari 2013, sateli Geo Eye 2 akan disimpan hingga saatnya diperlukan.



2.2       Karakteristik Resolusi Citra Satelit Geo Eye
1.       Resolusi Temporal
Resolusi temporal adalah interval waktu yang dibutuhkan oleh satelit untuk merekam areal yang sama, atau waktu yang dibutuhkan oleh satelit untuk menyelesaikan seluruh siklus orbitnya. Resolusi temporal adalah frekuensi suatu sistem sensor merekam suatu areal yang sama (revisit). Pertimbangan resolusi ini menjadi penting ketika penginderaan jauh dibutuhkan dalam rangka pemantgauan atau deteksi objek permukaan bumi yang terkait denga variasi musim (waktu). Resolusi temporal yang aktual sangat bergantung pada jenis sensor, lebar overlap antara swath (lebar jalur rekam) dan ketinggian sateli. Resolusi temporal ideal akan memberikan banyak keputusan aplikasi berbeda. Studi thermal dua citra perhari (siang dan malam), tetapi monitoring perubahan lahan memerlukan sebuah citra untuk tiap tahunnya. Resolusi temporal menghasilkan coverageharian pada daerah terpilih untuk periode yang pendek dan mempunyai nilai tambah untuk monitoring seperti banjir dan kebakaran.
Satelit Geo Eye dilengkapi dengan teknologi paling canggih yang pernah digunakan dalam sistem penginderaan jauh komersial. Geo Eye mengorbit bumi 15 kali perhari, terbang dengan ketinggian 681 km dan kecepatan orbitnya 7,5 km/detik. Waktu tinjau ulang satelit ini kurang dari tiga hari.

2.      Resolusi Spektral
Satelit ini mampu menghasilkan gambar dengan resolusi 0,41 meter untuk sensor panchromatic (hitam-putih) dan 1,65 meter untuk sensor multispectral (berwarna). Kemampuan ini sangat ideal untuk proyek pemetaan skala besar. Geo Eye I mengorbit pada ketinggian 681 km di atas permukaan bumi dan melaju dengan kecepatan 7,5 km per detik. Selain resolusi spasial tersebut, Geo Eye 1 juga memiliki tingkat akurasi tiga meter, yang berarti bahwa pengguna satelit ini dapat memetakan alam dan fitur buatan dalam jarak tiga meter dari lokasi sebenarnya di permukaan bumi tanpa adanya titik kontrol utama. Tingkat akurasi ini tidak pernah dicapai sebelumnya dalam sistem pencitraan komersial lainnya.

Produk
Pankromatik: 00:41 00:41 meter x meterMultispektral: 1,65 meter x 1,65 meter
Band spektral
450-800 nm450-510 nm (biru)510-580 nm (hijau)655-690 nm (merah)780-920 nm (NIR)
Foot Print
Perwakilan di Area Ukuran • Single-point scene – 225 km persegi (15×15 km)• Bersebelahan luas – 15.000 km persegi (300×50 km)• Bersebelahan 1 ° wilayah ukuran sel – 10.000 km persegi (100×100 km)• daerah stereo Bersebelahan – 6.270 sq km (224×28 km)(di Area mengasumsikan modus panci pada tingkat baris tertinggi)
Petak Lebar
15,2 km
Lokasi Akurasi        
Mono: 5 m CE90, horisontal, tanpa GCP, eksklusif medan perpindahanStereo: 4 m CE90, horisontal, tanpa GCP, 6 m LE90, vertikal, tanpa GCPini ditetapkan sebagai 90% CE (error melingkar) untuk horizontal dan 90 % LE (kesalahan linier) untuk vertikal tanpa GCP (titik kontrol tanah)
Tinjau ulang
Kurang dari 3 hari
Viewing Angle
Mampu pencitraan segala arah

Teleskop optikdetektorfocal plane dan prosesor digital berkecepatan tinggi pada Geo Eye I mampu mengolah gambar sebesar 700 juta piksel setiap detiknya. Kegesitan kamera Geo Eye I, membuatnya mampu untuk memperpanjang lebar petak kamera sebesar 15,2 km atau menghasilkan beberapa gambar dari target yang sama selama satu kali pengorbitan untuk membuat gambar stereo.
2.3       Pemanfaatan Satelit Geo Eye
Terdapat tiga tingkat produk pencitraan yang ditentukan oleh tingkat akurasi posisi adalah sebagai berikut:
1.      Produk Geo
Produk Geo adalah gambar peta berorientasi radiometrik yang cocok digunakan untuk berbagai keperluan. Selain cocok untuk aplikasi visualisasi dan pemantauan, produk Geo juga dilengkapi dengan model sensor kamera dalam format rational polynomial coefficient (RPC). Model kamera ini memetakan koordinat tanah menjadi koordinat gambar hasil pencitraan. Produk Geo dapat digunakan oleh pengguna ahli dengan menggunakan perangkat lunak komersial.

2.      Produk Geo Professional
Produk Geo Profesional adalah hasil pencitraan yang telah dikoreksi oleh staf produksi Geo Eye Inc dengan menggunakan proses kepemilikannya atas fasilitas produksi untuk mengoptimalkan data yang dikumpulkan oleh satelit Geo Eye. Proses pengkoreksian yang dilakukan Geo Eye memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mendapatkan hasil yang paling akurat dan tepat yang tersedia dari program satelit. Produk ini cocok untuk ekstraksi fitur, perubahan deteksi, pemetaan dasar dan aplikasi serupa lainnya.

3.      Produk Geo Stereo
Produk Geo Stereo menyediakan dasar untuk fitur pengenalan tiga dimensi, ekstraksi, dan eksploitasi. Oleh karena itu, produk ini menyediakan dua gambar berbentuk stereo geometri untuk mendukung berbagai aplikasi pencitraan stereo seperti pembuatan. Model Elevasi Digital (DEM), pembuatan ekstraksi ketinggian, dan menciptakan berbagai lapisan spasial. Geo Stereo dalam proyeksi pemetaan meliputi data kamera dengan format RPC yang mendukung penyesuaian, ekstraksi , stereo tiga dimensi, generasi DEM, dan operasi fotogrametri.
Satelit ini digunakan untuk menyediakan data-data peta satelit daratan di seluruh dunia yang akan memperkuat layanan peta berbasis web melalui Google Earth maupun Google Maps. Selain itu, Geo Eye I juga memberikan data hasil pencitraan beresolusi tinggi pada National Geospatial-Intelligence Agency (NGA) untuk kepentingan pemerintah Amerika Serikat.
Pengguna Geo Eye I memiliki pilihan untuk memesan hasil pencitraan dalam bentuk gambar biasa, sudah dimodifikasi, atau dalam bentuk gambar stereo sebagai produk-produk yang dihasilkan. Produk Geo Eye I akan memberikan berbagai aplikasi untuk bidang, yakni:
1.      Pertahanan Negara
2.      Keamanan nasional
3.      Transportasi air dan Kelautan
4.      Minyak dan Gas
5.      Energi
6.      Pertambangan
7.      Pemetaan dan Layanan berbasis lokasi
8.      Negara dan Pemerintahan Daerah
9.      Asuransi dan Manajemen risiko
10.  Pertanian
11.  Sumber Daya Alam dan pemantauan lingkungan

2.4              Frekuensi Pengorbitan
GeoEye-1 mengorbit 15 kali per hari dan membutuhkan waktu 98 menit untuk satu kali orbitSatelit yang berada pada ketinggian 681 km atau 423 mil dari permukaanbumi ini mengorbit dengan kecepatan sebesar 7,5 km/ detik atau 16.800 mil/ jam.Satelit ini dapat kembali ke titik pengorbitan sebelumnya dalam waktu 3 hari atau lebih cepat untuk mencari sudut pandang pencitraan yang diperlukan, Satelit ini melengkapi sistem satelit IKONOS yang juga dikeluarkan oleh GeoEye Inc, namun akan lebih cepat dalam proses pengumpulan gambarnya yaitu 40% lebih cepat untuk panchromatic dan 25% lebih cepat untuk multispectral. Bersama-sama, satelit GeoEye-1 dan IKONOS dapat mengumpulkan hampir 1 juta sq km hasil pencitraan setiap harinya.
2.5              Spesifikasi dan Operasi
Satelit ini mampu menghasilkan gambar dengan resolusi 0,41 meter untuk sensor panchromatic (hitam-putih) dan 1,65 meter untuk sensor multispectral (berwarna). Kemampuan ini sangat ideal untuk proyek pemetaan skala besar. GeoEye-1 mengorbit pada ketinggian 681 km di atas permukaan bumi dan melaju dengan kecepatan 7,5 km per detik. Selain resolusi spasial tersebut, GeoEye-1 juga memiliki tingkat akurasi tiga meter, yang berarti bahwa pengguna satelit ini dapat memetakan alam dan fitur buatan dalam jarak tiga meter dari lokasi sebenarnya di permukaan bumi tanpa adanya titik kontrol utama. Tingkat akurasi ini tidak pernah dicapai sebelumnya dalam sistem pencitraan komersial lainnya.

2.6              Sensor Satelit Geo Eye-1
Band pankromatik memiliki resolusi spasial 0,41 m pada nadir. 4 band warna memiliki resolusi spasial 1,65 m pada nadir. Citra yang diperoleh pada sudut off-nadir akan memiliki resolusi spasial lebih baik dari yang disebutkan di atas. Data GeoEye-1 dikumpulkan dengan presisi radiometrik 11-bit (nilai piksel dari 0 sampai 2.047) tapi juga dapat dibuat skala lebih rendah menjadi 8-bit (0-256).
Sensor Satelit Geo Eye -1 telah diluncurkan di Vanderberg Air Force Base California pada tanggal 6 September 2008, dengan menyediakan resolusi tinggi 0,41 meter. 
Fitur sensor satelit Geo Eye -1 digunakan untuk sistem penginderaan jauh komersial, dirancang untuk projek besar yang dapat merekam 350,000 km2 pan-sharpen multispektral setiap hari. Satelit Geo Eye -1 terbang pada ketinggia di atas 681 kilometer dan mampu memproduksi citra satelit dengan jarak ground sampling 46 centimeter yang berarti dapat mendeteksi objek berdiameter teersebut maupun di atasnya.
Pada pertengahan musim panas 2013, orbit satelit Geo Eye -1 telah dinaikan menjadi 770 km / 478 mil. GeoEye-1 menggunakan nadir baru ground sample distance (GSD) is 46cm dibandingkan dengan GSD sebelumnya 41cm.


2.7              Spesifikasi Sensor Satelit Geo Eye-1

Tanggal peluncuran
6 September 2008
Mode kamera
Pankromatik dan multispektral (pan-sharpened)
Pankromatik
Multispektral
Resolusi spasial
0,46 m / 1,51 ft pankromatik (nominal at nadir)
1,84 m / 6,04 ft multispektral (nominal at nadir)
Resolusi spektral
Pankromatik : 450 – 800 nm
Biru : 450 – 510 nm
Hijau : 510 – 580 nm
Merah : 655 – 690 nm
Infra merah dekat : 780 – 920 nm
Metric accurasi / Geolocation
CE stereo: 2 m / 6.6 ft
LE stereo: 3 m / 9.84 ft
CE mono: 2.5 m / 8.20 ft
These are specified as 90% CE (circular error) for the horizontal and 90% LE (linear error) for the vertical with no ground control points (GCP’s)
Swath Widths & Representative Area Sizes
Nominal swath width – 15.2 km / 9.44 mi at Nadir
Single-point scene – 225 sq km (15×15 km)
Contiguous large area – 15,000 sq km (300×50 km)
Contiguous 1° cell size areas – 10,000 sq km (100×100 km)
Contiguous stereo area – 6,270 sq km (224×28 km)(Area assumes pan mode at highest line rate)
Sudut perekaman
Dapat merekam dari semua arah
Frekuensi revisit pada ketinggian 770 km (40° Latitude Target)
Max Pan GSD (m)
Off Nadir Look Angle (deg)
Average Revisit (days)
0,42
10
8,3
0,50
35
2,8
0,59
28
2,1
Kemampuan mengoleksi area dalam sehari
Up to 700,000 sq km/day (270,271 sq mi/day) of pan area (about the size of Texas). Up to 350,000 sq km/day (135,135 sq mi/day) of pan-sharpened multispectral area (about the size of New Mexico)

2.8              Informasi Teknikal

Launch vehicle
Delta II
Launch vehicle manufacturer
Boeing Corporation
Lokasi peluncuran
Vandenberg Air Force Base, California
Berat satelit
1955 kg / 4310 lbs
Penyimpanan satelit / downlink
1 Terabit recorder; X-band downlink (at 740 mb/sec or 150 mb/sec)
Lama operasi
Lebih dari 7 tahun dengan bahan bakar sampai 15 tahun
Mode operasi satelit
Store and forward
Real-time image and downlink
Direct uplink with real-time downlink
Ketinggian orbit
770 km / 478 mil
Kecepatan orbit
7.5 km/detik or 17,000 mi/jam
Inclination/Equator Crossing Time
98 degrees / 10:30am
Periode orbit
Sun-synchronous / 98 minutes




2.9              Kelebihan dan Kekurangan  Satelit Geo Eye 1
2.9.1        Kelebihan
a.         Satelit ini mampu memetakan gambar dengan resolusi gambar yang sangat tinggi dan merupakan satelit komersial dengan pencitraan gambar tertinggi yang ada di orbit bumi saat ini.
b.        GeoEye-1 dilengkapi dengan teknologi-teknologi tercanggih yang pernah digunakan dalam satelit komersial yang dibuat oleh perusahaan General Dynamic.
c.         Satelit ini digunakan untuk menyediakan data-data peta satelit daratan di seluruh dunia yang akan memperkuat layanan peta berbasis web melalui Google Earth maupun Google Maps
d.        GeoEye-1 memberikan data hasil pencitraan beresolusi tinggi pada National Geospatial-Intelligence Agency (NGA) untuk kepentingan pemerintah Amerika Serikat.
e.         Pengguna GeoEye-1 memiliki pilihan untuk memesan hasil pencitraan dalam bentuk gambar biasa, sudah dimodifikasi, atau dalam bentuk gambar stereo sebagai produk-produk yang dihasilkan

2.9.2        Kekurangan
Dimana hanya pemerintah Amerika Serikat dan agennya yang dapat menggunakan resolusi tertinggi dari satelit GeoEye-1.

2.10          Fotoprint Citra atau Lebar Sapuan
Lebar sapuan GeoEye-1 yaitu 15,2 km pada nadir. Ukuran scene dapat disesuaikan, dan Anda hanya membayar citra pada area studi Anda saja. Untuk daerah yang luas, pencitraan dengan melintas lebih dari sekali pada waktu yang berbeda (multi pass) mungkin diperlukan. Dengan demikian, beberapa citra yang lebih kecil perlu digabungkan untuk mendapatkan citra yang mulus untuk wilayah yang lebih luas.

2.11          Volume Pencitraan
Dalam satu hari, GeoEye-1 dapat melakukan pencitraan terhadap wilayah dengan ukuran sampai 700.000 km2 atau sebesar kota Texas dalam mode panchromatic. Sedangkan dalam mode multispectral, GeoEye-1 melakukan pencitraan terhadap 350.000 km2 wilayah setiap harinya, setara dengan warna memotret di seluruh Negara Bagian New Mexico.

2.12          Pantauan GeoEye-1 di Sekitar Indonesia
Gambar hasil pantauan satelit GeoEye-1 saat ini sudah tersedia untuk sebagian kecil wilayah Indonesia. GeoEye-1 sudah merekam kota Makassar dan sekitarnya pada tanggal 30 April 2009 dan pembaharuannya sudah tersedia sejak bulan Juli 2009. Pada awal bulan Agustus, GeoEye-1 juga sudah merekam gambar pada wilayah Timor Leste.



2.13          Keamanan dan Masalah Privasi
Resolusi gambar yang mampu dihasilkan oleh satelit GeoEye-1 bisa mencapai jarak 41 cm, namun pemerintah Amerika Serikat membatasi penggunaannya oleh publik yaitu hanya sampai resolusi 50 cm karena detail seperti itu dapat mengancam privasiNegara. Google sebagai klien komersial hanya diperbolehkan mengambil gambar melalui satelit ini dengan resolusi maksimal sebesar 50 cm, sedangkan NGAmemperoleh gambar dengan resolusi 43 cm.
Untuk pusat komando, GeoEye memperbaharui dan mengontrol fasilitas stasiun utamanya dari markas besarnya di Dulles, Virginia. Pusat operasi ini bertugas untuk mengirimkan perintah dan menerima data dari satelit. Tiga stasiun lainnya lainnya dioperasikan oleh GeoEye Inc di Barrow, AlaskaTromsoNorwegia dan Troll, Antartika. Empat stasiun utama tersebut memberikan tempat penampungan data yang dibutuhkan sesuai dengan banyaknya hasil pencitraan yang ditangkap oleh satelit GeoEye-1. Fasilitas operasional yang berada di Thornton, Colorado juga telah diperbarui sebagai stasiun utama cadangan bagi GeoEye-1.


BAB III
GEOEYE-2

3.1              GeoEye-2 Sensor Satelit (0,34m)
Pada Februari 2013, setelah merger GeoEye dan DigitalGlobe, GeoEye-2 sensor satelit dijadwalkan akan diluncurkan pada September 2016. DigitalGlobe ini satelit berikutnya satelit generasi ketiga mampu benda cerdas di permukaan bumi sekecil 34 cm (13,4 inci ) dalam modus pankromatik atau hitam-putih. Ini akan mengumpulkan citra multispektral atau warna pada 1,36 meter (4,46 kaki) resolusi. GeoEye-2 akan memiliki resolusi tertinggi dari setiap sistem pencitraan komersial. Resolusi canggih ini akan menawarkan pelanggan belum pernah terjadi sebelumnya, tampilan yang tepat untuk pemetaan, deteksi perubahan dan analisis citra.
Pada 31 Juli 2014 DigitalGlobe mengumumkan bahwa GeoEye-2 sensor satelit akan berganti nama menjadi WorldView-4 dengan resolusi pankromatik 30cm dan resolusi multispektral dari 1,20 meter.
GeoEye-2 (WorldView-4) Sensor satelit (0.34m)
GeoEye-2 (WorldView-4) akan dari kelas umum yang sama seperti GeoEye-1 diluncurkan pada tanggal 6 September, 2008 (Pasal: GeoEye-1 satelit Sensor Launch) dan menjadi tersedia secara komersial pada tanggal 5 Februari 2009. Selain resolusi spasial yang tak tertandingi, GeoEye-2 akan menawarkan akurasi geolokasi luar biasa, yang berarti bahwa pelanggan akan dapat memetakan fitur alami dan buatan manusia untuk lebih dari 5 meter CE90 (spesifikasi) dan 3 sampai 4 meter CE90 (diharapkan) dari lokasi mereka yang sebenarnya di permukaan bumi tanpa titik kontrol tanah.
GeoEye-2 akan membuat 15 orbit per hari terbang pada ketinggian 681 km (423 mil), dengan kecepatan orbit 7,5 km / detik (16.800 mil / jam). GeoEye-2 akan dapat "kembali" titik manapun di dunia setiap tiga hari atau lebih cepat, tergantung pada sudut tampilan yang diperlukan. ketinggian bisa direvisi sebelum peluncuran untuk memanfaatkan izin baru diperoleh untuk memperoleh dan menyampaikan 0.25M resolusi Imagary.
GeoEye-2 pelanggan akan memiliki pilihan memesan BASIC (proyeksi satelit), Geo (geometris dikoreksi), GeoProfessional (medan dikoreksi atau orto-diperbaiki), atau GeoStereo (pair stereo) produk, serta produk citra yang diturunkan, termasuk Digital Model elevasi (Dems), Digital Surface Model (DSMs), mosaik besar wilayah dan peta fitur.
GeoEye-2 merupakan Satelit pengamat Bumi komersial generasi baru yang akan diluncurkan pada tahun 2011 atau 2012. Satelit ini akan memiliki resolusi sampai 25 cm dan akan menjadikannya sebagai satelit komersial dengan pencitraan gambar tertinggi menggantikan GeoEye-1. Penggunaan resolusi gambar satelit GeoEye-2 juga akan dibatasi oleh pemerintah Amerika Serikat, dimana hanya pemerintah dan agennya yang dapat menggunakan resolusi tertinggi dari satelit ini. Sensor gambar akan dibuat olehITT Corporation dan satelit akan dimilki oleh GeoEye Inc. Seperti pada GeoEye-1, GeoEye-2 juga akan dikontrak oleh Google.

3.2              Pembatasan Resolusi
Selama Juni 2014 DigitalGlobe mendapat izin dari Departemen Perdagangan AS untuk mengumpulkan dan menjual citra di terbaik resolusi yang tersedia. Selain itu, enam bulan setelah WorldView-3 adalah operasional DigitalGlobe akan diijinkan untuk menjual citra sampai dengan 25 cm pankromatik dan 1,0 m multispektral GSD. Kami memuji relaksasi Pemerintah AS pembatasan resolusi satelit, karena manfaat pelanggan kami, dan industri pada umumnya.

3.3              Spesifikasi Sensor Satelit GeoEye-2
Spesifikasi Citra GeoEye-2
Imaging Mode
Panchromatic
Multispectral
Spatial Resolution
0.34 meter
1.36 meter
Position Accuracy
-          5 meter CE90 (specification)
-          3-4 meter CE90 (expected)
Collection Capacity
 600,000 sq km/day (Pan + MSI)
Swath Width
14,5 km
Off- Nadir Imaging
Up to 60 degrees
Orbit Altitude
681 km
Dynamic Range
11 bits per pixel
Mission Life
Expected > 10 years
Revisit Time
Approximately 3 days
Orbit
10:30 am

3.4              Jenis Sensor GoeEye-2
Fungsi Satelit GeoEye terhadap Google Satelit digunakan dalam layanan peta berbasis web yaitu Google Earth dan Google Maps. Selain pada Google, GeoEye juga memberi data dengan hasil pencitraan resolusi tinggi untuk kepentingan Amerika Serikat melalui NGA.

3.5              Manfaat Utama Citra Satelit Resolusi Tinggi
Adapun beberapa manfaat utama citra satelit yang memiliki resolusi tinggi seperti satelit GeoEye adalah sebagai berikut:
1.      Komprehensif, gambar/citra permukaan dengan ketajaman tinggi daat memberi gambaran keruangan yang menyeluruh dalam area yang luas.
2.      Diperoleh dalam waktu relatif singkat.
3.      Efisiensi, karena tidak perlukan perijinan khusus, standar harga yang yang rasional dan berlaku internasional, dan pengolahan yang tidak banyak membutuhkan waktu.
Satelit ini digunakan untuk menyediakan data-data peta satelit daratan di seluruh dunia yang akan memperkuat layanan peta berbasis web melalui Google Earth maupun Google Maps. Pengguna GeoEye-1 memiliki pilihan untuk memesan hasil pencitraan dalam bentuk gambar biasa, sudah dimodifikasi, atau dalam bentuk gambar stereo sebagai produk-produk yang dihasilkan. Produk GeoEye-1 akan memberikan berbagai aplikasi.

BAB IV
PENUTUP
4.1       Kesimpulan
·           Geo Eye 1 sebelumnya bernama OrbView 5 yang merupakan penerus dari satelit OrbView 2 dan OrbView 3 juga satelit IKONOS yang berasal dari perusahaan yang bernama Geo Eye Inc yang sekarang telah berubah menjadi Digital Globe pada tahun 2013.
·           Ketinggian orbit citra sateli GeoEye-1 setinggi 770 km / 478 mil, sedangkan citra satelit GeoEye-2 ketinggian 681 km.
·           Manfaat citra satelit GeoEye yaitu Komprehensif, gambar/citra permukaan dengan ketajaman tinggi daat memberi gambaran keruangan yang menyeluruh dalam area yang luas. Diperoleh dalam waktu relatif singkat. Efisiensi, karena tidak perlukan perijinan khusus, standar harga yang yang rasional dan berlaku internasional, dan pengolahan yang tidak banyak membutuhkan waktu.


DAFTAR PUSTAKA
·         mulkan.maritech-ipb.net/wp-content/uploads/2015/11/GEOEYE.docx

2 comments:

  1. "Bermanfaat sekali jangan lupa mampir ya buat yang suka main togel, casino dan casino online disini tempat terbaiknya

    LEO4D = leo4d55.com

    Dapatkan promo menarik di beberapa bandar togel, casino dan casino online pilihan kamu sekarang!
    - Cashback Togel 5%
    - Cashback casino 5%

    Rollingan Besar yang selalu menanti untuk kamu sekarang Coba keberuntungan kamu disini
    - Rollingan Casino 0.7%

    Dapatkan diskon spesial togel dan hadiah tinggi yang menanti untuk kamu sekarang juga!
    - Diskon Togel 2D = 29% Hadiah x70
    - Diskon Togel 3D = 59% Hadiah x400
    - Diskon Togel 4D = 66% Hadiah x3000

    Semua game ada disini :
    Agen Togel, Agen Togel Aman, Agen Togel Terpercaya, Agen Togel Online, Bandar Togel, Bandar Togel Online, Bandar Togel Terpercaya,
    Bandar Togel Aman, Situs Togel, Situs Togel Online, Situs Togel Terpercaya, Situs Togel Aman, Togel Online, Togel Online Aman,
    Togel Online Terpercaya, Togel Online Terbaik,Agen casino, Agen casino Online, Agen casino Terpercaya, Agen casino Aman,
    Bandar casino, Bandar casino Aman, Bandar casino Terpercaya, Bandar casino Online, Situs casino, Situs casino Online,
    Situs casino Terpercaya, Situs casino Aman, Situs casino Terbaik, Agen Casino, Agen Casino Online, Agen Casino Aman, Agen Casino Terpercaya,
    Bandar Casino, casino Online, Casino Online, Bandar Casino Terpercaya, Bandar Casino Terbaik, Bandar Casino Aman,
    Situs Casino Online, Situs Casino Terpercaya, Situs Casino Aman, Situs Casino Indonesia.

    Kami tunggu Kehadirannya Ya Pasti Menang Berapapun Kami Bayar !!!"

    ReplyDelete
  2. "Bermanfaat sekali jangan lupa mampir ya buat yang suka main togel, casino dan slot online disini tempat terbaiknya

    UANG4D = donatgaring.com

    Dapatkan promo menarik di beberapa bandar togel, slot dan casino online pilihan kamu sekarang!
    - Cashback Togel 5%
    - Cashback Casino Up 10%
    - Cashback Slot 5%

    Rollingan Besar yang selalu menanti untuk kamu sekarang Coba keberuntungan kamu disini
    - Rollingan Casino 0.7%
    - Rollingan Slot 0.7%

    Dapatkan diskon spesial togel dan hadiah tinggi yang menanti untuk kamu sekarang juga!
    - Diskon Togel 2D = 29% Hadiah x70
    - Diskon Togel 3D = 59% Hadiah x400
    - Diskon Togel 4D = 66% Hadiah x3000

    Semua game ada disini :
    Agen Togel, Agen Togel Aman, Agen Togel Terpercaya, Agen Togel Online, Bandar Togel, Bandar Togel Online, Bandar Togel Terpercaya,
    Bandar Togel Aman, Situs Togel, Situs Togel Online, Situs Togel Terpercaya, Situs Togel Aman, Togel Online, Togel Online Aman,
    Togel Online Terpercaya, Togel Online Terbaik,Agen Slot, Agen Slot Online, Agen Slot Terpercaya, Agen Slot Aman,
    Bandar Slot, Bandar Slot Aman, Bandar Slot Terpercaya, Bandar Slot Online, Situs Slot, Situs Slot Online,
    Situs Slot Terpercaya, Situs Slot Aman, Situs Slot Terbaik, Agen Casino, Agen Casino Online, Agen Casino Aman, Agen Casino Terpercaya,
    Bandar Casino, Slot Online, Casino Online, Bandar Casino Terpercaya, Bandar Casino Terbaik, Bandar Casino Aman,
    Situs Casino Online, Situs Casino Terpercaya, Situs Casino Aman, Situs Casino Indonesia.

    Kami tunggu Kehadirannya Ya Pasti Menang Berapapun Kami Bayar !!!"

    ReplyDelete

PRINSIP PENDINGINAN IKAN MENGGUNAKAN ES UNTUK MEMPERTAHANKAN KUALITAS KESEGARAN IKAN TUGAS MAKALAH MATA KULIAH TEKNIK PENANGANAN HAS...