Text Widget

ads
Responsive Ads Here

Alat dan Bahan Alat Tangkap Purse Seine

A.               1.                    Alat Tangkap
Purse seine adalah suatu alat penangkap ikan yang digolongkan dalam kelompok jaring lingkar ( surrounding net ) yang dilengkapi tali kerut dan cincin untuk menguncupkan jaring bagian bawah pada saat dioperasikan. Cincin mempunyai fungsi ganda sebagai tempat lewat tali cincin dan juga berfungsi sebagai pemberat. Purse seine sampai saat ini masih merupakan alat penangkap ikan pelagis kecil yang paling produktif. Peranan jaring terhadap ikan hasil tangkapan adalah sebagai sebagai pengurung ikan agar tidak lari dari sergapan jaring ketika dilingkarkan. Alat tangkap purse seine (Pukat cincin) merupakan alat tangkap yang tergolong berukuran besar, sehingga membutuhkan ABK dan nelayan dengan jumlah yang banyak. Kemampuan mendeteksi gerombolan ikan secara.
Pengoperasian  purse seine  harus aktif mencari, mengejar, dan mengurung ikan pelagis yang bergerombol dan bergerak cepat dalam jumlah besar; dengan melalui alat pengumpul ikan (rumpon atau lampu).

B.            2.                  Bagian Alat
Satu unit purse seine terdiri dari jaring, kapal, dan alat bantu (roller,lampu, echosounder, dsb). Bagian-bagian purse seine:
• Kantong (bag, bunt)

• Badan jaring

• Tepi jaring

• Pelampung (float)

• Tali pelampung (float line)

 Sayap (wing)

• Pemberat (sinker, lead)

• Tali penarik (purse line)

• Tali cincin (purs ring)

• Selvage


C.                3.       Bahan
          Untuk mendesain pukat cincin (purse seine), harus diketahui bahandan ukuran pelampung, tali pelampung, tali ris atas, tali penggantung badan jaring atas, srampad atas, mata jaring, srampad bawah, tali penggantung (bila ada), tali ris bawah, tali pemberat, pemberat, tinggi jaring, cincin, tali kolor,dan lainnya. Penentuan tipe pukat cincin yangdidasari pada ikan yang menjadi tujuan penangkapan, daerah penangkapan, metode penangkapan yang akan diterapkan dan kapal pukatcincin yang akan dipergunakan, sangat penting untuk keperluanmendesainnya.Pukat cincin didesain supaya dapat dibuat menjadi alat tangkapikan sehingga mampu menangkap ikan dalam jumlah besar yang membentuk kelompok/gerombolan (schooling). Untuk maksud ini maka pukat cincin harus dapat:
1.Melingkari secara horisontal, sehingga panjang jaring dan kecepatanmelingkarnya harus dipertimbangkan secara baik,
2. Memagari secara vertikal dari permukaan laut hingga kedalamantertentu, dimana ikan sulit keluar dari lingkaran jaring, sehingga lebar jaring dan kecepatan tenggelam tali pemberat harus cukup,
3. Mengurung dengan menutupi bagian bawah jaring melalui penarikantali kolor (purse line). Jadi bagian bawah jaring harus berada lebihdalam dari pada kedalaman menyelam ikan.
Secara umum, material penyusun pukat cincin (purse seine) terdiri dari :
A.    Kantong (bund)
Bagian kantong yang terletak dibagian jaring denganmaterial pembentuknya PACf 210 D/9. Yang dimaksudkan dengankantong adalah bagian jaring yang pada waktu penarikan tali kolordengan serentaknya membentuk suatu kantong, yang nantinya akan berfungsi sebagai tempat untuk mengurung/mengumpulkan ikan.Karena berfungsi sebagai penadah maka kantong memiliki ukuranmata jaring yang lebih kecil dibandingkan dengan mata jaring yangterletak pada kantong dan sayap sehingga diharapkan ikan-ikanyang telah terkumpul pada bagian kantong tidak dfapat meloloskandiri.

2. Badan (body)
Badan jaring terletak pada bagian kiri dan kanan dari padakantong. Material pembentuknya adalah nylon PACf 210 D/6,yang berfungsi sebagai pengiring ikan kebagian jaring. Dengandemikian maka ikan-ikan akan dengan mudah terkumpul pada bagian kantong
3. sayap (wing)
Sayap terletak pada bagian kiri dan kanan badan jaring, dengan material pembentuknya nylon  PACf 210 D/6.  sayap jarring  berfungsi sebagai alat untuk mengiring ikan kedalam areal tangkap dari alat ini.  Konstruksi dari bagian-bagian jaring ini dapat dilihat pada Gambar di bawah ini

4. Pelampung ( float )
Sesuai dengan namanya sudah barang tentu pelampung ini berfungsi sebagai alat untuk mengapungkan sesuatu alat atau bagian bagian alat tertentu  dari suatu jenis alat sesuai dengan tujuannya. Ada beberapa fungsi dari pelampung pada pukat cincinyaitu :
1.Sebagai pengapung untuk memberikan adanya daya apung pada alat secara keseluruhan yang dioperasikandipermukaan air.
2.Sebagai material pengapung untuk mempertahankan jaring pukat cincin agar selalu berada di permukaan air
3.Sebagai tanda atau batas mengurung ikan pada saat operasi penangkapan, sehingga ikan tidak lolos melewati permukaan air.


Pelampung yang digunakan pada bagian sayap dan badan jaring adalah pelampung dengan tipe
Y-30
dan tipe
Y-8
,sedangkan pelampung yang digunakan pada bagian kantongadalah pelampung dengan tipe
Y-60
karena pada bagiankantong memiliki beban yang sangat besar, yang diakibatkanoleh adanya hasil tangkapan sehingga perlu adanya gaya apungyang sangat besar pula


E.Tali Temali
Beberapa tali temali pada alat tangkap pukat cincin sesuaidengan fungsinya adalah sebagai berikut:
a.       Tali pelampung berfungsi sebagai tempat pelampungdan digunakan untuk dapat menempatkan pelampungdan merupakan penghubung antara pelampung yangsatu dengan pelampung yang lain. 
b.      Tali ris berfungsi sebagai tempat untukmengantungkan daging jaring, dan merupakan penghubung antara tali pelampung juga berfungsisebagai tempat untuk mengikat pepetan sebelah atas.
c.        Tali pemberat berfungsi untukmenempatkan/memasang pemberat yang satu denganyang lain, serta berfungsi sebagai penghubungdengan jaring pada tepi bagian bawah.
d.      Tali cincin (tali kolor) berfungsi untukmengantungkan cincin.yang dipasang diantara tali pemberat dengan cincin sepanjang bahagian dasardari pada jaring. yang dimaksudkan untuk menutup  bagian sisi tepi jaring pada waktu „‟pursing‟‟
e.       Bridle line Tali tempat untuk mengantungkan tepi jaring (selvage) sebelah samping yang berfungsiuntuk menarik tali pemberat serta tali kolorkepermukaan.
f.       Tali sama-sama Tali yang dipasangkan pada bagianujung sebelah kiri dan kanan jaring yang dapat berfungsi untuk mempertemukan kedua ujung jaringserta dapat berfungsi sebagai alat bantu (perahusemang) sebagai tanda untuk dapat mengetahuiujung jaring pada waktu penebaran (setting).
g.      Tali bantu Tali yang dipasang untuk memisahkansero dengan tali jangkar. Tali ini juga khusus dipakaiuntuk membantu dalam penangkapan dengan caramelingkar sero.
h.      Cincin Adalah merupakan tempat lewatnya talikolor, cincin yang terletak tepat ditengah jaring yangtelah diberi tanda khusus untuk dapat memudahkan pada saat penyusunan alat kembali


F. Pemberat (singker)
Pemberat pada jaring berfungsi untuk dapat menarik jaringkebawah secara fertikal agar jaring dapat terentang dengansempurna. Material pembentuk pemberat yang digunakan adalahtimah hitam yang diletakan pada bagian sayap dari pada jaring.

G. Galah
Terbuat dari kayu atau bambu yang pada bagian ujungnyadiberi cabang yang digunakan untuk mengeluarkan jaring dari sero(rakit rumpon) pada saat melakukan operasi penangkapan, caranyayaitu pelampung pada sisi kiri dan kanan dari sero (rakit rumpon)ditekan kedalam air pada saat permukaan jaring akan meliwati sero,sedangkan yang satu lagi berfungsi untuk mengangkat tali bantukeatas perahu jaring pada saat kegiatan melingkari sero (rakit rumpon)

4.3  Bahan dan Spesifikasinya
a. Bagian jaring
jaring terbagi atas tiga bagian, yaitu:
1. jaring utama, bahan nilon 210 D/9 #1”
2. jaring sayap, bahan dari nilon 210 D/6 #1”
3. jaring kantong, #3/4”

b. Tali temali
1.      Tali pelampung, terbuat dari bahan PE Ø 10mm, panjang 420m.
2.      Tali ris atas, terbuat dari bahan PE Ø 6mm dan 8mm, panjang 420m.
3.      Tali ris bawah, terbuat dari bahan PE Ø 6mm dan 8mm, panjang 450m.
4.      Tali pemberat, terbuat dari bahan PE Ø 10mm, panjang 450m.
5.      Tali kolor, terbuat dari bahan kuralon Ø 26mm, panjang 500m.
6.      Tali slambar, terbuat dari bahan PE Ø 27mm, panjang bagian kanan 38m      dan kiri 15m.

c. Pelampung
Ada 2 pelampung dengan 2 bahan yang sama yakni synthetic fiber. Pelampung Y-50 dipasang dipinggir kiri dan kanan 600 buah dan pelampung Y-80 dipasang di tengah sebanyak 400 buah. Pelampung yang dipasang di bagian tengah lebih rapat dibanding dengan bagian pinggir.

d. Pemberat
Pemberat terbuat dari timah hitam sebanyak 700 buah dipasang pada tali pemberat. Pemberat berfungsi untuk menenggelamkan jarring purse seine bagian bawah, sehingga jarring terbuka dan gterbentang dengan sempurna.

e. Cincin
Terbuat dari besi dengan diameter lubang 11,5cm, digantungkan pada tali pemberat dengantas tali yang panjangnya 1m dengan jarak 3m setiap cincin. Kedalam cincin ini dilakukan tali kolor (purse line).

Bagian
jaring   
Bahan
Nomor Benang
Mesh
size   Kebutuhaan
Sayap
PA
1 inchi  
17  pis
Badan  
PA
¾ inchi  
30  pis
Kantong  
PE
¼ inchi  
18  pis
salvage 
PE
1 inchi  
25  pis


No comments:

Post a Comment

PRINSIP PENDINGINAN IKAN MENGGUNAKAN ES UNTUK MEMPERTAHANKAN KUALITAS KESEGARAN IKAN TUGAS MAKALAH MATA KULIAH TEKNIK PENANGANAN HAS...