Text Widget

ads
Responsive Ads Here

Identifikasi Masalah Kebersihan Pada Penanganan Ikan di Pelabuhan Lampulo Banda Aceh

UNIVERSITAS ABULYATAMA ACEH




Identifikasi Masalah Kebersihan Pada Penanganan Ikan 
di Pelabuhan Lampulo Banda Aceh
            Kebersihan adalah salah satu yang paling utama dalam melakukan penanganan ikan di pelabuhan. Tujuan utama agar ikan tetap segar. Namun banyak nelayan yang tidak memperdulikan masalah kebersihan pada pelabuhan perikanan. Umumnya di pelabuhan perikanan samudera lampulo banda aceh. Mulai dar pembongkaran ikan dari kapal sampai pemasaran terlihat tidak bersih. Contohnya disaan melakukan pembogkaran ikan dari atas kapal ke dermaga pelabuhan, para nelayan tidak mempertimbangkan kebersihan dalam melakukan penanganan. 99% ikan di tumpukkan diatas lantai yang bercampur tanah. Sehingga terluka dan terlihat tidak segar. Pemerintah harus memberi fasilitas khususnya untuk alat-alat penanganan ikan di dermaga pelabuhan perikanan, agar hasil tangkapan tetap segar.
            Kebersihan pelabuhan pelabuhan adalah yang paling utama. Banyak kita dapatkan di kolam pelabuhan ikan-ikan yang terbuang yang begitu sangat banyak. itu salah satu kerugian dan pencemaran lingkungan. Pemerintah perikanan harus memperhatikan tentang kebersihan dan juga membangun tempat pembuangan limbah ikan. Agar pelabuhan tetap bersih.

            Tindakan yang harus dilakukan adalah memberi penyuluhan tentang kebersihan dan kesegaran ikan yang bermutu serta membangun fasilitas atau memberi alat-alat untuk penanganan ikan yang segar dan bermutu. Jika tidak. Nelayan akan sulit mendapatkan kesadaran tentang kebersihan dan juga akan mengakibatkan nelayan tidak sejahtera. Dikarenakan ikan-ikan yang rusak akibat penanganan yang tidak efesien mengakibatkan harga menurun sangat rendah, sehingga pendapatan nelayan akan kecil. karena kesegaran ikan elastis karena menurut penanganan dan fasilitas pelabuhan dan juga kebersihan. Maka, jika kebersihan pelabuhan dan fasilitas cukup akan memudahkan para nelayan melkukan penanganan ikan segar di pelabuhan perikanan. Sehingga kualitas ikan tetap segar dan harganya tidak menurun akan meningkatkan pendapatan nelayan sendiri.

No comments:

Post a Comment

PRINSIP PENDINGINAN IKAN MENGGUNAKAN ES UNTUK MEMPERTAHANKAN KUALITAS KESEGARAN IKAN TUGAS MAKALAH MATA KULIAH TEKNIK PENANGANAN HAS...