Text Widget

ads
Responsive Ads Here

Indentifikasi Masalah Overfishing Pada Nelayan


UNIVERSITAS ABULYATAMA ACEH




Indentifikasi Masalah Overfishing Pada Nelayan

            Salah satu permasalahan pada nelayan di Indonesia yaitu melakukan penangkapan ikan yang berlebihan ( overfishing ). Kegiatan seperti ini suatu permasalahan yang sangat serius, dimana para nelayan melakukan penangkapan yang berlebihan dan juga melakukan penangkapan ikan pelagic kecil. Ini terjadi karena kurang kesadaran pada nelayan sendiri. Tindakan yang harus dilakukan oleh menteri kelautan dan perikanan adalah suatu penyuluhan tentang  “stop penangkapan ikan yang berlebihan dan ikan-ikan pelagic kecil”.
            Jika kementerian ilmu kelautan dan perikanan tidak memberi kesadaran kepada nelayan akan mengakibatkan semakin berkurang ikan dilaut Indonesia. Permasalahan dari segi kelautan yaitu akan mengakibatkan semakin berkurang ikan dimasa akan datang, bahakan akan terjadi hilang suatu spesies ikan dilaut. Itu akan terjadu kerugian besar bagi kelautan bidang perikanan di Indonesia. Dan juga akan terjadi permasalahan pada pendapatan neyalan itu sendiri. Dimana semakin banyak ikan yang ditangkap, semakin murah harga ikan yg terjual.bahkan banyak ikan yang terbuang karena tidak laku. oleh karena itu, pendapatan nelayan juga akan semakin rendah.

            Tindakan yang harus dilakukan oleh menteri adalah mengevaluasi kembali pada alat tangkap. Umumnya alat tangkap purse seine. Karena ukuran mata jaring bagian kantong dengan ukuran kecil. Harus dilakukan tindakan cepat. Agar tidak terjadi perangkap bagi ikan-ikan pelagic yang kecil. Kemudian juga harus membatasi penangkapan ikan dilaut, agar tidak terjadi overfishing di laut. Dengan cara membatasi penangkapan ikan dilaut akan menstabilkan pendapatan bagi nelayan sendiri. Karena semakin banyak ikan yang tertangkap semakin rendah harga ikan dan banyak ikan yang terbuang. Ini akan mengakibatkan pendapatan nelayan begitu rendah. Inilah sebab utama nelayan kita tidak sejahtera.

No comments:

Post a Comment

PRINSIP PENDINGINAN IKAN MENGGUNAKAN ES UNTUK MEMPERTAHANKAN KUALITAS KESEGARAN IKAN TUGAS MAKALAH MATA KULIAH TEKNIK PENANGANAN HAS...